Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Menkominfo Budi Arie Setiadi Sebut Kominfo Ada Masalah

Menkominfo Budi Arie Setiadi_1a
Menkominfo Budi Arie Setiadi. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menyebut Kominfo Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi ditunjuk menggantikan Johnny G. Plate yang tersangkut kasus korupsi BTS 4G BAKTI. Setelah menjabat dan mendapat pertanyaan dari media, terkait berbagai isu yang saat ini berada di bawah pengelolaan Kementerian Informasi dan Komunikasi. Contohnya adalah kebocoran data, konten media sosial yang negatif, dan lain-lain. Budi Arie mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki segunung masalah yang harus dihadapi.

Permasalahan Kebocoran

“Ya jadi nanti (ketika ditanya masalah kebocoran data, dll) Kominfo ini segunung masalah, banyak masalah, yang terakhir seperti itu, kita belum banyak bicara tentang cloud, IoT, artificial intelijen,” kata Budi Arie.

Sementara itu, saat ditemui di Gedung Kominfo usai serah terima Plt Menkominfo Mahfud MD, Budi Arie mengatakan, setelah mendapat cerita dari Sekjen Kominfo Mira Tayyiba dan Menkopolhukam Mahfud MD, dirinya menyadari tugas pengabdiannya sebagai Menkominfo berat.

Dia bahkan menyebutkan bahwa akan memusingkan jika kamu melakukan quest sendirian. Karena itu, dia merasa beruntung Presiden Jokowi juga menunjuk Wakil Menteri Informasi dan Komunikasi Nerza Patria untuk memimpin Kementerian Informasi dan Komunikasi.

“Tugas Kominfo sudah berat, Sekjen baru bilang oh, berat sekali. Untung Wamen mau bantu, kalau sendiri agak bingung berurusan dengan media sosial dan lain-lain, worth it semua,” ucapnya. Menkominfo Budi Arie mengatakan, meski tugas dan tantangannya berat, namun timnya optimistis dan bergerak maju dengan cepat.

“Menurut pimpinan Menko (bekerja di Kominfo) tantangannya berat sekali, tapi kita optimis dan cepat bertindak. Yang bermasalah mari kita selesaikan masalahnya, kita semua yang tidak bermasalah harus menyelesaikan masalahnya kata Budi Arie.

Pembangunan Infrastruktur Digital

Menkominfo Budie Arie Setiadi_2b

Menkominfo dan Wamenkominfo. (Sumber: Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Menurut Budi Arie, pengembangan infrastruktur digital menjadi salah satu arah utama yang harus ditempuh Presiden Jokowi. “Yang pertama adalah pengembangan infrastruktur digital,” ujar Budi Arie.
Meski begitu, dia dan Kominfo belum bisa memastikan berapa BTS 4G yang bisa diselesaikan tahun ini.

Stasiun BTS 4G sendiri merupakan bagian penting dari infrastruktur telekomunikasi digital. Budi Arie, President of Projo Volunteers, mengatakan: “Kenyataannya pembangunan BTS dengan jaminan bandwidth untuk masyarakat harus dilakukan secepatnya, baik dari segi kuantitas, tujuan.

Pengawasan Platform dan Media Sosial

Budi Arie mengatakan pekerjaan lain yang menjadi fokusnya di Kominfo adalah memantau konten media sosial. “Kontrol platform, dari hoax, konten negatif dan sebagainya,” kata Budi. Menurutnya, platform yang mengganggu publik harus dibersihkan. Salah satu hal yang dibahasnya adalah perlunya memantau konten yang mengganggu.

Ia mengatakan, untuk penyiaran, ada KPI yang melakukan fungsi monitoring. Namun tidak demikian halnya dengan media sosial.

Budi Arie mengatakan: “Walaupun saat ini banyak sekali bentuk konten yang mengganggu, seiring perkembangan teknologi. Mungkin seiring berjalannya waktu, akan dibutuhkan penjaga seperti jejaring untuk memantau jejaring sosial, termasuk manajemennya”.

Baca juga: Industri Telko Sambut Pelantikan Menkominfo Budi Arie Setiadi

Pengembangan Ekosistem Digital

Membangun dan mengembangkan ekosistem digital merupakan fokus dari tiga tugas yang harus dilakukan oleh Menkominfo. Ekosistem digital yang ditargetkan berkisar dari e-commerce, startup hingga perlindungan data pribadi.

Soal perlindungan data pribadi, misalnya, Budi Arie mendengar persoalan terkait kebocoran data NIK 300 juta.

“Walaupun jumlah penduduk Indonesia hanya 270 juta. Itu misi kita, kita akan segera berbagi misi itu,” ujarnya. Startup dan ekosistem digital juga akan menjadi fokus perhatian Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Ia menyebutkan perlunya mendorong dan mempromosikan startup agar mampu bersaing secara regional dan global.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Pemilihan umum yakni pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024, DPD, DPRD provinsi, DPRD kota/pemerintah, dan DPR RI tahun 2024 akan dilaksanakan...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...