Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

3 Kebiasaan Penyebab Smartphone Anda Cepat Rusak

Smartphone
3 kebiasaan buruk yang sebabkan smartphone cepat rusak | foto: Time to Log Off

Jakarta, Unbox.id – Perawatan dalam menggunakan smartphone atau ponsel pintar saat ini masih penting untuk dilakukan. Meski tipe ponsel pintar saat ini terbilang lebih awet dan tahan banting, tetap perlu mengetahui perawatan yang baik agar awet dalam waktu lama.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang sering terjadi di kalangan pengguna smartphone, yang mungkin salah satunya sering Anda lakukan. Berikut di bawah ini adalah kebiasaan-kebiasaan buruk saat menggunakan ponsel pintar.

1. Memakai Charger Smartphone Sembarangan

Setiap ponsel pintar alias smartphone memiliki kapasitas daya yang bervariasi. Mulai dari yang kapasitasnya rendah, menengah, hingga besar. Semakin canggih ponselnya, biasanya kapasitas daya ponsel akan semakin besar pula, untuk menunjang kinerja ponsel.

Baca juga: Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Bisa Posting di Instagram

Dengan kata lain, setiap ponsel memiliki tipe kabel dan adaptor pengisi dayanya masing-masing. Agar baterai ponsel Anda tidak cepat rusak, sebaiknya membeli charger pengisi daya yang sesuai dengan tipe smartphone Anda.

2. Menggunakan Ponsel secara Berlebihan

Smartphone memiliki kemampuan dalam pengoperasian sistemnya masing-masing, tergantung dengan tipe dan kapasitas RAM yang ia miliki. Namun, setiap ponsel memiliki batasan penggunaan yang harus Anda ketahui, termasuk pada ponsel Anda.

Baca juga: Twitter Kenalkan Verifikasi Diri Pakai Kartu Identitas Untuk User Premium

Biasanya, ponsel akan memberi peringatan khusus tentang indeks penggunaan setiap hari, pekan, atau bulanan. Selama indikator tersebut mengatakan aman, Anda dapat menggunakannya dengan bijaksana. Tidak memakai aplikasi terlalu banyak atau menggunakannya dalam waktu terlalu lama.

3. Menggunakan Ponsel saat Pengisian Daya

Saat ponsel berada di fase pengisian daya atau charge, baterai sangat rawan untuk bekerja lebih keras ketimbang saat berada di fase normal. Untuk itu, perlu Anda perhatikan baik-baik saat menggunakannya sementara baterai dalam pengisian.

Setidaknya, Anda dapat mengistirahatkannya hingga daya benar-benar terisi penuh. Pastikan untuk mengisi daya saat indikator baterai berwarna merah, yakni 15 persen. Jangan biarkan ponsel terlalu lama berada terpasang dengan port pengisi daya.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Anda menikmati bermain game selama berjam-jam, terutama jika Anda bermain di bawah sinar matahari. Jika Anda ingin menerapkan kebiasaan ini, HP akan...

Motorola

Jakarta, Unbox.id — Menyusul debut internasionalnya, Motorola telah meluncurkan smartphone andalan terbarunya, Edge 50 Ultra, di pasar India. Kini ini merupakan penawaran paling premium...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Baru bulan lalu Sony meluncurkan ponsel pintar andalan mereka, yaitu Xperia 1 VI. Ponsel pintar terbaru yang rilis tersebut memiliki aspek...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Nio sedang mempersiapkan Hari Inovasi tahunannya yang kedua, dengan nama Nio IN 2024. Menyusul kesuksesan acara perdananya pada tahun 2023, yang...