Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Instagram Akan Hadirkan Beberapa Fitur Baru Untuk Kontrol Orang Tua

Instagram Akan Hadirkan Beberapa Fitur Baru Untuk Kontrol Orang Tua (sumber: theverge.com)
Instagram Akan Hadirkan Beberapa Fitur Baru Untuk Kontrol Orang Tua (sumber: theverge.com)

Jakarta, Unbox.id – Instagram baru-baru ini kembali menghadirkan fitur keamanan pendukung untuk para orang tua agar dapat memantau dan menjaga anak-anak ketika bermain media sosial Instagram. Hal tersebut tentu guna menjaga anak supaya aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Adam Mosseri selaku Head of Instagram melalui Twitter mengungkapkan bahwa kali ini pihaknya menambahkan tiga fitur baru untuk parental control yang sengaja ditujukkan untuk para orang tua dan anak supaya semakin mudah untuk saling menjaga aktivitasnya di media sosial Instagram.

Semua fitur baru tersebut dapat diakses melalui Family Center yang sebelumnya dapat dibuka melalui undangan dari anak terlebih dahulu. Dengan pembaruan ini, kini tak hanya anak saja yang dapat mengundang, namun pihak Instagram memperluas fitur tersebut untuk memungkinkan para orang tua untuk dapat mengundang anak agar mendapatkan pengawasan langsung.

Baca juga: 4 Fitur Baru Hadir Untuk Instagram Reels

Fitur baru Instagram Parental Control (sumber: techcrunch.com)

Fitur baru Instagram Parental Control (sumber: techcrunch.com)

Nantinya orang tua dapat mengatur waktu tertentu secara harian maupun mingguan untuk membatasi penggunaan Instagram oleh anak. Tentu car aini dapat membantu para orang tua untuk dapat membuat anak menjadi disiplin terhadap waktu supaya mereka lebih memprioritaskan waktunya untuk belajar, sekolah, hingga mengerjakan tugas.

Dengan fitur pengaturan waktu ini, sang anak juga diharapkan dapat menjadi lebih fokus ketika belajar dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk bermain media sosial sepanjang waktu. Dalam fitur terbaru ini, orang tua dapat memilih waktu tertentu misalnya dari jam sekian hingga jam sekian selama kurun waktu satu minggu di setiap harinya.

Jika fitur ini sudah diaktifkan, nantinya orang tua akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan dari Instagram mengenai akun Instagram yang telah dilaporkan oleh sang anak, misalnya sang anak mendapatkan pelecehan seksual, pencemaran nama baik, hingga hal lainnya.

Fitur kontrol baru untuk orang tua dan anak ini saat ini hanya baru dapat digunakan di wilayah Amerika Serikat. Namun pada akhir bulan ini, fitur baru tersebut rencananya akan mulai tersedia di tujuh negara meliputi Inggris, Jepang, Australia, Irlandia, Kanada, Prancis, dan Jerman.

Untuk di Indonesia sendiri, fitur baru tersebut diperkirakan akan hadir sekitar akhir tahun ketika pihak Instagram meluncurkan fitur baru tersebut secara global. Biasanya, pihak Instagram meluncurkan fitur baru mereka secara bertahap seperti yang sebelumnya telah mereka lakukan.

Bersamaan dengan fitur baru ini, Instagram juga turut menghadirkan fitur pendukung pengawasan untuk orang tua lainnya dimana mereka dapat mengawasi penggunaan Instagram seperti perizinan pembelian aplikasi, hingga pemblokiran aplikasi yang tidak pantas untuk anak.

Baca juga: Instagram Siap-siap Hadirkan Fitur Terbaru Untuk Reels!

Supaya orang tua dapat memahaminya dengan baik, pihak Instagram juga turut menghadirkan situs khusus sebagai pusat edukasi bagi para orang tua, termasuk juga didalamnya terdapat panduan untuk pengawasan orang tua.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: theverge.com, techcrunch.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels. Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, Instagram mengumumkan bahwa pihaknya tengah melakukan uji coba metode verifikasi terbarunya. Fitur ini nantinya akan dapat mendeteksi usia pengguna...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer saat ini dimana memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia. Instagram memang...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Hadirnya Reels pada Instagram tentu bermanfaat bagi para kreator untuk membagikan ide maupun konten kreatifnya. Terlebih didalamnya terdapat berbagai fitur yang...