Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Meta Verified Hadir di Market Digital Indonesia

Meta Verified_1a
Meta Verified. (Sumber: Parboboa)

Unbox.id – Meta diketahui telah menerapkan program paid green mark atau Meta Verified untuk pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia. “Dengan senang hati saya umumkan Meta Verified sudah tersedia dan bisa dibeli langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia,” tulis Pieter, dikutip Jumat (14 Juli 2023). Pengumuman tersebut juga mengungkapkan bahwa harga langganan bulanan untuk Meta Verified di Indonesia adalah Rp 100.000 di web dan Rp 130.000 di iOS dan Android. Informasi tersebut diketahui dari unggahan CEO Meta Indonesia Pieter Lydian di akun Instagram pribadinya @pieterlydian.

Syarat Langganan Centang Biru Meta untuk Instagram dan Facebook

Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi, apabila seseorang ingin mendapatkan penandan verifikasi di Meta Verified:

  • Akun harus memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat unggahan sebelumnya, dan pendaftar harus berusia minimal 18 tahun.
  • Pendaftar diharuskan untuk menyertakan ID pemerintah, yang sesuai dengan nama profil dan foto akun Facebook atau Instagram yang mereka ajukan.
  • Langganan akan mencakup pemantauan proaktif untuk peniruan akun.

Selama ini, pelanggan yang mendaftar ke Meta Verified akan menerima lencana terverifikasi, yang mengonfirmasi bahwa akun mereka asli dan diverifikasi dengan ID pemerintah.

Selain itu, pelanggan akan mendapat manfaat dari peningkatan perlindungan terhadap pencurian identitas, dengan pemantauan akun proaktif untuk penipu, yang mungkin dapat menargetkan orang-orang dengan audiens online yang terus bertambah.

Pelanggan dengan centang hijau meta juga akan mendapatkan bantuan saat mereka membutuhkan akses nyata ke masalah akun umum, serta fitur eksklusif.

Langganan Centang Biru Berbayar Meta

Pieter juga mengatakan perusahaan akan melakukan serangkaian pemeriksaan Meta Verified, baik sebelum, selama, dan setelah seseorang mendaftar. Lebih lanjut dikutip dari situs resmi Meta, berikut langkah-langkahnya jika ingin mendapatkan centang biru berbayar di Instagram dan Facebook:

  • Pergi ke “Settings” di Instagram atau Facebook. Klik “Accounts Center”, lalu “Meta Verified.”
  • Jika tersedia untuk akun Anda, akan terlihat “Meta Verified available” di bawah nama dan foto profil Anda.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan untuk membayar secara bulanan.
  • Selesaikan proses verifikasi dan berikan foto ID yang resmi dari pemerintah, dan apabila tersedia, video selfie untuk mengonfirmasi identitas pengguna, sebelum disetujui untuk berlangganan Meta Verified.

Peluncuran Meta Verified oleh Mark Zuckerberg

Meta Verified_2b

Meta Verified. (Sumber: Root Update)

Meta Verified sendiri diumumkan pada Februari 2023 dan disampaikan langsung oleh CEO Mark Zuckerberg. Mark Zuckerberg mengatakan bahwa dengan layanan yang disebut Meta Verified ini, pelanggan dapat memverifikasi akun mereka dengan kartu ID mereka dan memiliki tanda centang hijau.

Pelanggan juga bisa mendapatkan perlindungan tambahan terhadap akun yang berpura-pura atau menyamar sebagai mereka, serta akses langsung ke dukungan pelanggan. “Fitur baru ini dimaksudkan untuk meningkatkan keaslian dan keamanan layanan kami,” kata pendiri Facebook tersebut.

Saat peluncuran, Meta Verified dihargai $11,99 (sekitar Rp182.000) per bulan untuk versi web dan $14,99 (sekitar Rp227.000) per bulan untuk iOS. Layanan centang biru meta-pembayaran ini juga awalnya diluncurkan di Australia dan Selandia Baru.

Baca juga: Malaysia Akan Tuntut Meta Untuk Konten Berbahaya Di Facebook

Dirilis di AS Bulan Maret

Kemudian, pada bulan Maret, Zuckerberg mengumumkan bahwa program verifikasi berbayar ini akan diluncurkan di Amerika Serikat.

Selain mendapatkan tanda centang hijau, pengguna yang mengikuti program ini akan mendapatkan sejumlah keuntungan lainnya, mulai dari fitur eksklusif, perlindungan akun proaktif, hingga akses langsung ke layanan pelanggan.

Namun, ada perbedaan antara program untuk pengguna Instagram dan Facebook di AS dan kedua negara sebelumnya. Untuk pengguna A.S. yang mendaftar untuk program tersebut, kata Meta, mereka tidak akan mendapatkan peningkatan visibilitas.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Google, Meta, OpenAI, dan beberapa perusahaan teknologi terkemuka lainnya telah menandatangani perjanjian kerja sama dalam upaya memerangi misinformasi dan manipulasi informasi menjelang...

Apps & Games

Unbox.id – Meta baru saja menutup jaringan akun palsu yang menyamar sebagai keluarga militer Amerika dan aktivis anti-perang. Menurut peneliti keamanan Meta, akun palsu...

Tech Industry

Unbox.id – Menurut bos Instagram Adam Mosseri, Meta tidak lagi merekomendasikan konten politik kepada pengguna Instagram atau Threads. Dia mengatakan pengguna masih akan melihat...

Tech Industry

Unbox.id – Meta dikatakan telah memberikan label khusus pada gambar yang dihasilkan AI. Hal ini dikarenakan gambar yang dihasilkan oleh AI dari OpenAI dan...