Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Instagram Minta Maaf Usai Salah Sebut Palestina di Platformnya

Instagram Application_1a
Instagram Application. (Sumber: Popular Science)

Unbox.id – Instagram baru-baru ini dilaporkan menambahkan kata “teroris” ke bios pengguna yang menggambarkan diri mereka sebagai orang Palestina. Tak hanya itu, seperti dikutip dalam laporan BBC, beberapa pengguna Instagram yang mengunggah konten pro-Palestina juga dilarang menggunakan platform media sosial tersebut. Pengguna melaporkan bahwa postingan mereka terkait konflik Palestina-Israel di Stories memiliki penayangan lebih sedikit dibandingkan postingan lainnya. Faktanya, akun mereka tidak mudah ditemukan dalam pencarian. Meta mengakui kesalahan yang memengaruhi Stories tetapi tidak ada hubungannya dengan konten. Seorang pengguna Instagram dengan nama akun @khanman1996 juga membagikan kesalahan pengujian tersebut pada profil Instagram miliknya di aplikasi X (Twitter). Kita tahu bahwa pengguna Instagram ini bukan orang Palestina.

Pihak Meta Juga Minta Maaf

Meta_2b

Meta. (Sumber: Business Insider)

Dia menulis bahwa dia orang Palestina, diikuti dengan bendera Palestina dan kata “alhamdulillah” dalam bahasa Arab – yang berarti “puji Tuhan” dalam bahasa Inggris. Namun, setelah mengklik “lihat terjemahan”, muncul kalimat “Syukurlah teroris Palestina berjuang untuk kebebasannya”.

Mengenai masalah ini, Meta juga telah meminta maaf dan memperbaiki masalah yang menyebabkan munculnya terjemahan bahasa Arab yang tidak pantas di aplikasi media sosialnya. “Kami dengan tulus meminta maaf atas apa yang terjadi,” kata Meta kepada BBC.

Platform ini juga dituduh menghapus konten yang menyatakan dukungan terhadap warga Palestina dalam konflik Israel-Gaza.

Bella Hadid Akui Dibatasi Instagram Usai Unggah Soal Konflik Gaza-Israel

Sekadar informasi, blind ban adalah membatasi jangkauan atau visibilitas suatu akun dan kontennya kepada pengguna lain jika melanggar pedoman suatu layanan online, seperti Instagram dan media sosial lainnya.

Instagram merilis alat transparansi pada akhir tahun 2022, sehingga pengguna dapat melihat pembatasan yang diterapkan pada akun mereka. Dengan cara ini, postingan mereka tidak terlihat oleh pengguna lain.

Bella Hadid mengaku akun Instagramnya diblokir setelah memposting tentang konflik Israel-Gaza tahun lalu. Dan baru-baru ini, penulis Pakistan Fatima Bhutto mengatakan dalam sebuah postingan Instagram bahwa dia diblokir karena postingannya yang pro-Palestina.

Tidak hanya itu, para pengikut Fatima Bhutto juga memberitahunya bahwa mereka tidak dapat melihat atau menemukan cerita Fatima Bhutto di feed mereka. Direktur Komunikasi Meta Andy Stone, melalui Aplikasi pengguna lain.

Kebijakan Instagram Mengundang Kritik

Instagram App_2b

Instagram App. (Sumber: Metricool)

Sebelumnya, pada Mei 2021, lembaga amal Human Rights Watch menuduh Instagram menghapus video, gambar, dan komentar tentang krisis serupa.

Dan menanggapi tuduhan tersebut, perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka menghapus postingan tersebut karena berisi “perkataan atau simbol kebencian” dan mengubah algoritmanya. Namun hal ini mendorong Meta untuk melakukan tinjauan independen terhadap moderasi konten konflik Israel-Palestina pada tahun 2021.

Kemudian, pada bulan September 2022, laporan penilaian hak asasi manusia dari panduan Bisnis untuk Tanggung Jawab Sosial (BSR) perusahaan telah diterbitkan. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa tindakan Meta berdampak negatif terhadap hak asasi manusia, kebebasan berekspresi, kebebasan berkumpul, partisipasi politik, dan diskriminasi pengguna Palestina.

Selain itu, tindakan Meta juga dianggap membatasi kemampuan warga Palestina untuk berbagi informasi dan gagasan tentang apa yang mereka alami. BSR menyatakan belum mengidentifikasi adanya bias politik atau ras yang disengaja di Meta.

Namun, mereka merekomendasikan agar Meta memberikan penjelasan lebih detail kepada pengguna yang postingan atau akunnya dihapus dan meningkatkan kemampuan bahasa staf dalam dialek Ibrani dan Arab.

Baca juga: Meta Perkenalkan Fitur AI Di Instagram

Instagram Gal Gadot Malah Banjir Komentar Free Palestine

Selain kesalahan di platform Instagram, konflik yang sedang berlangsung antara Hamas Palestina dan militer Israel membuat aktris Israel Gal Gadot angkat bicara. Dalam beberapa hari terakhir, karakter utama Wonder Woman terus memposting di jejaring sosial dengan konten yang mendukung negaranya.

Gal Gadot melalui unggahan videonya juga memberikan informasi dari pihak Israel mengenai masih adanya korban jiwa. Bahkan, dia tak segan-segan meminta sumbangan untuk para korban serangan Hamas.

Sementara itu, kolom komentar Instagram Gal Gadot dibanjiri tanggapan netizen. Komentar di Instagram Gal Gadot memiliki banyak pendapat yang beragam: ada yang mendukung Israel, namun banyak juga yang tidak setuju dengan Gal Gadot.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Nasib Instagram Flipside akan berakhir setelah 24 Mei 2024. Bahkan, pada tanggal tersebut, fungsi Instagram yang mirip dengan akun kedua akan dihapus...

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...