Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Ketahui Letak Perbedaan TV Analog dan TV Digital

TV Digital_1_1
Ketahui apa saja perbedaan antara TV Analog dan juga TV Digital yang sedang ramai oleh masyarakat Indonesia pada saat in. (Sumber: Kemenkominfo)

Unbox.id – Pada saat ini, penyiaran televisi di Indonesia telah mengalami kemajuan dan juga perkembangan yang cukup signifikan dalam penyiarannya tersebut. Dalam hal ini, para penggunanya bisa merasakan perubahan tersebut di mana belum lama ini penyiaran Indonesia sendiri mengalami perubahan atau migrasi dari TV Analog menuju TV Digital. Kehadiran dari TV Digital memang jadi salah satu kewajiban yang perlu diikuti oleh seluruh lapisan komponen masyarakat yang mampu hadirkan gambar maupun kualitas penyiaran yang jauh lebih baik dibandingkan pada TV Analog yang sudah hadir terlebih dahulu bagi penyiaran Televisi di Indonesia. Lantas dengan adanya hal tersebut, apa saja perbedaan antara TV Analog dan juga TV Digital yang menarik untuk diketahui? Agar mampu mengetahui letak perbedaannya, simak informasinya di bawah ini.

Jenis Sinyal Yang Digunakan

TV Digital_1_2

Pada bagin antara analog maupun digital, jenis sinyal yang digunakan memiliki perbedaan dalam bagian sinyalnya. (Sumber: Suara Merdeka)

Salah satu hal yang mendasar dan memiliki perbedaan dalam penggunaan antara TV Analog dan juga TV Digital adalah pada bagian jeni sinyal yang digunakan dalam menangkap saluran siaran pada televisinya itu. Untuk siaran TV Analog, jenis sinyalnya sendiri disebarkan lewat sinyal radio. Sinyalnya ini terbagi dua dalam format audio dan juga vide. Untuk format video ditransformasikan dengan dengan gelombang AM, sementara untuk format audio akan menggunakan gelombang FM.

Sementara untuk TV Digital, sinyalnya sendiri menggunakan bit atau yang disebut juga dengan data informasi. Pada jenis sinyal di TV Digital, para penggunanya akan dibawa seluruh datanya secara sekaligus tanpa adanya pembagian sinyalnya tersebut. Selain itu, sinyal pada TV digital ini akan diproses lewat menggunakan kode binar 1 dan juga 0 yang bisa diterjemahkan antara audio maupun video.

Perbedaan Transmisi Sinyal

Perbedaan lainnya yang ada diantara kedua saluran TV tersebut adalah pada transmisi sinyalnya. Transmisi sinyal digital, di sini terdapat dua cara yaitu Interlaced dan juga Progressive. Pada bagian ini, metode Interlaced di bagian gambarnya akan dipindai pada urutan ganjil dan juga genap secara terpisah dan ditampilkan secara bergantian. Sementara untuk Progressive, terdapat perbedaan dari Interlaced.

Untuk Progressive, gambarnya sendiri akan dipindai dalam urutan ganjil dan juga genap di bagian televisinya secara bersamaan yang berbeda dibandingkan dengan Interlaced.

Baca juga: Cara Cari Siaran TV Digital Dengan Set Top Box

Resolusi Pada Bagian Gambar

TV Digital_1_3

Kualitas gambar pada telvisi digital bisa dikatakan jauh lebih cerah dan tajam dibandingkan dengan televisi analog. (Sumber: Suara Merdeka)

Hal lainnya yang memiliki perbedaan yang ada dari antara kedua hal tersebut adalah pada bagian resolusi pada bagian gambarnya yang ditampilkan pada layar televisinya itu. Perlu diketahui bahwa TV Digital mempunyai kualitas resolusi jauh lebih besar dibandingkan TV Analog pada biasanya. Bahkan, pada digital sendiri sudah didukung dengan format resolusi High Definition (HD) hingga 4K pada tampilan layar resolusinya itu.

Dengan gambar yang dihasilkan bisa lebih tajam tersebut, jelas bahwa kualitas digital pada TV tersebut memiliki resolusi yang lebih nyaman dan penuh warna pada layar yang ditampilkan pada televisi penggunanya saat sedang menonton acara siarannya tersebut.

Baca juga: Rekomendasi STB Pendukung Siaran Digital Untuk TV Analog

Punya Format Gambar Lebih Baik

Hal lainnya yang memiliki perbedaan antara televisi digital dan juga dengan televisi analog adalah pada bagian format gambar yang dimunculkan pada bagian layar televisinya tersebut. Pada bagian TV Digital, para penggunanya bisa mendapatkan bandwith yang lebih luas dibandingikan dengan TV Analog. Dengan adanya hal itu, maka para penggunanya bisa mendapatkan visual siaran yang lebih luas pada sudut pandangnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Perkembangan penyiaran di Indonesia telah mencapai satu titik yang lebih maju dibandingkan sebelumnya. Dalam hal ini, masyarakat Indonesia belum lama ini sudah...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Android TV box adalah merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat mengubah TV Anda menjadi smart TV. Sama seperti namanya, TV box...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Dalam waktu dekat, siaran televisi analog yang ada di masyarakat saat ini akan segera beralih ke televisi digital. Pemerintah telah memberi...