Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

iPhone 12 Beradiasi Tinggi, Bahaya?

Apple iPhone 12_1a
Apple iPhone 12. (Sumber: Indozone Tech)

Unbox.id – Setelah Prancis melarang penggunaan iPhone 12 karena masalah radiasi, Belgia kini mempertimbangkan untuk mempertimbangkan kembali masalah ini. Dilansir Reuters, Mathieu Michel, Menteri Negara Digitalisasi Belgia, mengatakan regulator Belgia sedang menyelidiki masalah tersebut menyusul tindakan Prancis. Tak hanya itu, ia juga meminta regulator mengkaji ulang seluruh produk Apple dan smartphone lainnya. Namun, dia juga menekankan bahwa Eropa berhati-hati dan tidak memiliki masalah keamanan yang mendesak. Diperkirakan akan semakin banyak negara di Eropa yang melarang penggunaan iPhone 12. Namun hingga saat ini, Komisi Eropa masih menunggu pendapat negara-negara Uni Eropa sebelum memutuskan menerapkan larangan tersebut.

Lolos Uji Radiasi 2021 Lalu

Apple iPhone 12_2b

Apple iPhone 12. (Sumber: Gadget Zone)

Negara-negara ini mempunyai waktu tiga bulan untuk menjawab pertanyaan ini. Namun, beberapa negara tidak akan mengambil tindakan apa pun saat ini. Apple membantah tuduhan Perancis terhadap produknya. Perusahaan mengatakan iPhone 12 telah diverifikasi oleh beberapa organisasi internasional dan memenuhi standar radiasi.

Faktanya, para peneliti telah melakukan berbagai penelitian selama dua dekade terakhir untuk mengevaluasi risiko kesehatan dari ponsel. WHO juga mengklarifikasi bahwa smartphone ini tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan penggunanya.

iPhone 12 berhasil lolos uji radiasi yang dilakukan oleh institusi Perancis pada tahun 2021. Regulator jaringan Jerman, BNetzA, menegaskan kembali bahwa tindakan Perancis dapat menjadi pedoman bagi Eropa. Jerman akan mempertimbangkan masalah pasar internal jika proses di Perancis berjalan cukup baik.

Mengambil Tindakan Atas Laporan Prancis Terkait Radiasi iPhone 12

Reuters melaporkan bahwa pengawas digital Belanda sedang menyelidiki laporan Prancis bahwa iPhone 12 melanggar batas paparan radiasi Uni Eropa.

Badan Frekuensi Nasional Prancis (ANFR) telah melarang penjualan iPhone 12 di negara tersebut. Setelah dilakukan pengujian, ditemukan bahwa tingkat penyerapan spesifik (SAR) ponsel lebih tinggi dari batas legal.

Sementara itu, konsumen OCU Spanyol menyerukan diakhirinya penjualan iPhone 12. Kementerian Perindustrian Italia mengatakan pihaknya sedang memantau situasi tersebut. Namun, belum ada tindakan yang diambil. Begitu pula dengan regulator telekomunikasi Portugal, ANACOM.

Mereka memantau dan menganalisis perkembangan melalui koordinasi dengan Perancis. Diperkirakan ada dua kemungkinan: Apple akan memperbaiki situasi, atau jika gagal, Brussels akan meminta negara-negara Uni Eropa untuk mengambil tindakan terkait.

iPhone 12 dinilai memenuhi standar keamanan saat diluncurkan di Inggris. Hingga saat ini, negara tersebut belum mengumumkan proyek apa pun menyusul keputusan Prancis.

Pendapatan Apple di Eropa Menempati Urutan Kedua

Apple iPhone 12_3c

Apple iPhone 12. (Sumber: Indozone)

Pendapatan Apple di Eropa akan mencapai 95 miliar USD atau Rp 1,4 kuadriliun pada tahun 2022. Hal ini menjadikan kawasan ini sebagai wilayah pendapatan terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Lebih dari 50 juta iPhone terjual di Eropa pada tahun 2022.

Apple meluncurkan iPhone 15 pada 12 September 2023. Di saat yang sama, iPhone 12 yang berusia 3 tahun menghilang dari pasar Prancis dan negara Eropa lainnya. Meski demikian, iPhone 12 masih bisa dibeli dari pihak ketiga, termasuk Amazon Prancis.

Dikutip Reuters, analis DA Davidson, Tom Forte mengatakan, “Pembatasan penjualan iPhone 12 diperkirakan tidak akan terlalu berdampak pada iPhone. Kami akan lebih khawatir jika model mobil baru dilibatkan.”

Tom Forte juga menambahkan bahwa Apple bisa menghadapi masalah yang lebih besar, seperti kemungkinan pembatasan penggunaan iPhone di China dan peraturan baru di Eropa.

Baca juga: IPhone 15 Pro Bisa Main Game AAA

Radiasi iPhone 12 Dilaporkan Lampaui Batas SAR

iPhone 12 di dalam negeri. Pasalnya, tingkat radiasi yang dibawa iPhone 12 dinilai terlalu tinggi, melebihi tingkat radiasi minimum yang disyaratkan.

Mengutip Gizchina, Badan Pangan, Lingkungan, Kesehatan, dan Keamanan Prancis (ANSES) menemukan iPhone 12 melampaui batas tingkat penyerapan spesifik (SAR), yakni 2 watt per kilogram.
SAR merupakan ukuran besarnya energi frekuensi radio yang diserap tubuh saat menggunakan smartphone.

Menurut pernyataan Jean-Noël Barrot dari Anses kepada surat kabar Prancis Le Parisien, badan radiasi Prancis, ANFR, memberi tahu Apple tentang keputusannya untuk menghentikan pemasaran iPhone 12 setelah melakukan pengujian.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – iPhone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus pesan yang dikirim ke orang lain. Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirim pesan kepada...

Apple

Unbox.id – iPhone SE generasi terbaru diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Kabarnya, Apple kini tengah bersiap memperkenalkan lini iPhone terjangkau dengan layar OLED....

Apple

Unbox.id – Apple telah memperbarui masa pakai baterai iPhone 15. Namun, bukan dengan memberikan baterai baru atau melalui pembaruan perangkat lunak, melainkan dengan memperbarui...

Apple

Unbox.id – Apple terkenal dengan kerahasiaannya dalam menjaga kerahasiaan detail produk, namun selalu ada celah bagi pembocor untuk mengungkap informasi terbaru. Bocoran ini melibatkan...