Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Meta Akan PHK Lebih Banyak Karyawan

Meta company_1mc
Perusahaan raksasa teknologi yaitu Meta dikabarkan akan melakukan PHK karyawannya. (Sumber: Blueocto)

Unbox.id – Perusahaan induk Facebook, Meta, akan mengumumkan rincian putaran baru PHK pada hari Rabu. Itu adalah bagian dari upaya berbulan-bulan untuk berhemat dan merestrukturisasi. Total karyawan yang akan di-PHK dari Meta adalah 10.000, di tengah berbagai PHK oleh perusahaan teknologi. Mengutip Washington Post, Kamis 20 April 2023, dalam memo internal Meta yang diperoleh outlet tersebut, Lori Goler, Chief Human Resources Officer Meta, menulis bahwa perusahaan akan mulai mengumumkan Beritahu karyawan teknologi yang terkena PHK ini. Meta juga akan mengumumkan tim manajemen baru dan hierarki karena raksasa media sosial ini terlihat lebih ramping dan efisien.

Karyawan Terdampak PHK

Meta company_2mc

Dikabarkan akan ada banyak karyawan yang akan terkenal PHK dalam waktu dekat ini. (Sumber: The Guardian)

Karyawan yang terkena PHK termasuk tim di Facebook, WhatsApp, Messenger, Instagram, dan divisi realitas virtual Reality Labs.

Dalam memo tersebut, Goler mengatakan beberapa karyawan tidak boleh datang ke kantor kecuali diperlukan untuk peran atau jabatan mereka. PHK dilakukan oleh manajemen senior sebagai bagian dari upaya restrukturisasi yang lebih luas.

“Ini akan menjadi masa yang sulit karena kami mengucapkan selamat tinggal kepada teman dan kolega yang telah memberikan banyak kontribusi untuk Meta,” kata Goler. “Semua orang, mereka yang telah pergi dan mereka yang telah tinggal, akan membutuhkan waktu untuk memproses berita besok dan saya tahu tim akan bersatu dengan cinta, dukungan, dan perhatian,” kata Goler.

Engineer dan Staf Teknis Juga Terdampak

Sementara itu, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut, ribuan karyawan mengomentari atau bereaksi terhadap memo Goler di forum internal. Banyak pekerja memposting emoji wajah melambai dan menangis.

Meta harus memangkas ribuan karyawan dalam pekerjaan terampil. Misalnya, insinyur dan staf teknis lainnya membantu menciptakan produk perusahaan.

Pemecatan karyawan Facebook adalah momen kesedihan yang jarang terjadi bagi para insinyur Meta, yang telah lama menikmati pekerjaan yang aman, gaji tinggi, otonomi, dan kebebasan untuk mengerjakan proyek yang tidak sesuai keinginan mereka. Juga, banyak perusahaan Silicon Valley membutuhkan pekerjaan teknis, tetapi mereka ditekan di Meta.

Juru bicara Meta Dave Arnold membenarkan memo itu dikirim secara internal di dalam perusahaan. Namun dia menolak mengomentari hal tersebut. Karyawan yang terkena dampak diberitahukan pada Rabu pagi, meskipun prosesnya mungkin berbeda untuk pekerja di luar Amerika Utara.

Baca juga: Meta Akan Rilis Pesaing ChatGPT Dari OpenAI Pada Akhir 2023

Sebelumnya Sudah Pernah Mengumumkan PHK 11.000 Karyawan

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bulan lalu bahwa perusahaan akan memberhentikan dan merestrukturisasi tim tekniknya pada akhir April, diikuti oleh pemotongan untuk mendukung peran komersial di akhir bulan.

Sekadar informasi, secara total Meta ingin memangkas 10.000 lowongan dan tidak akan mengisi 5.000 lowongan yang sebelumnya diisi oleh karyawan baru. Maret lalu, Zuckerberg mengisyaratkan bahwa PHK akan berdampak tidak proporsional pada staf pendukung bisnis.

Alasannya adalah penyeimbangan ulang menciptakan rasio optimal antara insinyur dan peran lain untuk memastikan perusahaan tetap berada di garis depan teknologi. PHK baru terjadi setelah Meta memangkas 11.000 karyawan, atau 13% dari total staf Meta. Meta juga berencana mem-PHK 10.000 pekerja karena pengurangan staf.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Tech Industry

Unbox.id – Perusahaan induk Instagram dan WhatsApp, Meta, saat ini tengah terlilit masalah hukum di Amerika Serikat. Pasalnya, Komisi Perdagangan Federal (FTC) menuduh perusahaan...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Social Media

Unbox.id – Meta akhirnya menambahkan fitur untuk melihat percakapan yang sedang trending di Threads. Aplikasi pesaing Twitter tersebut merilis fitur Trending Now untuk semua...