Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Ketahui Langkah Tepat Membersihkan Kipas Laptop Anda

Laptop MSI_1a
Laptop MSI. (Sumber: Firstpost)

Last updated on 22 November, 2023

Jakarta, Unbox.id – Laptop adalah alat yang kita gunakan setiap hari untuk pekerjaan, belajar, dan hiburan. Namun, seringkali kita lupa untuk merawatnya, terutama bagian yang sering terabaikan seperti kipas laptop. 

Kipas laptop memiliki peran penting dalam menjaga suhu laptop agar tetap stabil, mencegah overheating, dan menjaga performa optimal. Oleh karena itu, membersihkan kipas laptop secara rutin merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan laptop Anda.

Baca juga: Mengenal Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy Buds FE

Pertama-tama, pastikan laptop sudah dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber daya listrik. Setelah itu, siapkan beberapa peralatan, seperti obeng kecil, kuas lembut, dan kaleng udara terkompresi. Mulailah dengan membuka penutup kipas laptop. 

Langkah-langkah Tepat Membersihkan Kipas Laptop

Untuk melakukannya, periksa petunjuk pengguna laptop atau cari panduan online sesuai dengan model laptop Anda. Setelah penutup terbuka, gunakan kaleng udara terkompresi untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kipas. 

Semprotkan udara dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada komponen lainnya. Pastikan untuk memegang kipas agar tidak berputar ketika membersihkannya. Kaleng udara terkompresi akan membantu mengeluarkan debu di luar jangkauan kuas pembersih.

Baca juga : Paling Canggih di Kelasnya! Ini Hasil Foto Golf Aesthetic di Kondisi Low Light dengan Galaxy Z Fold5 ala Fotografer Handal

Selanjutnya, gunakan kuas lembut untuk menyikat sisa-sisa debu yang mungkin masih menempel pada kipas. Lakukan dengan lembut agar tidak merusak baling-baling kipas atau bagian lainnya. Pastikan untuk membersihkan area di sekitar kipas juga, karena debu dapat menumpuk di sana dan mempengaruhi aliran udara.

Membersihkan Bagian Terpenting

Jangan lupa untuk memeriksa sisi luar laptop dan ventilasi lainnya. Bersihkan dengan lembut menggunakan kuas dan kaleng udara terkompresi. Ventilasi yang bersih akan membantu udara bersirkulasi dengan baik, mengoptimalkan kinerja kipas.

Membersihkan kipas laptop seharusnya terlaksana secara rutin, misalnya setiap enam bulan sekali. Hal ini akan membantu menjaga laptop Anda tetap dingin, menghindari masalah overheating, dan memperpanjang umur pakai laptop secara keseluruhan. 

Dengan sedikit perawatan rutin, Anda dapat memastikan laptop tetap berkinerja optimal dan siap Anda gunakan setiap saat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Infinix

Jakarta, Unbox.id  — Setelah banyak penggemar yang menantikan inovasi perangkat gaming terbaru dari Infinix, akhirnya mereka memberikan jawaban yang melegakan. Merk pengembang produk gadget...

HP

Jakarta, Unbox.id — Produsen gadget asal Amerika Serikat, HP, baru saja meluncurkan perangkat terbaru mereka dengan nama mobile workstation ZBook Power 16 G11. Perangkat...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — Setelah kemunculan AI Copilot beberapa waktu lalu, Microsoft mulai mengintegrasikan tombol khusus di perangkat Surface terbarunya. Ia adalah perangkat laptop khusus...

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...