Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Sekarang Spotify Jualan Merchandise Artis

Spotify Jualan Merchandise_1a
Spotify Jualan Merchandise. (Sumber: Tech Informations)

Unbox.id – Spotify telah meluncurkan pusat merchandising artis yang menampilkan barang-barang seperti kaos oblong, piringan hitam, dan korek api perunggu Lana Del Rey untuk anak perempuan yang suasana hatinya sedang buruk. Ini merupakan upaya terbaru Spotify untuk mengintegrasikan pembelian merchandise ke dalam aplikasi. Padahal aplikasi ini sudah menjadi prioritas para artis dengan menyebarkannya melalui layanan streaming. Mengutip The Verge, produk di Spotify bukanlah hal baru: perusahaan mulai bermitra dengan Shopify pada tahun 2021 dan melakukan pembaruan kecil untuk mempermudah berbelanja. Namun, pembelian tidak dilakukan langsung di dalam aplikasi. Pengguna dapat menelusuri item tetapi kemudian diarahkan ke toko merchandise masing-masing artis.

Spotify Tidak Ambil Potongan Dari Penjualan

Spotify App_2b

Spotify App. (Sumber: Dream Tech)

Dan kini, dengan membuka tab merchandise di profil artis, pengguna dapat menemukan apa yang mereka inginkan. The Verge melaporkan bahwa hub tersebut hanya dapat diakses melalui tautan dalam siaran persnya. Hal ini dikarenakan hub tidak muncul pada halaman pencarian aplikasi.

Mengenai hal ini, perwakilan Spotify mengatakan mereka sedang menyelidiki masalah tersebut. Spotify tidak mengambil potongan penjualan, namun penjualan barang memiliki tujuan bisnis. Semua orang tahu bahwa pendapatan artis dari musiknya cukup rendah.

Jadi, menjual barang dagangan adalah cara yang sederhana dan sangat menguntungkan untuk mencoba membuat perbedaan. Jika Spotify ingin membuat artisnya bahagia, perusahaan perlu mengintegrasikan merchandise ke dalam pengalaman pengguna.

Spotify Bermitra dengan E-commerce Shopify Sejak 2021

Pada tahun 2021, Spotify mengumumkan kemitraan dengan penyedia platform e-commerce Shopify. Tech Crunch melaporkan bahwa platform ini memungkinkan artis untuk menghubungkan profil Spotify mereka ke Shopify. Dengan cara ini, mereka bisa memasarkan produknya langsung ke penggemarnya melalui aplikasi Spotify.

Setelah menghubungkan akun Spotify for Artists ke toko online Shopify, artis dapat menyinkronkan katalog produknya dengan Spotify untuk menampilkan produk yang mereka inginkan di profil aplikasi streaming musiknya.

Dari sana, penggemar dapat menelusuri produk dan melakukan pembelian. Selain memudahkan artis mengakses toko Shopify mereka, integrasi ini dapat memberikan aliran pendapatan tambahan bagi artis yang belum membuat situs merchandise.

Baca juga: Harga Langganan Spotify Premium Jadi Naik Di Indonesia

Spotify Tambahkan Transkrip Otomatis untuk Podcast

Spotify Podcast_3c

Spotify Podcast. (Sumber: The Verge)

Masih terkait dengan aplikasi streaming musik Spotify, aplikasi tersebut terus mempertahankan dominasinya di pasar streaming musik selama beberapa tahun, meskipun platform tersebut terus bersaing ketat dengan pemain besar lainnya.

Meskipun persaingan ketat dari Apple Music hingga YouTube Music, Spotify tetap menjadi pilihan utama bagi podcaster. Namun Spotify juga tidak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi saat ini seperti kecerdasan buatan (AI). Oleh karena itu, perusahaan mengintegrasikan AI ke dalam aplikasi mereka.

Hal ini dimungkinkan dengan memperkenalkan terjemahan podcast bertenaga AI, melalui kemitraan dengan OpenAI. Mengutip Android Police, Minggu (1 Oktober 2023), dalam rangka memperingati Hari Podcast Internasional pada 30 September, Spotify mengumumkan akan menambahkan beberapa fitur baru ke semua aplikasi yang Anda gunakan.

Pertama, replikasi otomatis disinkronkan dengan waktu. Fitur ini memungkinkan pengguna Spotify membaca rekaman sambil mendengarkan podcast. Fitur Spotify baru ini ideal untuk situasi di mana mendengarkan audio tidak memungkinkan, seperti di angkutan umum yang padat. Transkripsi ini juga merupakan langkah penting dalam meningkatkan aksesibilitas.

Pengguna dapat dengan mudah mengakses rekaman dengan menggulir ke bawah dari tampilan “Sedang Diputar” dan mengetuk Baca Bersama. Selain transkrip, Spotify juga memperkenalkan bab podcast ke aplikasi seluler, memungkinkan pendengar untuk beralih ke bagian tertentu dari podcast. Fitur ini dapat diakses dengan menggulir ke bawah dari tampilan Now Playing.

Terakhir, halaman Podcast Show akan menampilkan lebih banyak informasi tentang pembuatnya, termasuk gambar, deskripsi, dan episode yang direkomendasikan.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast terpopuler saat ini. Layanan streaming ini memiliki jutaan judul lagu dari berbagai artis/musisi serta banyak...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify dilaporkan akan menaikkan harga berlangganan untuk layanan premiumnya setelah mempertahankan harga yang sama selama bertahun-tahun. Tanpa ragu, Spotify akan menggandakan harga...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...