Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Podcast Akan Dimatikan Pada 2024

Google Podcast_1a
Google Podcast. (Sumber: Gizbot)

Unbox.id – Google dan YouTube akan menutup platform Google Podcast pada tahun 2024, yang mana podcast dan konten podcast akan ditransfer ke YouTube Music. Pada awal tahun 2023, YouTube juga merilis kemampuan mendengarkan podcast gratis di Amerika Serikat (AS) melalui aplikasi YouTube Music. Fitur ini memungkinkan pendengar podcast di YouTube Music mendownload konten, memutarnya di latar belakang, dan beralih antara video dan audio. YouTube juga mengumumkan rencana untuk meluncurkan podcast secara global di YouTube Music akhir tahun ini. Sebagai bagian dari pertumbuhan investasinya di bidang ini, YouTube juga memutuskan untuk menutup Google Podcast.

Digantikan Oleh Youtube

Google Podcast_2b

Google Podcast. (Sumber: Podcastle)

“Sebagai bagian dari proses ini, kami akan menghentikan Google Podcast pada tahun 2024,” tulis YouTube di blog resminya, seperti dikutip, Rabu (10 April 2023). “Sebagai bagian dari proses ini, kami akan membantu pengguna Google Podcast beralih ke podcast di YouTube Music,” kata Google.

Perusahaan juga mengumumkan bahwa, menurut penelitian Edison, sekitar 23 persen pengguna podcast mingguan di AS menyebut YouTube sebagai layanan yang paling sering mereka gunakan, dibandingkan dengan hanya 4 persen pengguna Google Podcast.

YouTube juga akan membantu Anda bermigrasi ke YouTube Music dengan menyediakan “alat migrasi yang mudah dan kemampuan untuk menambahkan umpan RSS podcast ke perpustakaan YouTube Music Anda”.

Ini juga menyediakan alat yang memungkinkan pengguna mengunduh file OPML dari podcast langganan mereka dan mengunggahnya ke platform lain. Menurut The Verge, Google Podcasts pertama kali dirilis di Android pada tahun 2018.

Platform ini menawarkan pengalaman mendengarkan podcast gratis kepada pengguna dan juga menerima rekomendasi yang dipersonalisasi. Pada tahun 2020, Google merilis tampilan baru untuk aplikasi Google Podcasts dan membawanya ke iOS. Platform ini juga dirilis di Web, Windows, dan macOS.

Kehadiran Podcast di YouTube Music

Memperkenalkan fungsi podcast ke aplikasi YouTube Music dapat memberi YouTube cara untuk bersaing lebih baik dengan Spotify, yang baru-baru ini melaporkan 500 juta pengguna aktif bulanan. Pada November 2022, YouTube dilaporkan memiliki 80 juta anggota musik dan premium, sementara Spotify memiliki sekitar 210 juta anggota berbayar, menurut The Verge.

Kehadiran podcast di YouTube Music juga terungkap pada Hot Pod Summit pada Februari 2023. “Jika seseorang ingin menonton podcast, kami punya solusinya,” kata Kai Chuk, kepala podcasting YouTube, dalam sebuah artikel di The Verge.

“Jika seseorang hanya ingin mendengarkan podcast, kita juga harus bisa memberikan pengalaman yang luar biasa,” tambahnya. Chuk mengatakan pada saat itu bahwa YouTube Music akan memungkinkan pengguna mendengarkan podcast secara gratis di latar belakang dengan iklan, dan juga akan menawarkan “alat perpustakaan yang diperluas.”

Baca juga: Google Gunakan AI Untuk Atasi Perubahan Iklim

Tujuan Hadirkan Podcast di YouTube Music

Youtube Music_3c

Youtube Music. (Sumber: 9to5 Google)

Lencana podcast untuk menandai konten yang mengutamakan audio juga akan ditambahkan nanti. Selain itu, Chuk dan Steve McLendon, pimpinan produk Google untuk podcast, mengatakan tujuan fitur podcast YouTube Music adalah untuk menciptakan alat yang lebih baik bagi pembuat konten untuk membuat acara mereka sendiri. .

“Kami fokus pada para kreator. Selama mereka merasa sukses dan berguna, itulah kesuksesan bagi kami,” kata Chuk. “Kami hanya fokus pada pengguna kami dan ekosistem YouTube serta menghadirkan podcast ke dalamnya.”

Selain itu, YouTube Studio juga akan memiliki alat pembuatan podcast, dan pembuat konten kabarnya akan dapat menambahkan podcast audio ke YouTube melalui RSS feed akhir tahun ini. Tentunya kehadiran dari YouTube Studio ini dapat membawa pangsa pasarnya tersendiri di tengah kebutuhan entertainment dari para penggunanya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google Maps telah memantapkan dirinya sebagai aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan di perangkat Android, menawarkan serangkaian fitur komprehensif yang memenuhi kebutuhan...

Apps & Games

Unbox.id – Play Store memiliki fitur instalasi jarak jauh yang memungkinkan pengguna menginstal aplikasi di perangkat lain yang masuk ke akun Google yang sama....

Tech Industry

Unbox.id – Google dikatakan sedang mengerjakan fitur PrivateSpace untuk menambahkan dukungan privasi. Fitur ini membantu menyembunyikan aplikasi di ponsel Android dengan aman. Dikutip dari...

Apps & Games

Unbox.id – Sejak tahun 2017, Google Maps telah menambahkan kemampuan menyimpan lokasi parkir pada aplikasinya, baik untuk pengguna Android maupun iOS. Hanya dengan mengetuk...