Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Jangan Sembarangan, Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

Unbox.id – Media sosial menjadi alat komunikasi yang banyak digunakan. Bahkan sebagian khususnya anak muda sudah memiliki media sosial. Namun, tentu saja media sosial memiliki keunggulan dan kekurangan. Ada dampak positif dan negatif yang didapatkan dari media sosial.

Dampak positif dari media sosial adalah membangun koneksi pertemanan, sebagai media promosi produk barang atau jasa dan media informasi mengenai hal terkini di seluruh dunia. Tapi, dibalik itu ada  dampak buruk yang mungkin ditimbulkan dari media sosial yaitu menciptakan candu. Ketika kita tidak bisa membatasi dalam bermain media sosial, maka ini akan berakibat buruk pada diri sehingga mudah merasa tidak percaya saat melihat kehidupan orang lain di dunia maya.

Maka dari itu, kita  harus lebih bijak dalam menggunakan media sosial supaya tetap mampu mengontrol diri:

Perhatikan Etika Berkomunikasi

Etika menjadi hal penting bukan hanya pada kehidupan nyata tapi dalam bermedia sosial. Sama halnya dalam media sosial, kita perlu memperhatikan dan menjaga etika ketika berkomunikasi. Tentu saja, jangan sampai saat kita  menggunakan medsos menyampaikan hal-hal yang kurang sopan dari berkomentar kasar atau mengandung unsur SARA.

Faktanya, walaupun tidak berkomunikasi secara langsung tapi kata-kata yang tertulis pada media sosial tetap memiliki potensi menyakiti perasaan orang lain. Maka, mulailah untuk  menghargai orang lain dengan menulis kata yang sopan dan layak.

Memilih Teman Yang Tepat dalam Media Sosial
Sekalipun kehadiran media sosial memang untuk memperluas pertemanan tapi bukan berarti tidak ada batasan pertemanan. Kehadiran media sosial akan membuat kita lebih mudah menemukan dan terkoneksi dengan berbagai orang dari seluruh penjuru dunia. Maka dari itu, kita tetap membutuhkan batasan dan bijak saat memilih teman di medsos. Ketika mungkin ada orang asing yang muncul dalam media sosial sebagai teman baru lebih baik perhatikan dulu profilnya. Tidak berbeda jauh dengan kita berkenalan dengan teman baru di dunia nyata tentu perlu membutuhkan waktu untuk mengenalnya.
Cara mudah untuk mendapatkan teman dengan pola pikir dan hobi yang sejalan dimulai dengan mengikuti komunitas disukai seperti memasak atau mengikuti akun-akun yang berkaitan. Dari situlah, kita akan lebih mudah berbagi ilmu dan membangun koneksi dengan teman baru. Tujuannya untuk menghindari akun atau pertemanan toxic yang dapat membuat kita merasa stres.

Tidak sembarangan posting sesuatu

Sebagai manusia tentu saja kita ingin saling berbagai cerita, ada banyak hal yang mudah dibagikan pada media sosial seperti mengunggah foto, video hingga kehidupan sehari-hari. Tetapi bukan berarti semua hal bisa diunggah secara sembarangan. Faktanya, semua yang terunggah melalui media akan masuk pada  jejak digital sehingga sulit dihilangkan.

Selain itu, dalam melihat dan mempertimbangkan mana konten  yang layak dikonsumsi publik dan tidak. Walaupun memang ada fitur privasi yang bisa dipakai, sehingga sebaiknya ada hal kita nggak bisa sembarangan diunggah melalui media sosial seperti masalah dan kehidupan pribadi. Bahayanya, kita akan menjadi sulit  mengenali siapa yang peduli atau tidak dengan masalahmu. Lebih baik batasi hal-hal tertentu dan berikan ruang hanya untuk orang-orang terdekatmu.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menurut informasi dari laporan terbaru, platform media sosial Instagram kini tengah menguji fitur baru di iOS. Fitur yang memungkinkan orang yang...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – TikTok baru-baru ini telah resmi merilis aplikasi baru untuk headset Vision Pro Apple. Versi aplikasi untuk perangkat AR tersebut membawa platform...

Social Media

Unbox.id – Pew Research Center telah merilis survei terbarunya mengenai penggunaan media sosial oleh orang dewasa di Amerika Serikat. Meskipun YouTube (khususnya) dan Facebook...