Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Spotify Wrapped 2023 Resmi Hadir Untuk Semua Pengguna

Spotify Wrapped 2023_1a
Spotify Wrapped 2023. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Spotify Wrapped 2023 resmi tersedia untuk seluruh pengguna platform streaming musik, baik gratis maupun premium. Sama seperti tahun lalu, Wrapped merangkum aktivitas pengguna di Spotify pada tahun 2023. Dengan Spotify Wrapped, pengguna dapat melihat daftar konten yang mereka dengarkan selama setahun terakhir. Mulai dari genre musik, jumlah lagu yang didengarkan, lagu yang paling banyak diputar hingga daftar musisi papan atas yang sering didengarkan.

Hadirkan Beberapa Fitur Baru Yang Bisa Diakses Pengguna

Spotify Wrapped 2023_2b

Spotify Wrapped 2023. (Sumber: Pune News)

Menariknya, pada Wrapped tahun ini, Spotify akan memperkenalkan beberapa fitur baru yang bisa diakses pengguna. Terdapat fitur Sound Town yang akan menampilkan kota-kota tertentu yang memiliki kesamaan selera musik dengan penggunanya.

Kemudian ada fitur Me in 2023 yang menampilkan ciri-ciri pengguna Spotify berdasarkan kebiasaan mendengarkan musiknya. Terdapat 12 karakter berbeda yang akan muncul berdasarkan aktivitasnya.

Selain itu, pengguna juga dapat berbagi lagu-lagu terbaiknya kepada orang terdekat melalui fitur Top Songs Blend. Seperti biasa, hasil Spotify Wrapped akan ditampilkan dalam story yang bisa langsung dibagikan ke jejaring sosial.

Tak hanya menampilkan konten lagu yang sedang didengarkan pengguna, Spotify Wrapped 2023 juga menampilkan jangkauan konten audio yang lebih baik. konten yang didengarkan pengguna secara rutin, seperti podcast. Sekadar informasi, Spotify Wrapped pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, Spotify diketahui biasanya merilis fitur ini pada minggu terakhir bulan November atau awal bulan kedua belas. Untuk menjajal fitur ini, pengguna bisa langsung masuk ke beranda Spotify, baik di aplikasi maupun di website.

Spotify Jualan Merchandise Artis

Spotify, di sisi lain, memperkenalkan pusat penjualan artis yang memamerkan barang-barang seperti kaos Lana Del Rey, piringan hitam, dan korek api kuningan untuk gadis-gadis yang sedang dalam suasana hati yang buruk.

Ini adalah upaya terbaru Spotify untuk mengintegrasikan pembelian merchandise ke dalam aplikasi. Karena aplikasi ini telah menjadi prioritas para artis yang mendistribusikannya melalui layanan streaming.

Mengutip The Verge, produk yang ditawarkan di Spotify bukanlah hal baru: perusahaan ini mulai bekerja sama dengan Shopify pada tahun 2021 dan melakukan pembaruan kecil untuk mempermudah berbelanja.

Namun, pembelian tidak dilakukan langsung di dalam aplikasi. Pengguna dapat menelusuri item tetapi kemudian diarahkan ke toko merchandise masing-masing artis.

Baca juga: Sekarang Spotify Jualan Merchandise Artis

Spotify Bermitra Dengan E-Commerce Shopify Sejak 2021

Spotify Jualan Merchandise_1a

Spotify Jualan Merchandise. (Sumber: Tech Informations)

Sebagai informasi, pada tahun 2021, Spotify mengumumkan kemitraan dengan penyedia platform e-commerce Shopify.

Seperti dilansir Tech Crunch, platform tersebut memungkinkan artis untuk menghubungkan profil Spotify mereka dengan Shopify. Dengan cara ini, mereka bisa memasarkan produknya langsung ke penggemarnya melalui aplikasi Spotify.

Setelah menghubungkan akun Spotify for Artists ke toko online Shopify, artis dapat menyinkronkan katalog produk mereka dengan Spotify untuk menampilkan semua produk yang mereka inginkan di profil aplikasi aplikasi streaming musik mereka.

Dari sana, penggemar dapat menelusuri produk dan melakukan pembelian. Selain memudahkan artis mengakses toko Shopify mereka, integrasi ini dapat memberikan aliran pendapatan tambahan bagi artis yang belum membuat situs merchandise.

Spotify sebagai media penyedia musik ternama yang hingga kini sering kali digunakan oleh masyarakat umum selalu jadi pilihan pertama, dengan berkat beberapa fitur yang selalu terupdate dan fungsi-fungsi yang lebih mudah digunakan jadi salah satu perhatian khusus bagi maysarakat untuk menggunakan Spotify.

Dengan begitu, Spotify hingga kini terus berinovasi dengan berbagai macam cara, selalu menghadirkan musik-musik yang trending dan selalu menghadirkan banyak fitur baru di dalamnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Tech Industry

Unbox.id – Spotify sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mematikan rekomendasi hasil personalisasi. Dengan fitur ini, lagu yang diputar oleh orang lain menggunakan...

Tech Industry

Unbox.id – Spotify telah meluncurkan pusat merchandising artis yang menampilkan barang-barang seperti kaos oblong, piringan hitam, dan korek api perunggu Lana Del Rey untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Spotify telah mengumumkan akan menaikkan harga paket berlangganan layanan premiumnya. Kenaikan harga ini diterapkan di beberapa negara, termasuk Indonesia. “Lanskap pasar terus...