Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Malaysia Akan Tuntut Meta Untuk Konten Berbahaya di Facebook

Meta Malaysia_1a
Meta di Malaysia mendapat ancaman tuntutan dari Pemerintah Malaysia akibat adanya konten berbahaya di platformnya. (Sumber: AP News)

Unbox.id – Malaysia akan mengambil tindakan hukum terhadap platform super induk Facebook karena tidak menghapus konten atau postingan jahat yang tidak diinginkan. Pemerintah Perdana Menteri Anwar Ibrahim telah berjanji untuk menahan diri dari apa yang disebutnya pesan-pesan provokatif yang menyentuh ras dan agama sejak berkuasa pada November 2022. Khususnya, Anwar Ibrahim memenangkan pemilu di negara Asia Tenggara itu, tetapi hal ini telah meningkatkan ketegangan etnis. “Facebook baru-baru ini dibanjiri dengan sejumlah besar konten yang berkaitan dengan ras, royalti, agama, pencemaran nama baik, peniruan identitas, perjudian online, dan iklan yang menipu.”, Multilateral and Communications Commission Malaysian convenience mengatakan dalam sebuah pernyataan, dikutip oleh Engadget.

Petinggi Meta Terancam Dituntut

Undang-undang juga mengizinkan pejabat atau direktur perusahaan (Meta) untuk dituntut karena “secara sadar menyediakan sarana dan dukungan kegiatan kriminal” jika tindakan segera tidak diambil.

Ras dan agama adalah masalah pelik di Malaysia, yang memiliki mayoritas Muslim serta minoritas negeri Tiongkok dan India yang signifikan. Komentar tentang keluarga kerajaan yang dihormati negara juga merupakan masalah sensitif, dan komentar negatif terhadap mereka dapat diadili berdasarkan undang-undang penghasutan.

Tindakan terhadap Facebook dilakukan hanya beberapa minggu sebelum pemilu di enam negara bagian yang diperkirakan akan mengadu koalisi multietnis Anwar dengan koalisi konservatif Muslim Melayu.

Facebook adalah platform media sosial terbesar di Malaysia, dengan sekitar 60% dari 33 juta penduduk negara itu memiliki akun terdaftar.

Meta Cabut Konten Berita dari Facebook dan Instagram di Kanada

Meta Malaysia_2b

Selain di Malaysia, Meta juga mencabut beberapa konten berita di platformnya seperti salah satunya di Kanaca. (Sumber: Liputan6.com)

Sebelumnya, Meta mengumumkan akan menghapus konten berita di Facebook dan Instagram dari semua pengguna di Kanada sebelum Undang-Undang Berita Online (Bill C-18) diberlakukan di negara tersebut.

“Kami mengonfirmasi hari ini bahwa penyediaan berita di Facebook dan Instagram untuk semua pengguna di Kanada akan dihentikan sebelum Undang-Undang Berita Online (Bill C-18) berlaku,” kata pemberitahuan itu.

Menurut Meta, untuk mematuhi Bill C-18 yang akan disahkan oleh Parlemen Kanada pada 22 Juni 2023 waktu setempat, konten media, termasuk penerbit dan penyiar, tidak lagi tersedia di sana. Mengutip blog resminya, Jumat (23 Juni 2023), perubahan ini tidak akan memengaruhi produk seperti Instagram dan Facebook bagi pengguna di Kanada.

Selain itu, Meta mengklaim untuk terus berjuang melawan kesalahan informasi dan telah membangun jaringan pengecekan fakta global, bermitra dengan lebih dari 90 pemeriksa fakta independen di seluruh dunia. “Pemeriksaan keaslian akan dilanjutkan untuk sisa konten yang tersedia di Kanada,” tulis perusahaan induk Facebook.

Di masa lalu, Meta benar-benar melakukan pengujian untuk menyesuaikan konten berita dengan sejumlah kecil pengguna di Kanada, sebagai tanggapan terhadap Undang-Undang Berita Online.

Mengutip The Verge, ABC News melaporkan, tes tersebut diperkirakan akan memengaruhi 1-5% pengguna Facebook dan Instagram di Kanada.

Baca juga: Meta Akan Rilis Pesaing ChatGPT Dari OpenAI Pada Akhir 2023

Lakukan Uji Coba Pembatasan Konten Berita

Pengguna platform Meta yang terpengaruh tidak akan dapat melihat atau berbagi konten berita di media sosial. Media Kanada dan internasional juga akan terpengaruh.

“Kami telah membuat keputusan sulit bahwa setelah undang-undang yang cacat ini disahkan, kami harus berhenti menyediakan konten berita di Facebook dan Instagram di Kanada,” kata Presiden Urusan Global Kanada, Nick Glegg, bulan lalu.

Di bawah aturan, yang dikenal sebagai Bill C-18, platform seperti Meta dan Google harus bernegosiasi dengan penerbit berita Kanada untuk membayar akses konten.

Mengutip Engadget, undang-undang tersebut dirancang untuk mengatasi penurunan dramatis dalam pendapatan iklan yang dialami media Kanada selama dua dekade terakhir.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...