Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Pilihan List TV Digital Terbaik dan Termurah di Awal Tahun 2024

TV Digital_1a
TV Digital. (Sumber: Digital Network)

Unbox.id – Diketahui, Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mulai melaksanakan program konversi program televisi analog ke televisi digital (lihat jadwal konversi di sini). Salah satu keunggulan siaran televisi digital adalah memberikan kualitas gambar yang jernih dan tajam, termasuk dukungan audio yang jauh lebih jernih. Namun untuk dapat menikmatinya kita harus memiliki perangkat TV yang mendukung siaran digital (DVB-T2). Jadi, jika Anda berencana membeli TV baru, sebaiknya beli yang mendukung siaran digital. Oleh karena itu, pembelian dekoder DVBT2 tidak lagi diperlukan. Banyak TV digital juga yang murah, mulai dari jutaan Rupiah. Namun untuk sebuah TV digital dengan kualitas terbaik, harga 2 jutaan sepertinya sudah cukup untuk menunjukkan hal tersebut. Pasalnya di kisaran harga 2 jutaan terdapat TV digital LG dan TV digital Samsung. Untuk pilihan Daftar Harga, coba artikel ini. Kami memilih TV digital 32 inci, baik reguler maupun smart.

Aqua LE32AQT9200M

Aqua LE32AQT9200M_1a

Aqua LE32AQT9200M. (Sumber: Techno Insight)

Aqua LE32AQT9200M memiliki beberapa keunggulan salah satunya adalah mendukung fungsi Miracast yang dapat menghubungkan ponsel Anda ke TV melalui Smart View/Smart Connect tanpa memerlukan koneksi kabel atau internet.

Dengan ukuran layar 32 inci, Aqua ini Produk TV juga dilengkapi dengan tuner satelit digital (DVB -T/C+T2+S2) yang memungkinkan Anda menikmati berbagai program TV melalui jaringan satelit digital. Sementara itu, fungsi AVL secara otomatis mengatur volume sesuai telinga Anda.

Resolusi layarnya sendiri adalah HD 1280 x 720 piksel yang membantu menampilkan gambar jernih. Terdapat juga fungsi USB Movie untuk memutar film melalui USB.

Terdapat 2 port HDMI untuk membantu Anda terhubung dengan mudah ke perangkat lain. Aqua memberikan garansi resmi 5 tahun untuk panel dan 1 tahun untuk spare part. Harganya sekitar Rp 2,7 juta.

Samsung UA32T4500

Harga Rp 2.438.000, TV digital Samsung ini dirilis pada tahun 2020 namun masih layak untuk dimiliki. TV ini diluncurkan untuk meneruskan kesuksesan generasi sebelumnya, khususnya UA32N4300. Samsung UA32T4500 memiliki layar berukuran 32 inci dengan resolusi HD 1080 x 768 piksel. Gambar ditampilkan dengan jelas karena didukung mesin Hyper Real.

Suara juga tercipta cukup cepat berkat hadirnya Dolby Digital Plus. Tentunya hal ini akan menambah kenikmatan menonton film atau acara TV digital (DVB-T2).

Soal port koneksi, terdapat 2 slot HDMI, USB, RCA, antena, LAN dan output audio digital. Samsung memberikan garansi resmi 2 tahun untuk panel dan 1 tahun untuk suku cadang dan servis.

LG 32LM630

LG 32LM630_2b

LG 32LM630. (Sumber: Tech Market)

Seharga Rp 2.375.000, TV digital pertama yang mungkin bisa menjadi pilihan adalah LG 32LM630. Yang pasti mendukung siaran TV digital dan memberikan kualitas tinggi.

Untuk menampilkan gambar menggunakan teknologi Dynamic Color Enhancer dan mendukung teknologi HDR untuk kualitas gambar detail meski resolusinya masih sebatas HD 1366 x 768 piksel.

Tambahkan keseruan lainnya dengan Virtual Dome Plus dan Dolby Audio untuk suara yang lebih baik. Menonton acara TV digital atau YouTube terdengar lebih lengkap dengan suara yang jernih. TV digital ini dibekali prosesor quad-core dengan AI Smart dan berjalan pada sistem operasi webOS.

Soal port koneksi, terdapat 3 port HDMI (1 di belakang dan 2 di samping) dan 2 USB 2.0, semuanya terletak di samping.

Baca juga: Fitur Utama Berbasis AI Di TV OLED LG Evo G3

Polytron Cinemax PLD 32TV1855

Pilihan TV Polytron 32 inci yang kedua adalah Polytron Cinemax PLD 32TV1855. Tergantung jenisnya, TV seri Polytron Cinemax dilengkapi dengan tower speaker. Bukan sembarang speaker, namun juga didesain dengan teknologi elektro-akustik HiFi yang mampu menghasilkan bass dan treble solid serta suara vokal.

Polytron Cinemax PLD 32TV1855 juga mendukung program televisi digital sehingga Anda dapat menonton dengan kualitas gambar lebih jernih. tanpa harus memasang decoder.

TV digital ini juga dilengkapi dengan teknologi DIPE dan fungsi USB Multimedia. Harga TV Polytron 32 inci ini adalah Rp 2 jutaan (harga bisa berbeda-beda tergantung toko) dengan garansi resmi 5 tahun. Harganya saat ini sekitar Rp 1,7 juta.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Supertone Indonesia atau dikenal dengan SPC, perusahaan teknologi asal Indonesia, baru-baru ini memperkenalkan smart TV SPC ST65X dengan ukuran layar 65 inci....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi baru-baru ini meluncurkan Xiaomi TV S Mini LED di pasar Cina. Varian TV 75 inci kini telah tersedia di negara...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — ViewSonic telah meluncurkan monitor ultra lebar melengkung baru, VX4518, dengan layar besar 44,5 inci dengan rasio aspek 32:9. Monitor ini saat...