Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ini Dia Tips Smartphone Android Untuk Mudahkan Aktivitas Anda!

Android smartphone_!1as
Ada beberapa tips dalam penggunaan smartphone Android yang menarik bagi para penggunanya. (Sumber: Kim Komando)

Unbox.id – Tidak dapat disangkal, salah satu alasan utama orang membeli ponsel Android adalah keserbagunaan yang ditawarkan sistem operasi. Namun, banyak pengguna hanya menggunakan pengaturan default ponsel mereka tanpa melakukan perubahan apa pun. Bahkan, beberapa penyesuaian pengaturan HP Android dapat membantu pengguna mendapatkan pengalaman penggunaan optimal yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tingkatkan Kualitas Panggilan

Tips ini mungkin merupakan cara yang tidak diketahui oleh sebagian besar pengguna perangkat Android. Sebelum melakukan panggilan telepon di smartphone, pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik.

Ini memungkinkan ponsel untuk terhubung kembali ke menara seluler terdekat untuk koneksi yang paling kuat dan stabil. Dengan cara ini, pengguna dapat memastikan bahwa perangkat tidak akan kehilangan sinyal di tengah panggilan.

Memotret Dengan Perintah Suara

Android Voice_3as

Penggunaan suara pada perangkat Androidnya bisa mempermudah kegunaan dari smartphonenya. (Sumber: CNET)

Jika pengguna sering kesulitan mengambil selfie smartphone dengan teman, karena harus meletakkan ponsel jauh dari jangkauannya, mengaktifkan timer adalah satu-satunya pilihan. Namun, metode ini tidak ideal karena terkadang beberapa orang membutuhkan waktu untuk berpose, dll.

Untuk mempermudah prosesnya, HP Samsung memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengambil gambar dengan mengucapkan perintah suara seperti “Cheese” atau “Smile”.

Aktivasinya juga sangat mudah, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Kamera, pilih icon Setting, masuk ke “Shooting Methods” atau “Shooting Methods”, lalu aktifkan “Voice Commands”.

Baca juga: Deretan Produk Smartphone Realme RAM 8GB Terbaik 2023

Menjadwalkan Pesan Melalui Google Messages

Pengguna dapat menjadwalkan pesan untuk dikirim melalui Google Messages pada tanggal dan waktu tertentu, mirip dengan penjadwalan email di Gmail.

Cara ini jelas lebih mudah daripada menulis pesan dan kemudian menunggu untuk mengirim pesan sampai waktu yang diinginkan tercapai.

Untuk menggunakan fitur ini, buka percakapan di Google Messages, tulis pesan yang Anda inginkan, lalu tekan dan tahan tombol kirim. Saat muncul pilihan untuk mengatur jadwal, pengguna dapat memilih tanggal dan waktu sesuai keinginan. Setelah selesai, klik tombol kirim lagi dan pesan dijadwalkan.

Gunakan Pintasan/Shortcuts Aplikasi

smartphone Android_2as

Menggunakan pintasan pada smartphone Android jadi bisa mempermudah kegunaan dari produk smartphonenya. (Sumber: Computerworld)

Dengan Shortcut atau Pintasan, pengguna dapat mengakses aplikasi tertentu tanpa harus susah payah mencarinya di daftar aplikasi.

Jika Anda belum pernah mencoba fitur ini sebelumnya, lihat pintasan layar beranda Google untuk melihat cara kerjanya. Pengguna dapat mengatur pintasan keyboard untuk menghubungi seseorang, melihat tangkapan layar, dan memindai kode QR hanya dengan satu klik.

Untuk menemukan pintasan aplikasi, tekan lama ikon aplikasi yang ingin Anda gunakan dengan opsi pintasan. Saat berbagai opsi yang terkait dengan aplikasi muncul, tahan pintasan yang Anda suka, lalu seret dan lepas ke tempat kosong di layar beranda.

Baca juga: Smartphone Yang Ada Fitur NFC Dengan Harga Murah Di 2023

Sembunyikan Album Pribadi di Galeri

Salah satu fitur terbaik dari aplikasi Galeri Samsung adalah kemampuan untuk menyembunyikan album tertentu dari halaman utama. Ini dapat melindungi album yang berisi foto pribadi dari akses siapa pun.

Cara ini bisa dilakukan dengan membuka Gallery di perangkat Galaxy pengguna, lalu klik menu tiga titik dan pilih Hide Album. Selain itu, pengguna dapat memilih album yang ingin disembunyikan dari daftar di halaman utama.

Selanjutnya, Samsung menawarkan perlindungan tambahan dengan fitur Secure Folder. Dengan fitur ini, album serta foto atau video individual dapat dipindahkan ke folder yang memerlukan kata sandi atau kunci biometrik untuk membukanya.

Untuk mencoba metode ini, tekan lama album, ketuk Lainnya, dan pilih Pindahkan ke Folder Aman. Bagi yang tidak menggunakan perangkat Samsung, folder terkunci di Foto Google bisa menjadi alternatif.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Artikel

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa masyarakat modern biasanya mengganti ponsel pintar setiap dua tahun sekali. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah...