Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Restart Smartphone Ternyata Penting Buat Keamanan, Intip Tipsnya!

Restart Smartphone Gadget_1a
Restart Smartphone Gadget. (Sumber: Tech Idea)

Unbox.id – Saat ini, smartphone telah menjadi perangkat kebutuhan pokok yang membantu banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna mengandalkan smartphone untuk berkomunikasi, mengakses informasi, menghibur, membuat konten atau melakukan berbagai tugas. Karena ketergantungannya pada perangkat ini, seringkali pengguna tidak mematikan ponsel cerdasnya. Namun, Badan Keamanan Nasional AS (NSA) baru-baru ini angkat bicara tentang pentingnya memulai kembali ponsel pintar demi alasan keamanan. Mengutip Gizchina, informasi tersebut berdasarkan dokumen berjudul “Cybersecurity Practices” dari NSA. Dokumen tersebut merekomendasikan tindakan keamanan yang tampaknya sederhana namun penting, yaitu mematikan dan menghidupkan ponsel cerdas (restart) setidaknya seminggu sekali. Memulai ulang ponsel cerdas dikatakan tidak hanya menyelesaikan gangguan atau masalah kinerja, tetapi juga melindungi perangkat dari kemungkinan ancaman keamanan siber. Memulai ulang memastikan bahwa semua proses dan aplikasi dihentikan sepenuhnya. Aktivitas ini berpotensi mengganggu aktivitas berbahaya yang mengintai di latar belakang. NSA belum menyelidiki rincian teknisnya, namun para ahli percaya bahwa seringnya reboot perangkat mengganggu proses yang berjalan, yang dapat dimanfaatkan oleh beberapa jenis serangan siber.

Bisa Hindarkan Serangan Spearphishing

Google Android Phishing and Malware_3c

Google Android Phishing and Malware. (Sumber: CNET)

Selain itu, memulai ulang ponsel cerdas Anda seminggu sekali dapat membantu melindungi dari dua serangan siber, yaitu phishing dan eksploitasi zero-click.

Serangan itu sendiri Serangan phishing adalah serangan yang menargetkan individu melalui email atau pesan pribadi dan dirancang untuk mendorong mereka mengungkapkan hal-hal sensitif informasi. atau mengeklik tautan berbahaya.

Dengan mengganggu proses latar belakang yang sedang berlangsung, upaya phishing dapat dihentikan. Upaya phishing ini bergantung pada pemeliharaan koneksi atau eksploitasi malware yang dimuat sebelumnya.

Hindari Serangan Zero-Click

Sedangkan eksploitasi zero-click merupakan serangan yang lebih berbahaya. Alasannya adalah serangan ini tidak memerlukan interaksi pengguna apa pun untuk mengakses perangkat.

Aplikasi yang rentan dapat dieksploitasi hanya dengan mengunjungi situs web yang disusupi. Meskipun pembaruan aplikasi berperan penting dalam memitigasi ancaman, memulai ulang perangkat secara rutin juga dapat membatasi periode kerentanan, sehingga menghapus file atau proses sementara dapat dimanfaatkan.

Meskipun memulai ulang perangkat adalah hal yang penting, pengguna ponsel cerdas juga harus tetap menyimpan perangkat lunaknya pengaturan terkini. hari. , selalu waspada terhadap tautan atau lampiran yang mencurigakan, dan berhati-hatilah saat memasang aplikasi dari sumber tidak resmi.

Restart atau reboot adalah proses mematikan dan menyalakan kembali smartphone. Meskipun tampaknya sederhana, tindakan ini memiliki dampak signifikan pada kinerja dan kesehatan jangka panjang perangkat Anda.

Mengapa Restart Smartphone Penting?

Smartphone Android_1a

Smartphone Android. (Sumber: CNET)

Berikut adalah alasannya yang perlu diketahui lebih lanjut:

  • Terkadang, aplikasi bisa mengalami crash atau tidak berfungsi dengan baik. Restart dapat menyegarkan sistem operasi dan menyelesaikan masalah kecil ini.
  • Smartphone menjalankan banyak aplikasi di latar belakang yang mengonsumsi memori. Restart membantu mengosongkan RAM, sehingga perangkat Anda dapat berfungsi lebih lancar.
  • Sistem operasi dan aplikasi dapat menjadi lambat seiring waktu. Restart secara berkala dapat membantu menjaga kinerja optimal perangkat.
  • Jika perangkat Anda sering panas, restart bisa membantu mendinginkan komponen internal dengan menghentikan proses yang membebani prosesor.

Baca juga: Pilihan Smartphone OPPO RAM 3 GB Terbaik Di 2024

Kapan Sebaiknya Restart Smartphone?

Berikut adalah tipsnya:

  • Setiap beberapa hari sekali: Sebagai pemeliharaan rutin, restart setiap beberapa hari bisa membantu menjaga kinerja perangkat.
  • Saat ada masalah: Jika Anda mengalami lag, aplikasi crash, atau masalah koneksi, restart bisa menjadi solusi cepat.
  • Setelah pembaruan: Setelah menginstal pembaruan sistem operasi atau aplikasi utama, restart bisa membantu memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Restart smartphone adalah langkah sederhana namun penting untuk menjaga kinerja dan kesehatan perangkat. Dengan memahami kapan dan bagaimana melakukannya dengan benar, Anda dapat memastikan smartphone Anda tetap berjalan dengan lancar dan efisien.

Ingatlah untuk melakukan restart secara berkala dan setiap kali Anda menghadapi masalah teknis untuk menjaga perangkat Anda dalam kondisi terbaik.

Untuk update-update berita lainnya pantengin terus Unbox.id karena kami selalu mentediakan berita menarik dan terbaru tekkait gadget favorit anda seperti Samsung, iPhone, IQOO, Redmi, dan lain-lain.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Ponsel atau gadget sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Namun, kerumitan fitur dan aplikasi ponsel seringkali meningkatkan...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Di sisa pertengahan tahun ini, iQOO memiliki agenda untuk meluncurkan tiga ponsel besar untuk pasar China. Tiga jenis ponsel merk tersebut...

Honor

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, produsen smartphone asal Tiongkok, Honor telah mengumumkan produk smartphone terbarunya di negeri asalnya. Ia adalah Honor X60 Plus yang...

Tech Industry

Unbox.id – Anda menikmati bermain game selama berjam-jam, terutama jika Anda bermain di bawah sinar matahari. Jika Anda ingin menerapkan kebiasaan ini, HP akan...