Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Telkomsel Mulai Ratakan 4G di Wilayah Indonesia

Jaringan Telkomsel1a
Telkomsel dikabarkan tengah meratakan jaringan 4G di Indonesia. (Sumber: Jawa Pos)

Unbox.id – Telkomsel berhasil memastikan akses jaringan broadband yang adil dan merata di seluruh nusantara dengan meningkatkan seluruh layanan jaringan 3G menjadi 4G/LTE di 504 kota/kabupaten di Indonesia. Transisi teknologi jaringan 3G ke 4G/LTE dimulai pada Maret 2022 dan berhasil diselesaikan secara bertahap dan terukur pada Juni 2023. Saat ini lebih dari 96% penduduk Indonesia telah tercakup oleh jaringan 4G/LTE Telkomsel. Langkah ini memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka yang secara konsisten menghadirkan konektivitas digital mutakhir melalui layanan inovatif kelas dunia yang melebihi harapan pengguna dan menciptakan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Jaringan 4G Semakin Merata

Dengan selesainya transisi teknologi jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/wilayah, Telkomsel melihat peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan 4G uSIM menjadi 84% (YoY) dan pertumbuhan trafik payload 4G naik 14% (YoY).

Selain itu, dengan jaringan broadband 4G/LTE yang semakin tersebar di seluruh Indonesia, Telkomsel juga mengalami peningkatan jumlah perangkat yang beralih ke perangkat 4G sebesar 51% (YOY).

Keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai inisiatif Telkomsel yang bertujuan memfasilitasi penukaran atau penggantian kartu non-4G dengan kartu uSIM 4G melalui berbagai saluran layanan pelanggan, serta program dan produk menarik seperti tambahan promosi tarif data 4G/LTE dan harga terjangkau. Program ini dilengkapi dengan smartphone 4G.

Berhasil Memproses Pengalihan

Jaringan Telkomsel2b

Dengan pemerataan jaringan 4G ini, maka jaringan di Indonesia akan menjadi sama di setiap wilayahnya. (Sumber: Liputan6.com)

Direktur Jenderal Departemen Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Wayan Toni Supriyanto mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel atas keberhasilannya dalam meningkatkan seluruh layanan jaringan 3G menjadi 4G/LTE di 504 kota/ daerah di Indonesia.

Pemerintah menjadikan percepatan transformasi digital sebagai salah satu program prioritasnya, sekaligus memperluas akses dan meningkatkan infrastruktur digital berupa pemerataan jaringan telekomunikasi.
Komunikasi merupakan kunci percepatan transformasi digital di Indonesia.

Telkomsel akan dapat memberikan pengalaman berinternet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi semua orang, serta mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Telkomsel berhasil menyelesaikan seluruh transisi jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/wilayah melalui komitmen perusahaan mulai dari pertimbangan, perencanaan, persiapan yang matang hingga ‘implementasi’ berjalan dengan baik’.

Upaya tersebut antara lain menjaga infrastruktur dan teknologi tetap up to date, memastikan kenyamanan pelanggan selama melakukan upgrade, membangun ekosistem layanan pendukung, mematuhi peraturan perundang-undangan industri telekomunikasi, dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Platform Streaming Telkomsel Hadirkan Langit Musik Live

Telkomsel Mengutamakan Kenyamanan Pelanggan

Network Manager Telkomsel, Nugroho, menjelaskan Telkomsel selalu mengutamakan kemudahan bagi pelanggan di setiap tahapan peralihan dari jaringan 3G ke 4G/LTE.

Telkomsel mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaan dan dukungan Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi RI untuk kelancaran transisi seluruh jaringan. Telkomsel optimis dengan menjamurnya layanan jaringan ini akan meningkatkan pengalaman hidup digital setiap orang.

Membuka potensi kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan, serta mendorong transformasi ekonomi internasional melalui pemanfaatan konektivitas digital yang adil dan merata di seluruh pelosok tanah air.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman aktivitas gaya hidup digital yang lebih mulus dan nyaman, Telkomsel terus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan teknologi jaringannya. Salah satunya dengan meningkatkan teknologi VoLTE yang memungkinkan pelanggan melakukan panggilan telepon melalui jaringan 4G/LTE tanpa terputus dari internet, seperti browsing web, bermain game, dan streaming video.

Layanan Telkomsel VoLTE tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan di lebih dari 100 jenis smartphone dari berbagai merek ternama.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Penyedia sertifikasi elektronik Indonesia Vida diakui di seluruh dunia untuk keamanan biometrik. Akreditasi ini diberikan oleh Studi Keamanan Biometrik Institut Standar dan...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...