Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Sharing Password Netflix Bisa Masuk Penjara?

Sharing password

Unbox.id – Sharing Password Netflix bisa berujung penjara? Bukankah itu sebuah alasan klasik untuk menakuti konsumen yang inginkan semua orang berlangganan ke mereka? Hal tersebut ternyata beneran nyata lho. Bahkan aturannya pun termasuk dalam Undang-Undang perlindungan data pribadi.

Mungkin banyak orang yang mau menonton gratis Netflix atau bayar-nya lebih murah daripada yang tertera pada website mereka. Namun itu semua sirna apabila aturan tersebut berlaku. Belum lagi beberapa negara ada yang gunakan hukum perlindungan hak cipta termasuk sebuah password pun masuk hak cipta lho.

Kasus seperti terjadi di Inggris, mana negara ini punya UU perlindungan hak cipta terutama mengatur penggunaan password untuk streaming. Kalau hal begini penerapannya oleh penegak hukum Indonesia bakalan banyak yang tertangkap mungkin.

Sharing Password Netflix hal lumrah oleh pengguna

Sharing password

Banyak pengguna Netflix merasa ini hal lumrah. Bahkan mereka sharing password bersama supaya bisa memakai bareng atau nonton bareng. Namun, pengguna asal Inggris sepertinya bisa banyak yang berhadapan dengan hukum kalau memang hal tersebut berlaku.

Menurut Intellectual Property Officer dari Pemerintah Inggris mengatakan kalau sharing password adalah hal ilegal. Karena itu merupakan bentuk pelanggaran hukum sekaligus masuk unsur pidana. Namun, Netflix sebagai pemilik streaming malah enggan membawa ini ke ranah hukum.

Tapi buat IPO sendiri berbagi password merupakan perbuatan melawan hukum termasuk penggelapan dan juga penipuan. Bahkan masuk juga sebagai akses ilegal terhadap produk hak cipta seperti film dan TV Series. Tapi belum ada platform streaming melakukan seperti apa yang IPO katakan.

Netflix Malah Punya Rencana Lain

Sedangkan Netflix dan streaming platform lainnya merasa tidak perlu lakukan hal tersebut. Alih-alih buat sebuah aturan menarik, yaitu membuat tarif tambahan apabila mau sharing password. Hal begini justru bakalan uji coba pada tahun depan alias 2023 mendatang.

Cukup gila bukan, bahkan cara ini bisa bilang mampu datangkan revenue baru daripada memohon kepada langganan baru. Cuma, apa ini berlaku untuk pasar U.S dan UK saja? Tentu saja dua lokasi ini paling tepat jadi akses buat pengguna yang suka sharing password. Termasuk Indonesia? Rasanya bakalan ditinggal pergi sama pelanggan mereka kalau mau begitu.

Sayangnya, cara ini kurang tepat bahkan untuk pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mungkin dengan bundling dengan operator atau paket mobile dengan fasilitas lengkap sudah cukup. Toh, pasar Indonesia masih gemuk juga dan mereka semua adalah penggemar drama korea.

Polisi Pun Tidak Menindak

Polisi Kerajaan Inggris pun tidak mau menindak untuk perkara sepele ini. Malah mereka mau lihat berdasarkan kasus per kasus. Bukan gegabah untuk berikan denda atau memenjarakan orang karena aturan ini. Malah mereka lebih memilah kasus seperti ini dengan seksama.

Sebenarnya apa yang IPO bilang sendiri belum tentu berlaku dan hal seperti ini cuma membuat air keruh dalam dunia streaming platform. Selain pernyataan ambigu dari seorang petugas IP, juga streaming platform enggan meneruskan ke jalur hukum karena pengaruh kedepannya juga.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Netflix akan berhenti mengungkapkan jumlah pengguna yang berlangganan layanannya serta pendapatan yang dihasilkan setiap pelanggan mulai tahun depan. Perusahaan mengatakan akan fokus...

Artikel

Unbox.id – Kata sandi sering kali digunakan untuk melindungi informasi atau data pribadi. Namun penggunaan kata sandi seringkali diremehkan. Agar lebih mudah diingat, banyak...

Apps & Games

Unbox.id – Apple membuka pre-order untuk Apple Vision Pro minggu lalu. Headphone pertama Apple dibanderol Rp 54 juta. Meski diumumkan, Apple Vision Pro sepertinya...

Tech Industry

Unbox.id – Mengingat password semua akun pastinya cukup sulit bagi sebagian orang. Oleh karena itu, pengelola kata sandi hadir untuk membantu Anda menyimpan semua...