Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

4 Rekomendasi Android TV Box Terbaik

Xiaomi Mi Box-S (sumber: xiaomiplanet.sk)
Xiaomi Mi Box-S (sumber: xiaomiplanet.sk)

Jakarta, Unbox.id – Android TV box adalah merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat mengubah TV Anda menjadi smart TV. Sama seperti namanya, TV box ini menggunakan sistem operasi yang sama seperti Android. Namun, sistem operasi yang digunakan biasanya merupakan versi yang lebih lama daripada smartphone, yakni di bawah Android 10.

Umumnya, Android TV box sudah dilengkapi dengan fitur Google Assistant dan Chromecast. Fitur Google Assistant memungkinkan Anda untuk memberikan perintah atau input menggunakan suara. Sementara itu, Chromecast digunakan untuk melakukan mirroring dari layar HP ke TV Anda. Dengan begitu, Anda dapat menampilkan presentasi ataupun video conference ke layar yang lebih.

Fungsi dari Android TV Box ini yakni memungkinkan Anda untuk bisa mengunduh aplikasi, menonton saluran TV lokal atau luar negeri, hingga streaming Netflix dan YouTube. Selain itu, beberapa produk tertentu juga memungkinkan Anda untuk dapat terhubung ke saluran kabel premium tanpa biaya tambahan. Apabila Anda menggunakan alat ini pada smart TV, perangkat ini akan meningkatkan kemampuan TV Anda sesuai fitur yang ditawarkannya.

Baca juga: 6 Aplikasi Untuk Nonton TV Online di Android

Dengan harga yang cukup terjangkau namun memiliki fitur yang canggih, saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan Android TV Box. Terlebih lagi, mereka juga tentu sudah sangat familiar dengan tampilan antar mukanya karena sistem operasinya sama seperti smartphone Android.

Oleh karena itu, berikut adalah informasi mengenai 4 rekomendasi Android TV Box yang dapat menjadi referensi Anda.

Xiaomi Mi Box-S

Xiaomi Mi Box-S (sumber: xiaomiplanet.sk)

Xiaomi Mi Box-S (sumber: xiaomiplanet.sk)

Xiaomi tak hanya dikenal sebagai produsen smartphone saja, melainkan banyak produk lain besutan mereka seperti diantaranya seperti smartwacth, speaker, smart TV, bahkan mesin cuci. Mereka juga turut meramaikan pasar Android TV Box dengan Android TV yang diberi nama Xiaomi Mi Box-S.

Android TV Box besutan Xiaomi ini sudah mendukung 4K 3840×2160 px. Tentunya dengan resolusi tersebut Android TV Box ini dapat menghasilkan gambar yang sangat baik.

Xiaomi Mi Box-S juga sudah dibekali dengan Voice Bluetooth remote dan juga Voice Search sehingga hal tersebut akan memudahkan Anda tanpa perlu mengetik. Selain itu, terdapat juga fitur Dolby Premium yang dapat memanjakan telinga Anda.

Xiaomi Mi Box-S ini dibanderol dengan harga sekitar 700 ribuan saja.

H96 Max RKK 3318

H96 Max RKK 3318 (sumber: androidpctv.com)

H96 Max RKK 3318 (sumber: androidpctv.com)

Android H96 Max RKK318 merupakan Android TV Box yang sudah menyediakan aplikasi bawaan untuk menonton TV lokal, luar negeri, hingga drama dan film.

Untuk spesifikasinya, Android TV ini sudah dibekali dengan OS Android 9.0, Chipset RK3318 Quad-Core 64bit Cortex-A53, GPU Penta-Core Mali-450 hingga 750Mhz, dan ditambah FLASH EMMC 64GB, SDRAM 4GB DDR3.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan keyboard atau mouse melalui port USB yang disediakan. Terdapat juga ribuan aplikasi Android dan game yang dapat Anda unduh.

H96 Max RKK318 ini dibanderol dengan harga sekitar 500 ribuan saja.

Himedia M3 Quadcore 4K

Himedia M3 Quadcore 4K (sumber: iandroidtvbox.com)

Himedia M3 Quadcore 4K (sumber: iandroidtvbox.com)

Android TV Box Himedia M3 ini hadir dengan desain unik yakni berbentuk seperti bulan. Android TV ini juga dilengkapi dengan ruang udara yang membuat mesin tidak mudah panas.

Walaupun untuk sistem operasinya masih menggunakan Android 4.4, namun Android TV Box ini sudah dibekali dengan CPU ARM Cortex-A7 quad-core CPU+Mali-450 GPU, ditambah 1GB DDR3 RAM, 8GB eMMC sudah cukup cepat untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Baca juga: Google Rilis Android 13 Versi Beta 2, Simak Fitur Barunya

Selain itu, Himedia M3 ini juga sudah mampu untuk menampilkan Video dengan kwalitas 4K, untuk audionya, Android TV Box ini juga sudah didukung oleh DST Dolby TRUEHD atmos.

Himedia M3 Quadcore 4K ini dibanderol dengan harga sekitar 1 jutaan saja.

Nvidia Shield TV Pro

Nvidia Shield TV Pro (sumber: nvidia.com)

Nvidia Shield TV Pro (sumber: nvidia.com)

Nvidia merupakan salah satu produsen VGA terbaik yang biasa kita temukan pada laptop. Namun mereka juga turut meramaikan pasar Android TV Box dengan meluncurkan Nvidia Shield TV Pro.

Android TV besutan Nvidia ini dibekali dengan fitur canggih dan juga lengkap, salah satunya adalah sudah dibekali dengan prosesor Nvidia Tegra X1 yang tentunya sangat cocok untuk Anda yang gemar Game berat maupun penimat film dengan gambar yang memiliki kualitas tingi, ditambah dengan dukungan suara Dolby Atmos tentunya sangat memanjakan telinga.

Nvidia Shield TV Pro ini dibanderol dengan harga sekitar 3 jutaan.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: xiaomiplanet.sk, androidpctv.com, iandroidtvbox.com, nvidia.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Unboxing

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, produsen ponsel asal China, Xiaomi telah resmi meluncurkan perangkat laptop pertamanya dengan kemampuan 2 in 1. Perangkat tersebut memiliki...

Xiaomi

Jakarta, Unbox.id – Tahukah anda, ponsel flagship produksi Xiaomi tidak hanya di titik Xiaomi 12 Ultra saja, tetapi masih ada 12S serta 12S Pro....

Oppo

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang gemar bermain game, tentu Anda membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, terlebih jika Anda memainkan game yang...

Xiaomi

Jakarta, Unbox.id – Setelah meluncurkan generasi-generasi sebelumnya, Xiaomi bakal merilis lagi generasi terbaru dari Xiaomi Band yakni Mi Band 7. Mi Band sendiri adalah...