Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

One UI 6.0 Berbasis Android 14 Siap Rilis Dalam Waktu Dekat

One UI 6.0 Android 14_1a
One UI 6.0 Android 14. (Sumber: Sam Lover)

Unbox.id – Samsung mengumumkan antarmuka pengguna terbarunya yaitu One UI 6.0 pada 5 Oktober 2023. Menyusul pengumuman tersebut, kabarnya versi final One UI terbaru ini akan segera tersedia untuk perangkat Samsung Galaxy. One UI 6.0 akan tersedia di berbagai perangkat. Dari perangkat terbaru (Galaxy S23, Galaxy S23 Ultra, Galaxy Z Fold 5, Z Flip 5) hingga model lama (Galaxy S21, Galaxy S22, Galaxy A52, A53, dll.). Menurut Gizhchina, One UI 6.0 akan memanfaatkan berbagai fitur baru yang diperkenalkan di Android 14. One UI versi terbaru ini membawa banyak perubahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Contohnya termasuk fitur kamera, konfigurasi dan penyesuaian perangkat, serta desain tipografi yang inovatif. Di sisi lain, tampilan One UI berbasis Android 14 diperkirakan hampir sama dengan One UI 5.1.

Hadir Dengan Sejumlah Peningkatan

One UI 6.0 Android 14_2b

One UI 6.0 Android 14. (Sumber: GizChina)

Meski diluncurkan, masih belum ada tanggal rilis resmi untuk One UI 6.0. Namun mengingat One UI 5.0 akan diluncurkan pada akhir Oktober 2022, kemungkinan besar Samsung akan mendekatkannya ke One UI 6.0.

Namun beberapa perbaikan dan pembaruan di One UI 6.0 masih menarik. Untuk melihat rangkaian pembaruan apa saja yang dihadirkan Samsung untuk fitur kamera melalui One UI 6.0, simak beberapa pembaruannya di bawah ini.

  • Desain aplikasi kamera yang telah diubah untuk meningkatkan intuisi, serta tombol di layar kini lebih ramah pengguna.
  • Garis kisi di aplikasi kamera kini menyertakan garis datar untuk membantu pengguna mengambil foto dan video dengan lebih akurat.
  • Penambahan widget kamera baru yang memungkinkan akses cepat ke berbagai mode pengambilan dengan satu ketukan.
  • Peningkatan pada mode Foto dan “Pro”, mencakup kemampuan penyesuaian resolusi foto dengan cepat dan opsi tingkat pengoptimalan kualitas foto: minimum, sedang, atau maksimum.
  • Di One UI 6, Samsung juga memberikan opsi menonaktifkan gerakan untuk mencegah peralihan kamera yang tidak disengaja.

One UI 6.0 Tingkatkan Fitur Fotografi dan Video

Berikut adalah peningkatan dari segi fitur fotografi dan videografinya pada One UI 6.0:

  • Pengeditan cepat pada tampilan detail gambar atau video dengan menggesek layar dari bawah ke atas saat melihat foto atau video.
  • Menyimpan gambar yang dipotong sebagai stiker, serta menggunakannya di foto atau video lain.
    Alat editor foto menjadi lebih mudah diakses.
  • Alat “Luruskan” dan “Perspektif” telah digabungkan dalam bagian “Transformasi”.
  • Opsi latar belakang baru dan gaya telah ditambahkan untuk penambahan teks saat mengedit foto.
  • One UI 6.0 memperkenalkan editor video baru, yang disebut Studio. Editor video ini memiliki kemampuan mengedit yang lebih kompleks dan kuat.
  • Pemutar video di One UI 6.0 menjadi lebih baik dengan kontrol lebih bersih untuk pengalaman yang lebih baik.
  • Akses ke tombol untuk mengatur kecepatan pemutaran video menjadi lebih cepat dan nyaman.

Baca juga: Samsung Luncurkan Android 14 Beta

Perubahan Utama One UI 6.0 pada HP Samsung Galaxy

One UI 6.0_3c

One UI 6.0. (Sumber: Sammy Fans)

Dengan peningkatan ini, pengguna kini dapat mengakses tombol koneksi Wi-Fi dan Bluetooth khusus hanya dengan dua gesekan dari atas layar. Selain itu, pengguna dapat mengatur kecerahan layar dan mengaktifkan mode nyaman langsung dari tautan di bagian bawah layar.

Pengguna juga memiliki opsi untuk mengubah akses ke panel. Anda dapat mengakses panel notifikasi dengan menggeser dari atas untuk membukanya dan menggeser ke bawah dari tengah layar untuk mengakses panel notifikasi.

Di One UI 6.0, notifikasi kini muncul satu per satu dengan desain baru. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengurutkan notifikasi berdasarkan prioritas atau kapan diterima. Selain itu, kami telah meningkatkan tampilan sampul album saat mendengarkan musik di ponsel Samsung Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Oppo

Unbox.id – Banyak produsen ponsel Android membuat software berbasis Android sendiri untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan produknya. Perangkat lunak dan antarmuka disesuaikan dengan...

Software

Jakarta, Unbox.id – Mengikuti pembaruan Akses Awal UI 5.0 Android 14, perusahaan menghadirkan pembaruan khusus di bebreapa tipe. Realme menghadirkan program Open Beta UI...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Oppo saat ini sedang dalam proses merilis pembaruan ColorOS 14 berbasis Android 14 untuk jajaran smartphone yang kompatibel.  Meskipun banyak perangkat...

Artikel

Last updated on 30 Desember, 2023 Jakarta, Unbox.id – Samsung baru-baru ini telah mengumumkan pembaruan sistem operasi untuk sejumlah perangkatnya, termasuk Galaxy Tab S9...