Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Platform Digital Youtube Music Rilis Fitur Baru!

Youtube Music_1a
Youtube Music. (Sumber: 9to5Google)

Unbox.id – YouTube Music telah merilis pembaruan fitur lainnya untuk memperkaya pengalaman pengguna. Fitur baru ini memungkinkan pengguna menemukan informasi detail mengenai musik yang sedang diputar. Muncul di bagian bawah di atas “Tentang Artis”, fitur YouTube Music baru ini menampilkan informasi tentang judul album terlebih dahulu, diikuti oleh artis dan judulnya. Pengguna juga dapat melihat berapa kali suatu lagu diputar, tahun peluncurannya, dan jumlah sukanya. Dikutip dari 9to5Google, fiturnya menyenangkan dan ringkas sehingga dapat membantu pengguna yang ingin mengambil screenshot secara manual, termasuk membagikan lagu dan detailnya tanpa menggunakan Now Playing. Kemudian, dengan mengetuk sampul di sebelah kiri, pengguna akan membuka halaman lengkap album yang sebelumnya harus dibuka untuk mendapatkan informasi seperti tahun dan nama album di aplikasi milik YouTube tersebut.

Desain Baru

Ketuk bilah “Tautan” dan gulir ke bawah lebih cepat daripada membuka menu untuk menemukan “Buka Album” di menu. Dijelaskan lebih detail, fitur detail lagu ini telah banyak diluncurkan dalam beberapa hari terakhir ke aplikasi YouTube Music di Android dan iOS.

Fitur detail informasi lagu ini mirip dengan fitur Now Playing yang selalu menampilkan album dan tahun di mini player. Kehadiran fitur ini mungkin juga terkait dengan desain Now Playing yang diperkenalkan pada akhir tahun 2022 dan dihapus pada awal tahun 2023.

YouTube Music Hadirkan Samples, Mirip TikTok Buat Rekomendasi Musik

Youtube Music Samples_2b

Youtube Music Samples. (Sumber: Chrome Unboxed)

Sebelumnya, YouTube meluncurkan fitur baru untuk aplikasi musik khusus YouTube Music yang disebut Samples untuk pengguna di seluruh dunia. Bersamaan dengan tab Sampel, akan ada halaman video pendek, membantu pengguna lebih mudah mengarahkan ke musik baru.

Jika dilihat, antarmuka tab Templates mirip dengan TikTok, begitu pula yang dilakukan Spotify dengan menampilkan layar vertikal untuk beberapa video musik pendek. Menurut YouTube, mengutip siaran persnya, tab khusus ini akan “mengeksplorasi kedalaman dan luasnya perpustakaan YouTube Music”, sehingga selalu ada sesuatu yang segar untuk didengar oleh penonton.

Pengguna juga dapat menikmati rilisan terbaru artis baru atau lagu dari album lama artis favoritnya menurut YouTube. “Setiap klip yang dinamis memberikan wawasan tentang artis, video, dan mood dari lagu tersebut,” tulis perusahaan yang berafiliasi dengan Google tersebut. “Pengguna dapat dengan mudah menggeser secara vertikal untuk mendengarkan lagu baru, sehingga lebih mudah untuk menemukan lagu baru.” menjadi menyenangkan dan mudah”.

Dengan Templat, pengguna dapat dengan cepat menambahkan lagu ke koleksinya, membaginya dengan teman, membuat daftar putar, memulai stasiun radio baru, menonton video lengkap, mengunjungi halaman album, atau menggunakan lagu untuk membuat film pendek.

Sementara itu, bagi para artis, fitur sampel baru pada tab YouTube Music dipandang sebagai cara lain untuk menemukan pendengar baru dan membangun komunitas di YouTube.

Baca juga: Youtube Luncurkan Youtube Create Pesaing Capcut

YouTube Luncurkan YouTube Create, Aplikasi Editing Video Pesaing Capcut

Selain itu, YouTube juga resmi memperkenalkan YouTube Create, sebuah aplikasi yang menyediakan serangkaian alat pembuatan video gratis dan terhubung langsung dengan YouTube Creators. Mengutip Tech Crunch, YouTube berkonsultasi dengan 3.000 pembuat konten untuk mengembangkan aplikasi baru ini dan merancangnya berdasarkan masukan mereka.

Untuk menggunakan alat ini, pembuat konten dapat menambahkan klipnya dan kemudian memilih dari berbagai alat pengeditan untuk mulai membuat videonya. Dengan aplikasi ini, mereka dapat melakukan banyak hal berbeda, mulai dari melihat pratinjau, memotong klip, hingga membuat video. Tidak hanya itu, mereka juga menambahkan ribuan stiker, GIF, dan banyak efek bawaan.

Menariknya, aplikasi ini akan memberikan akses ke perpustakaan lagu-lagu bebas royalti YouTube. Dengan cara ini, pembuat konten dapat memonetisasi videonya tanpa mengkhawatirkan hak cipta.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube telah meluncurkan fitur baru untuk aplikasi khusus musiknya, YouTube Music, yang disebut Template, untuk pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya tab...

Apps & Games

Unbox.id – YouTube Music telah mengumumkan bahwa mereka memiliki fitur khusus untuk pengguna, untuk memudahkan mendengarkan podcast atau podcast di aplikasi. Seperti diketahui, dulu...