Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

YouTube Music Hadirkan Samples, Apa Itu?

Samples YouTube Music_1a
Samples YouTube Music. (Sumber: Graphics Gaga)

Unbox.id – YouTube telah meluncurkan fitur baru untuk aplikasi khusus musiknya, YouTube Music, yang disebut Template, untuk pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya tab Samples, nanti akan ada halaman video pendek, sehingga memudahkan pengguna untuk mengarahkan pengguna ke musik baru. Jika Anda perhatikan, antarmuka tab Template mirip dengan TikTok, dan Spotify melakukannya dengan menyediakan tampilan vertikal untuk beberapa video musik pendek. Menurut YouTube, mengutip siaran persnya, Kamis (17 Agustus 2023), tab khusus ini akan “menjelajahi kedalaman dan keluasan perpustakaan YouTube Music”, sehingga akan selalu ada konten segar untuk didengar pengguna. Pengguna juga dapat menikmati rilis terbaru artis baru atau lagu dari album lama artis favorit mereka menurut YouTube.

Tambah Lagu Dengan Cepat ke Koleksinya

Samples YouTube Music_2b

Samples YouTube Music. (Sumber: Techno ID)

“Setiap klip imersif memberikan wawasan tentang artis, video, dan nuansa lagu. Pengguna dapat dengan mudah menggesek secara vertikal untuk mendengarkan lagu baru, sehingga menemukan musik menjadi menyenangkan dan mudah.” perusahaan yang berafiliasi dengan Google.

Dengan Template, pengguna dapat dengan cepat menambahkan lagu ke perpustakaan mereka, berbagi dengan teman, membuat daftar putar, memulai stasiun radio baru, menonton video lengkap, mengunjungi halaman album, atau menggunakan lagu untuk membuat film pendek.

Bagi artis, fitur template baru di tab YouTube Music dipandang sebagai cara lain untuk menemukan pendengar baru dan membangun komunitas di YouTube.

Google dan YouTube Hadirkan Inisiatif Baru bagi UMKM

Sebelumnya, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bersama Google dan YouTube menggelar Perayaan Hari UMKM Nasional di Istana Mangkunegaran. Pada kesempatan tersebut, Google dan YouTube juga mengumumkan inisiatif terbaru untuk menguntungkan UMKM.

Kali ini, Google dan YouTube mengumumkan akan memberikan lebih dari Rp 2 miliar dalam berbagai alat pemasaran digital kepada UKM yang memenuhi syarat di seluruh Indonesia.

Selain itu, kedua perusahaan juga mengumumkan kemitraan baru dengan KemenkopUKM dan SMESCO untuk mengadakan lokakarya pelatihan bagi UKM, serta kampanye sosial Flexing lokal dengan Google dan YouTube sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dengan topik “Transformasi UMKM untuk Masa Depan”.

“Saya berharap ini akan mempercepat pencapaian target pemerintah 30 juta UMKM untuk berpartisipasi dalam ekosistem digital, dimana saat ini sudah lebih dari 22 juta UMKM terintegrasi,” kata Menteri Koperasi dan Kewirausahaan UKM, kata Teten Masduki.

Latih Lebih dari 2 Juta Pemilik Usaha

Dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin (14/8/2023), General Manager Google Indonesia Randy Jusuf mengatakan Google telah melatih pemilik usaha kecil selama bertahun-tahun melalui program-program seperti Gapura Digital, Women Will dan banyak kemitraan pemerintah.

Menurutnya, Google telah melatih lebih dari dua juta pemimpin bisnis di seluruh negeri sejak 2017. “Bersama dengan pemerintah, kami berkomitmen untuk memberikan akses yang setara dan berharap dukungan ini akan membantu lebih banyak bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka secara online dan menemukan pelanggan baru,” jelas Randy.

Dalam inisiatif ini, kemitraan dengan SMESCO akan fokus pada empat industri yaitu Travel, Lifestyle (F&B dan Fashion), Media dan Entertainment, serta Apps and Games Developers.

Baca juga: Youtube Perketat Pedoman Akun Penggemar

Peran YouTube dalam Pertumbuhan UMKM

Platform YouTube_3c

Platform YouTube. (Sumber: Antara News)

Randy mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan, lebih dari 75% peserta Gapura Digital dan Women Will percaya keterampilan digital mereka meningkat dan mengarah ke lebih banyak customer engagement.

“Selain itu, terkait video, 73% pemilik usaha kecil memberi tahu kami bahwa YouTube penting untuk mengembangkan bisnis mereka.

Bertempat di Lokananta Recording Studio di Solo, Jawa Tengah, YouTube dan Google memamerkan berbagai kursus pelatihan mulai dari pelatihan pemasaran digital hingga klinik pelatihan pembuatan konten dari kreator ternama seperti Arnold Poernomo dan Devina Hermanwan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar yang sedikit tidak menyenangkan bagi Anda yang menikmati layanan Youtube berbayar alias premium. Pengguna lama layanan berbayar platform berbagi video...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Artikel ini menjelaskan cara menautkan ke bagian tertentu dari video YouTube menggunakan fitur Share atau ‘Bagikan’ dengan menambahkan stempel waktu. Langkah-langkah...