Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Password yang Paling Gampang Dibobol Hacker, Simak Lebih Lanjut!

Password Security_1a
Password Security. (Sumber: Easy DMARC)

Unbox.id – Kata sandi sering kali digunakan untuk melindungi informasi atau data pribadi. Namun penggunaan kata sandi seringkali diremehkan. Agar lebih mudah diingat, banyak orang menggunakan kata sandi yang sama untuk akun yang berbeda. Tidak jarang sebagian dari kita menggunakan password yang sama agar lebih mudah diingat. Mengingat kata sandi memang memusingkan, terutama jika Anda menggunakan banyak kata sandi di akun online. Sayangnya, kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga akun online membuat akun Anda berisiko diserang oleh hacker. Faktanya, penelitian terbaru tim Red9, yang dikutip oleh Mirror, menunjukkan bahwa beberapa kata sandi yang sangat mudah ditebak dapat diretas dengan sangat mudah. Red9 mengklaim bahwa kata sandi yang paling umum digunakan saat peretasan data adalah 123456. Banyak pengguna online yang menggunakan kata sandi ini. Selain 123456, password yang harus dihindari adalah “qwerty”, “password”, “111111” dan “1q2w3e”.

Daftar Password yang Sebaiknya Tidak Digunakan

Password Security_2b

Password Security. (Sumber: Security Brief)

Berikut adalah 10 daftar password yang sebaiknya jangan digunakan. Jika kata sandi kamu termasuk dalam daftar di bawah, disarankan untuk mengubah kata sandi tersebut sesegera mungkin.

  • 123456
  • 123456789
  • qwerty
  • password
  • 12345678
  • 111111
  • qwerty123
  • 1q2w3e
  • 1234567
  • 1234567890

Kata Sandi Enam Karakter Paling Banyak Digunakan

Menariknya, sandi enam karakter adalah sandi yang paling umum digunakan dan juga paling mudah dibobol.

Anda sebaiknya menggunakan sandi acak daripada menggunakan tim sepak bola favorit atau menyebutkan nama pasangan Anda sebagai sandi. Penggunaan huruf kapital, simbol, dan angka acak membuat kombinasi sandi jauh lebih aman.

Temuan tim Red9 di atas menyoroti pentingnya keamanan sandi. “Temuan ini menyoroti pentingnya meningkatkan kesadaran tentang keamanan kata sandi, karena beberapa kata sandi yang umum digunakan masih mengandung kerentanan serius.

“Berdasarkan temuan ini, pengguna didorong untuk menerapkan praktik kata sandi yang lebih kuat untuk meningkatkan keamanan digital mereka,” kata Mark Varnas, pendiri Red9.

“Gunakan kombinasi huruf kecil dan besar, angka dan simbol khusus, dan hindari elemen yang mudah ditebak seperti nama dan tanggal lahir yang dapat meningkatkan perlindungan akses,” jelas Mark Varnas. Akun Anda dari potensi ancaman dunia maya,” tambahnya.

Baca juga: Tips Ampuh Hemat Baterai Ponsel Android

Tips Membuat Kata Sandi yang Aman

Password Security_3c

Password Security. (Sumber: Member Clicks)

Di sisi lain, keamanan data dan informasi pribadi menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam penggunaan layanan online. Salah satu langkah utama dalam menjaga akun adalah membuat kata sandi kata sandi yang sulit ditebak. berikut adalah tips dalam membuat kata sandi yang aman:

  • Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, simbol, dan angka.
  • Buatlah kata sandi yang panjang dengan minimal 12 karakter.
  • Hindari penggunaan informasi pribadi sebagai kata sandi, seperti nama, tanggal lahir, alamat, hal favorit, dan lain sebagainya.
  • Gunakan kata sandi yang berbeda untuk masing-masing akun yang Anda miliki.
  • Rutin mengganti kata sandi secara berkala, minimal tiap enam bulan sekali.

Keamanan akun sangat penting di era digital. Dengan mengikuti tips di atas, akun online Anda akan lebih aman dan terlindungi dari ancaman dunia maya. Pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan kata sandi akun Anda dan jangan membagikan informasi kata sandi Anda kepada orang lain.

Selain password umum, ada juga jenis password yang mungkin belum Anda ketahui. Kata sandi satu kali (OTP) adalah metode aman yang digunakan untuk mengakses akun online atau melakukan transaksi keuangan.

OTP digunakan untuk memberikan lapisan keamanan tambahan dengan Kata sandi yang dikirimkan hanya dapat digunakan satu kali. OTP biasanya dikirimkan melalui SMS, email, chat WhatsApp atau aplikasi keamanan khusus.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Banyak konsumen Indonesia tahun ini yang berbelanja online untuk memenuhi kebutuhannya selama Ramadhan. Data survei YouGov menunjukkan setidaknya 70% responden berencana membeli...

Tech Industry

Unbox.id – Malware perbankan bernama Vultur dikatakan menargetkan pengguna Android dan mampu mencuri informasi penting dari korbannya. Peneliti keamanan telah menemukan versi baru malware...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Android di Türkiye, Rusia, Asia Tenggara, dan Amerika Latin baru-baru ini terpapar ancaman malware baru, khususnya Tambir, Dwphon, dan Gigabud. Setelah...