Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Mengetahui Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Solusinya

Laptop Mati Sendiri
Penyebab Laptop Mati Sendiri | foto: Tech News Today

Jakarta, Unbox.id – Ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya laptop mati sendiri saat Anda gunakan untuk beraktivitas. Hal ini tentu sangat mengganggu dan meresahkan, mengingat biaya perawatan itu sendiri kadang-kadang mahal.

Dalam Artikel ini, Unbox akan mencoba untuk mengulas 3 penyebab laptop mati sendiri dari berbagai sumber. Selain itu, pada paragraf paling bawah Unbox juga menyediakan solusi sederhana sebelum Anda bisa membawanya ke tempat servis terdekat.

1 Panas Berlebih Alias Overheat Sebabkan Laptop Mati Sendiri

Kemungkinan pertama yang menjadi penyebab laptop mati mendadak adalah kondisi mesin yang terlalu panas. Kondisi panas berlebih alias Overheat ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti memakai sambil mengisi daya, atau menjalankan aplikasi yang berat.

Baca juga: Galaxy Z Tab, Inovasi Tablet Lipat Pertama Samsung, Simak Infonya

Jika keadaan ini Anda abaikan, maka resikonya adalah laptop mati sendiri. Kemudian, akibat yang paling buruk dari kondisi ini yaitu kerusakan pada RAM dan sistem operasi. Sebab, pada dasarnya mematikan perangkat itu harus dengan proses shut down.

2 Terdapat Debu yang Menyumbat Kipas

Kemungkinan kedua ini masih memiliki hubungan erat dengan kondisi yang pertama. Saat mesin terasa panas yang tidak wajar, Anda perlu mengecek kondisi kipas. Apakah kondisi kipas yang ada di dalam mesin tersumbat debu, kotoran, atau semacamnya.

Sebab, kipas memiliki peran yang sangat penting untuk membuang udara panas yang ada di dalam mesin. Jika kipas tidak berfungsi optimal, maka suhu panas yang ada di dalam tersebut bisa merusak komponen penting sehingga laptop mati sendiri.

3 Masalah Pada RAM

Ketiga, kemungkinan yang terjadi jika perangkat Anda mati dengan sendirinya adalah RAM yang bermasalah. Ini merupakan kemungkinan yang paling buruk. Sebaiknya, Anda periksa sistem operasi, aplikasi apa yang ada di dalam komputer sehingga membebani RAM.

Baca juga: Ini Dia Aksesoris Gaming Yang Wajib Untuk di Smartphone

Jika tidak, masalah tersebut akan menyebar hingga sistem operasinya rusak. Anda harus mengeluarkan biaya banyak untuk sekedar mengganti RAM yang ada di dalamnya.

Solusi Mengatasi Penyebab Laptop Mati Sendiri

Terakhir, sebagai solusi agar tidak terjadi kendala seperti paparan di atas, Anda harus lebih sering memperhatikan penggunaan perangkat. Apakah penggunaan tersebut terlalu sering tanpa pernah Anda bersihkan dari debu?

Sekali-sekali, Anda juga harus membersihkan bagian-bagiannya, seperti keyboard, kipas, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga tidak boleh sembarangan mengunduh file asing dari internet agar terhindar dari malware yang menyebabkan kerusakan sistem komputer.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Merek ponsel anak muda Poco berjanji akan menghadirkan performa luar biasa pada setiap smartphone besutannya. Hal ini dicapai berkat besarnya kapasitas RAM...

Tech News

Last updated on 22 November, 2023 Jakarta, Unbox.id – Laptop adalah alat yang kita gunakan setiap hari untuk pekerjaan, belajar, dan hiburan. Namun, seringkali...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Perawatan dalam menggunakan smartphone atau ponsel pintar saat ini masih penting untuk dilakukan. Meski tipe ponsel pintar saat ini terbilang lebih...

Hardware

Unbox.id – RAM adalah bagian penting atau lebih tepatnya komponen perangkat komputer. Tidak hanya di komputer PC, RAM juga dibutuhkan di banyak perangkat elektronik...