Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Mobil Pembersih Polusi Udara Dipamerkan di Goodwood Festival

Mobil pembersih polusi udara
Mobil pembersih polusi udara

Jakarta, Unbox.id – Teknologi terus berkembang. Kini, sebuah mobil yang dirancang untuk menghilangkan polusi udara dipamerkan di Goodwood Festival of Speed. Dibuat oleh desainer Inggris, Thomas Heatherwick, mobil berteknologi penghisap polusi udara ini diberi nama Airo.

Bakal diproduksi dengan kapasitas 1 juta armada di China pada tahun 2023, Airo diharapkan mampu mengatasi tak hanya masalah polusi, tetapi sekaligus memecahkan “krisis luar angkasa”. Diketahui, Thomas Heatherwick adalah perancang yang dikenal karena proyek arsitekturalnya seperti kantor pusat Google di California dan London, juga rancangan terbaru untuk bus Routemaster London. Meski belum pernah membuat desain mobil, tetapi karena minatnya yang besar di dunia rancang merancang, maka ia pun tertarik melakukannya.

Thomas Heatherwick

Thomas Heatherwick

Prototipe

Dikenalkan pertama kali pada pameran mobil Shanghai bulan April lalu, Airo memiliki atap kaca besar, dengan desain interior nampak seperti sebuah ruangan. Di dalamnya lengkap dengan kursi yang dapat disesuaikan dan diubah menjadi tempat tidur, juga ada meja tengah untuk rapat atau makan. Agar aliran udara lebih baik, dipasang eksterior bergerigi dengan grill depan yang dilengkapi filter udara. Teknologi ini diharapkan dapat diterapkan pula pada kendaraan otonom di masa depan.

Baca juga: Fix! OnePlus Nord 2 Hadir Dengan Chipset MediaTek Dimensity 1200-AI

Ruangan Baru

Ide besar kedua di balik desain mobil pembersih polusi udara ini adalah sebagai ruang alternatif bagi pemilik. Pandemi yang berkepanjangan, banyak orang tinggal di rumah, dan memerlukan banyak ruang untuk tinggal, bekerja, dan ruang belajar. Dari satu miliar mobil di dunia saat ini, hanya sekitar 10% yang memiliki ruang bagi pemiliknya untuk menjadi kendaraan yang disebut “real-estate”.

Membuat mobil ini, Heatherwick terinspirasi kursi maskapai kelas satu, yang dapat digunakan “untuk tidur, makan, menghibur, dan bekerja”. Jadi, jika pesawat dapat mengakomodir kebutuhan itu, maka mobil pun dapat menjadi ruang komunal bagi penggunanya.

Mewah

Kendaraan darat yang digambarkan Heatherwick sebagai “bukan kemewahan yang gila”, nantinya akan dibanderol dengan harga sekitar £40.000. Banyak yang skeptis dengan ide ini. Namun, Heatherwick mengatakan bahwa ide pembuatan mobil ini bukan hanya konsep.

Well.., daripada penasaran, sebaiknya kita tunggu saja kabar terbaru dari ide pembuatan mobil pembersih polusi udara ini.

Penulis Elisa
Sumber : Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Oppo

Jakarta, Unbox.id – Teknologi kecerdasan buatan sedang diadopsi secara luas. Perusahaan-perusahaan di berbagai industri mengintegrasikan AI ke dalam produk dan layanan mereka, salah satunya...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Produsen teknologi gadget digital terkemuka asal Dongguan, Tiongkok, yakni Vivo, kabarnya tengah mengerjakan proyek terbaru. Produk yang sedang mereka kerjakan tersebut...

Artikel

Last updated on 22 November, 2023 Jakarta, Unbox.id – Menggunakan tablet dengan layar yang jernih dan bersih akan memberikan pengalaman beraktivitas yang nyaman dan...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Watch 3 dari vivo telah hadir dan mempelopori BlueOS merupakan rancangan khusus buatan vivo di sampingnya. Vivo Watch 3 adalah jam...