Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Beberapa Tips Untuk Jaga Password Agar Data Pribadi Aman

Password Security_1ps
Ada beberapa tips untuk jaga password yang perlu diketahui untuk keamanan para pengguna internetnya. (Sumber: CSO Online)

Unbox.id – Password atau kata sandi kini menjadi hal penting di era teknologi, terutama untuk menjaga privasi dan keamanan data akun digital yang kita gunakan sehari-hari. Namun sayangnya, kata sandi masih sering dianggap remeh. Meski mudah diingat, kata sandi yang sederhana dan mudah ditebak dianggap tidak aman atau kata dan frasa lain yang terkait dengan kehidupan mereka, bahkan dengan mudah ditemukan di jejaring sosial, sehingga peretas dapat dengan mudah menemukan sesuatu. Menurut perusahaan keamanan dunia maya Palo Alto Networks, meskipun tanggung jawab untuk memastikan keamanan dan perlindungan data ada pada perusahaan yang mengumpulkan dan menyimpan data, pengguna juga harus menjaga keamanan informasi pribadi mereka.

Kata Sandi Yang Harus Dihindari

Menurut Palo Alto Networks, pencarian Google yang sederhana akan dengan mudah menghasilkan daftar berbagai kata sandi yang umum digunakan.

Kata sandi ini digunakan oleh penyerang saat mencoba menebak kata sandi. Selain itu, kata sandi default pada perangkat yang terhubung ke internet atau bahkan perangkat internal harus diubah sesegera mungkin.

Mengingat banyak kata sandi itu sulit. Namun, seseorang dapat menggunakan opsi frasa sandi yang lebih mudah diingat. Atau, Anda juga dapat menggunakan pengelola kata sandi atau perangkat lunak pengingat kata sandi. Namun, individu dan organisasi harus berhati-hati dalam memilih solusi yang digunakan, karena pengelola kata sandi juga dapat menjadi korban pelanggaran data.

Menjaga Keamanan Kata Sandi Yang Lain

Password Security_2ps

Menjaga Password dengan memberitahukannya kepada siapapun bisa dilakukan agar kata sandi tersebut bisa terjaga dengan baik. (Sumber: CNET)

Untuk mengurangi risiko bisnis, mengharuskan pembaruan kata sandi yang sering harus menjadi prosedur organisasi standar. Memperbarui kata sandi tidak memerlukan waktu lama dan dapat membantu melindungi organisasi Anda jika salah satu kumpulan kredensial ini dicuri atau disusupi.

Jika kata sandi dicuri atau ditebak, diperlukan metode lain untuk mengonfirmasi identitas pengguna. Di sini, banyak penyedia cloud, keamanan, dan sistem operasi memiliki aplikasi autentikasi multifaktor, yang dapat dipasang dengan mudah di perangkat seluler, untuk masuk ke berbagai situs web yang mendukungnya.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Bisa Pecahkan Password Dalam Hitungan Detik

Simak Tips Berikut Lebih Lanjut

Buatlah kata sandi yang kuat: Gunakan kombinasi karakter yang kompleks, termasuk huruf (baik huruf besar dan kecil), angka, dan simbol. Hindari penggunaan kata-kata umum atau informasi pribadi yang mudah ditebak.

Gunakan kata sandi unik untuk setiap akun: Jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Jika salah satu akun Anda diretas, kata sandi yang sama pada akun lainnya dapat memberikan akses mudah bagi penjahat cyber. Hindari mencatat kata sandi: Jangan menyimpan kata sandi di tempat yang mudah diakses seperti catatan di meja atau file yang tidak terenkripsi di perangkat Anda.

Gunakan manajer kata sandi terpercaya untuk menyimpan dan mengatur kata sandi Anda. Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA): Layanan yang mendukung otentikasi dua faktor akan menambahkan lapisan keamanan tambahan.

Selain kata sandi, Anda akan diminta untuk memberikan informasi tambahan atau kode yang dikirimkan keperangkat lain untuk memverifikasi identitas Anda. Rutin mengganti kata sandi: Setidaknya sekali setiap beberapa bulan, gantilah kata sandi Anda. Ini akan membantu mencegah akses yang tidak sah jika kata sandi lama Anda telah terungkap.

Hindari mengungkapkan kata sandi kepada orang lain: Jangan pernah memberikan kata sandi Anda kepada siapa pun, bahkan kepada teman dekat atau anggota keluarga. Berbagi kata sandi meningkatkan risiko penyalahgunaan yang tidak diinginkan.

Waspadai serangan phishing: Phishing adalah metode penipuan di mana penyerang mencoba untuk mendapatkan kata sandi Anda dengan mengirimkan email atau pesan palsu yang terlihat asli. Hindari mengklik tautan atau mengunduh lampiran dari sumber yang tidak dikenal. Selalu periksa alamat URL dengan hati-hati sebelum memasukkan kata sandi Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa masyarakat modern biasanya mengganti ponsel pintar setiap dua tahun sekali. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...

Artikel

Unbox.id – Kata sandi sering kali digunakan untuk melindungi informasi atau data pribadi. Namun penggunaan kata sandi seringkali diremehkan. Agar lebih mudah diingat, banyak...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Pengguna Google Drive di Android sudah lama memiliki kemampuan untuk memindai dokumen dan menyimpannya sebagai PDF. Namun, baru-baru ini Google telah...