Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Jaga Kondisi Smartphone Kamu Agar Tetap Prima

Tips Jaga Smartphone_1a
Tips Jaga Smartphone. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa masyarakat modern biasanya mengganti ponsel pintar setiap dua tahun sekali. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah beberapa vendor ponsel pintar hanya menjamin pembaruan perangkat lunak hingga dua tahun. Oleh karena itu, jika ingin merasakan pengalaman menggunakan smartphone terbaru, pengguna pasti harus mengganti smartphone lamanya dengan yang baru setiap dua tahun sekali.

Adanya Pembaruan

Tips Jaga Smartphone_2b

Tips Jaga Smartphone. (Sumber: Popular Science)

Namun, beberapa produsen HP kini menawarkan jaminan pembaruan perangkat lunak yang lebih lama. Pembaruan ini juga akan memberikan pengalaman pengguna yang terus diperbarui sehingga tidak perlu sering berganti-ganti smartphone.

Meski demikian, tidak bisa dipungkiri masih ada konsumen yang mengganti ponselnya setiap dua tahun sekali. Faktanya, kebiasaan ini menyebabkan penumpukan sampah elektronik semakin meningkat.

Seperti dikutip Engadget, penumpukan sampah elektronik dapat menimbulkan kerusakan tertentu terhadap lingkungan, atau bahkan menimbulkan pencemaran. Nah, untuk membantu ponsel cerdas Anda agar lebih aman, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan ponsel cerdas Anda.

Gunakan Casing HP

Berikan proteksi pada smartphone yang kamu pakai. Penggunaan casing di HP dapat memberikan perlindungan terhadap sejumlah benturan. Selain memberikan perlindungan terhadap benturan, casing smartphone juga melindungi HP dari sejumlah goresan.

Dengan menjaga kondisi fisik smartphone, kamu tidak perlu mengganti HP karena kondisi HP masih terlihat mulus.

Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone

Karena masa pakai baterai ponsel menurun seiring berjalannya waktu, Anda sebaiknya mengikuti rekomendasi berikut untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Baterai lithium-ion cenderung sensitif terhadap suhu. Oleh karena itu, hindari ponsel cerdas Anda terlalu panas.

Selain melindungi ponsel cerdas Anda dari suhu tinggi, pengguna juga sebaiknya melindungi ponselnya dari suhu yang sangat dingin. Suhu yang sangat dingin dapat mempengaruhi kinerja baterai smartphone.

Untuk menjaga masa pakai baterai ponsel Anda, gunakan ponsel cerdas Anda pada suhu ruangan yang wajar. Jika Anda ingin menyimpan ponsel dalam waktu lama, pastikan baterai terisi setengahnya.

Hapus File yang Menumpuk di Smartphone

Tips Jaga Smartphone_3c

Tips Jaga Smartphone. (Sumber: IT Brief)

Salah satu cara agar ponsel Anda tetap berjalan cepat adalah dengan menghapus file yang tidak diperlukan. Perlu diketahui bahwa memiliki ruang penyimpanan yang cukup akan mempercepat kinerja ponsel cerdas Anda. Jadi Anda tidak perlu mengganti ponsel Anda sekarang.

Beberapa vendor smartphone menawarkan saran untuk menghapus file yang sudah lama tidak digunakan, seperti aplikasi yang sudah lama tidak digunakan. waktu atau hapus diskusi lama. . Hapus juga foto dan video yang tersimpan di ponsel cerdas Anda. Jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda dapat menggunakan penyimpanan cloud.

Penyimpanan cloud akan menyimpan file secara online. Oleh karena itu, Anda harus terhubung ke Internet untuk mengakses file. Jika Anda tidak ingin menyimpan file ke cloud, Anda dapat menyimpan file yang terakumulasi ke penyimpanan eksternal, seperti kartu microSD atau jenis memori lainnya.

Setelah menghapus dan memindahkan file yang terakumulasi, silakan restart ponsel Anda. untuk menghapus memori sementara yang masih tersimpan di smartphone. Perlu diketahui bahwa limbah elektronik meningkat sepanjang tahun, yang dapat menyebabkan banyak kerusakan lingkungan.

Dengan menjaga kondisi ponsel Anda dan tidak menggantinya setiap tahun, Anda telah membantu mengurangi limbah elektronik dan melindungi Bumi dari sampah yang terus menumpuk.

Baca juga: Daftar Smartphone Xiaomi Yang Akan Dapat Update Android 15

Ketahui Cara-Cara Lainnya

Berikut adalah cara-cara lainnya yang bisa diketahui untuk para pengguna smartphonenya:

  • Hindari Paparan Cairan: Hindari membiarkan smartphone terkena cairan seperti air, minuman, atau cairan lainnya. Jika terkena cairan, segera matikan dan keringkan dengan hati-hati.
  • Hindari Suhu Ekstrem: Jauhkan smartphone dari paparan suhu ekstrem, baik suhu panas maupun dingin yang dapat merusak komponen internalnya.
  • Perawatan Baterai: Jaga agar baterai smartphone tetap dalam kondisi baik dengan tidak membiarkannya terlalu lama terisi penuh atau terlalu lama kosong. Hindari pengisian baterai di tempat tidur atau dalam kondisi panas yang berlebihan.
  • Perangkat Lunak dan Keamanan: Selalu perbarui perangkat lunak smartphone Anda ke versi terbaru untuk memperbaiki bug dan memperkuat keamanan. Pasang juga aplikasi keamanan yang dapat melindungi dari malware dan ancaman online.
  • Bersihkan secara Berkala: Bersihkan layar dan bagian-bagian luar smartphone secara berkala dengan kain mikrofiber yang lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  • Hindari Overcharging: Hindari membiarkan smartphone terus terhubung dengan charger setelah baterai terisi penuh untuk mencegah overcharging yang dapat merusak baterai.
  • Hindari Terjatuh: Jaga smartphone Anda agar tidak jatuh dengan memegangnya dengan baik saat digunakan dan hindari menyimpannya di tempat yang tidak stabil.
  • Lakukan Pemeliharaan Rutin: Lakukan pemeliharaan rutin seperti membersihkan port pengisian, memeriksa koneksi antara aksesori dan smartphone, serta memeriksa kondisi fisik secara umum.
  • Gunakan dengan Bijak: Gunakan smartphone dengan bijaksana, hindari menjalankan aplikasi yang berat terlalu lama, dan pastikan untuk memberikan istirahat pada perangkat secara berkala.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Pengguna laptop atau komputer yang berfungsi pasti pernah mengalami situasi di mana mereka terpaksa mematikan laptopnya karena gagal atau macet. Fungsi sistem...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Kominfo 2 November 2022 mengimbau masyarakat untuk mengalihkan semua televisi analog ke digital. Sebelumnya, Kominfo juga melakukan migrasi dalam 2 tahap: 30...

Artikel

Unbox.id – Bicara soal kualitas, foto yang diambil dari kamera digital (compact, mirrorless, DSLR) selalu yang terbaik dibanding kamera ponsel. Kami selalu dapat berbagi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Jika Anda ingin menikmati siaran TV digital berkualitas tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya berlangganan TV kabel atau satelit, memasang antena digital dalam...