Unbox.id – Lewat blog dan video YouTube, Google baru saja mengumumkan fitur smartphone Pixel 4. Setelah beberapa kali, informasi seputar Pixel 4 beredar luas tanpa izin Google. Google membagikan dua fitur pada Pixel 4 yaitu Motion Sense dan Face Unlock.

MOTION SENSE

Kedua fitur ini menggunakan teknologi Soli. Teknologi ini merupakan teknologi radar motion sense milik Google. Teknologi Soli akan mendeteksi gerakan jari atau tangan. Dalam blognya, Google menyebut Pixel 4 adalah perangkat pertama berteknologi Soli.

Google juga memberi tahu manfaat dari fitur Motion Sense. Mulai dari melewati lagu, menunda alarm, hingga melakukan panggilan telepon secara diam-diam. Semua bisa dilakukan hanya dengan melambaikan tangan.

Dilansir dari laman Mashable, teknologi Soli ini membuat Google harus menambahkan beberapa sensor.

Dok. Google

Terlihat dari proyektor, kamera, dan tambahan sensor lain pada bezel atas Pixel 4.

Dari foto tersebut, tampak hanya satu kamera depan. Berbeda dengan Pixel 3 dan Pixel 3 XL yang memiliki kamera sekunder untuk foto selfie ultra wide.

Baca juga: Google Fi Akan Didukung Dengan RCS

FACE UNLOCK

Sedangkan untuk Face Unlock, fitur ini bukanlah sesuatu yang baru. iPhone telah memiliki fitur ini sebelumnya.

Namun Google membocorkan keunikan Face Unlock pada Pixel 4. Disebutkan Face Unlock ini bisa berfungsi hampir dalam berbagai orientasi. Bahkan saat layar menghadap ke bawah.

https://youtu.be/KnRbXWojW7c

Fungsi lain seperti transaksi pembayaran dan autentikasi aplikasi juga jadi keunggulan Face Unlock Pixel 4.Dengan fitur ini, Pixel 4 tampaknya tidak akan memiliki fitur fingerprint reader di bagian belakang.

Face Unlock menggunakan berbagai sensor seperti infra merah dan sensor warna RGB. Artinya, Face Unlock ini bisa berfungsi dalam berbagai kondisi pencahayaan termasuk pula mengenali ragam bentuk wajah yang berbeda.

Google memastikan semua foto wajah dan data sensor Soli tersimpan dalam chip Pixel 4. Semua data hanya akan berposes di dalam perangkat dan tidak akan tersimpan atau dibagikan pada layanan Google.

Pengumuman Google ini sepekan sebelum Samsung merilis Galaxy Note 10 pada Agustus mendatang. Pixel 4 dijadwalkan rilis pada Oktober mendatang.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik menjajal Pixel 4?

Baca juga: Google Chrome Perkenalkan Fitur Dark Mode Untuk Android

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Safe Mode di Android

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Disney+ Hotstar Resmi Hadir di Indonesia         

Irianto Bina Dirgantara

Samsung Galaxy A51|A71 Hadir Dengan Warna Baru

Irianto Bina Dirgantara

Rumor Beredar, Samsung Akan Meluncurkan Galaxy Note10 Pro

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment