Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ponsel Poco Janjikan Semua Smartphone Punya RAM Besar

Smartphone Poco_1a
Smartphone Poco. (Sumebr: China Tech Mobile)

Unbox.id – Merek ponsel anak muda Poco berjanji akan menghadirkan performa luar biasa pada setiap smartphone besutannya. Hal ini dicapai berkat besarnya kapasitas RAM yang dimiliki setiap smartphone Poco. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa kapasitas atau besaran RAM mempengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan. Associate Direktur Pemasaran. Poco Indonesia Andi Renreng mengatakan RAM merupakan salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah ponsel. “Tentunya semakin besar kapasitas RAM maka semakin baik. Sebaliknya, kapasitas RAM yang kecil dapat menghambat performanya meski prosesor ponsel Android sudah kencang,” kata Andi mengutip pernyataan Poco. Itulah sebabnya, menurut keterangan Andi, Poco selalu berusaha menyediakan kapasitas RAM yang cukup agar kinerjanya smartphone mereka adalah yang tertinggi di kategorinya.

Tentang RAM Yang Harus Diketahui

Ponsel Poco_2b

Ponsel Poco. (Sumber: Info Techno)

RAM menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan orang ketika ingin membeli sebuah smartphone. Kebanyakan orang akan bertanya-tanya berapa banyak RAM yang dimiliki suatu perangkat sebelum memutuskan untuk membelinya.

Mengingat pentingnya kapasitas RAM bagi kinerja smartphone, apa sebenarnya RAM itu dan bagaimana cara kerjanya? Masih menurut keterangan Poco, RAM yang disebut juga Random Access Memory merupakan jenis memori dengan karakteristik cepat.

Cara Kerja RAM

Cara kerjanya, saat smartphone dihidupkan, aplikasi beserta data lain yang belum dijalankan/diakses akan tersimpan. Aplikasi yang ketika dijalankan akan ditempatkan pada RAM.

Dari sini terlihat bahwa RAM merupakan memori yang diperuntukkan untuk menampung aplikasi dan data lain yang sedang dijalankan/diakses. Ketika aplikasi tidak lagi aktif, aplikasi tersebut akan dihapus dari RAM. Oleh karena itu, RAM sering juga disebut memori sementara.

Secara arsitektural, RAM ditempatkan di antara prosesor (chipset) dan penyimpanan untuk menghubungkan kerja kedua komponen tersebut. Artinya sistem operasi pun demikian. segi aplikasi dan data – data lain yang akan diproses oleh CPU akan disiapkan oleh RAM dengan cara membaca atau mengambilnya dari penyimpanan. Dengan cara ini, CPU dapat dengan mudah membaca/mengakses data di RAM.

Proses ini lebih cepat dan efisien dibandingkan jika CPU harus mengambil data dari penyimpanan, yang lebih cepat dibandingkan CPU. Akses ke RAM jauh lebih cepat. lebih rendah dan isinya tercampur dengan data yang tidak ingin digunakan.

Jika diibaratkan, RAM adalah sebuah saku di dalam baju atau celana, sedangkan memori mengingat smartphone adalah sebuah tas ransel. Oleh karena itu, mencari dan mengambil barang yang diinginkan dari tas akan jauh lebih cepat daripada dari ransel.

Baca juga: Cara Lacak Dan Kunci Ponsel Poco Yang Hilang

Pengaruh Kapasitas RAM Untuk Smartphone

Ponsel Poco_3c

Ponsel Poco. (Sumber: Comtech)

Karena data akan diproses oleh prosesor, disebut juga chipset, yang terletak di dalam RAM, maka semakin besar jumlah RAM maka semakin banyak pula data yang tersedia untuk diproses. Hal inilah yang membantu meningkatkan performa smartphone.

Sebaliknya, jika RAM kecil, data yang tidak muat di RAM harus diantri sebelum siap diproses oleh prosesor. Oleh karena itu, ketika antrian semakin panjang, ponsel bisa saja tertinggal. Aplikasi yang sedang berjalan ditempatkan di RAM agar lebih siap ketika pengguna tiba-tiba membukanya. Inilah sebabnya mengapa RAM yang besar menguntungkan untuk multitasking.

Inilah sebabnya jumlah RAM yang lebih besar memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. Saat satu aplikasi dibuka, RAM juga mengingat riwayat dan alamat pengguna. beroperasi di dalamnya. Dengan begitu, membuka kembali aplikasi nanti atau menjalankan fitur aplikasi yang sudah dijalankan akan jauh lebih cepat.

Jadi semakin besar jumlah RAM maka akan semakin banyak pula yang diingatnya. Game tersebut membutuhkan RAM yang besar agar dapat dijalankan dan dijalankan karena data game tersebut diproses oleh CPU atau GPU.

Jika merupakan game 3D, tentu saja datanya akan lebih besar sehingga membutuhkan lebih banyak RAM yang lebih besar. sehingga pengguna dapat memainkan game dengan lancar.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Poco kembali memanjakan para penggemarnya melalui event Poco Double Date Sale 6.6. Pada acara yang digelar pada 5 hingga 8 Juni 2024...

Poco

Unbox.id – Poco terus menggebrak pasar smartphone dengan ponsel berperforma tinggi dengan harga terjangkau. Kali ini ada bocoran informasi terbaru mengenai ponsel barunya, Poco...

Tech Industry

Unbox.id – Setelah sekian lama dinanti, Poco akhirnya meluncurkan tablet pertamanya. Tablet bernama Poco Pad ini menawarkan hiburan seru sekaligus meningkatkan produktivitas penggunanya. “Hari...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Sub-merek Xiaomi Poco akan meluncurkan seri ponsel barunya Poco F6 dan Poco F6 Pro hari ini. Peluncuran Poco F6 Series berlangsung di...