Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cara Mudah Agar Navigasi di Google Maps Makin Akurat

Google Maps Navigation_1a
Google Maps Navigation. (Sumber: CNET)

Last updated on 10 Juni, 2024

Unbox.id – Google Maps telah memantapkan dirinya sebagai aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan di perangkat Android, menawarkan serangkaian fitur komprehensif yang memenuhi kebutuhan navigasi berbagai pengguna. Namun, terkadang masih ada rasa frustrasi ketika Google Maps kesulitan menentukan lokasi. Penyebabnya beragam, antara lain terkait koneksi internet dan pengaturan layanan lokasi di smartphone Android. Untungnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan keakuratan layanan lokasi Google Maps secara signifikan. Sebelum mempelajari tips untuk membuat Maps lebih akurat, penting untuk memahami cara Google Maps menentukan lokasi.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara menggunakan google maps

Gunakan Gabungan Teknologi

Google Maps Navigation_2b

Google Maps Navigation. (Sumber: Popular Science)

Dikutip dari GizChina, aplikasi ini menggunakan beberapa gabungan teknologi. Teknologi tersebut berupa:

  • GPS Terintegrasi: Chipset tertanam ini secara langsung mengirimkan data lokasi berdasarkan sinyal satelit, sehingga menawarkan tingkat akurasi tertinggi di lingkungan yang terbuka.
  • Jaringan Seluler: Dalam situasi ketika penerimaan GPS lemah, seperti di dalam ruangan atau di area padat penduduk, Google Maps memanfaatkan triangulasi menara seluler untuk memperkirakan posisi kamu berdasarkan menara seluler terdekat yang terhubung dengan smartphone.
  • Wi-Fi: Jika tersedia, jaringan Wi-Fi juga dapat berkontribusi pada estimasi lokasi dengan membagikan perkiraan informasi lokasinya ke perangkat. Hal ini dapat meningkatkan keakuratan penentuan posisi berbasis jaringan seluler.

Cara Agar Google Maps Lebih Akurat

Setelah kamu membaca bagaimana Google Maps bekerja, Unbox.id akan memberikan cara untuk mengoptimalkan keakuratan Google Maps:

  • Aktifkan Mode “High Accuracy”: Untuk navigasi optimal, nyalakan mode “High Accuracy”. Mode ini secara bersamaan menggunakan GPS, Wi-Fi, dan jaringan seluler, sehingga menghasilkan penentuan lokasi paling tepat.
  • Kalibrasikan Kompas: Navigasikan ke “Settings” di Google Maps, cari “Tips for precise location”, dan ikuti petunjuk di layar untuk melakukan proses kalibrasi. Kamu akan diminta untuk melakukan posisi simbol tak terhingga (∞) dengan smartphone kamu. Lakukan cara tersebut untuk meningkatkan akurasi arah kompas.

Selain melakukan tips di atas, kamu juga bisa melakukan teknik tambahan di bawah agar presisi Google Maps semakin akurat.

  • Bantuan Kamera Smartphone: Saat menggunakan fungsi “Live View”, yang memanfaatkan augmented reality untuk navigasi, aplikasi mungkin meminta Anda mengarahkan kamera ponsel ke sekeliling kamu. Hal ini membantu Google Maps mengenali bangunan di sekitar dan menambah keakuratan penentuan lokasi.
  • Offline Maps: Google Maps menawarkan kemampuan untuk mengunduh peta offline untuk area tertentu. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses fungsi dasar peta bahkan tanpa koneksi internet.

Hal Lain yang Perlu Dilakukan agar Google Maps Jauh Lebih Akurat

Google Maps Navigation_3c

Google Maps Navigation. (Sumber: Techno Idea)

Meskipun langkah-langkah yang dijelaskan di atas cukup efektif, berikut beberapa tip dan trik tambahan untuk lebih meningkatkan pengalaman Anda menggunakan Google Maps.

  • Aktifkan Location Services: Pastikan layanan lokasi diaktifkan di ponsel Android. Navigasikan ke pengaturan perangkat, cari “Lokasi”, dan aktifkan.
  • Pilih Aplikasi yang Bisa Mengakses Lokasi: Batasi akses untuk aplikasi yang tidak penting untuk navigasi. Hal ini membantu menghemat baterai dan berpotensi mencegah masalah privasi.
  • Perbarui Google Maps: Memperbarui aplikasi secara rutin memastikan kamu mendapatkan manfaat dari peningkatan terbaru dan perbaikan bug yang mungkin mengatasi masalah akurasi lokasi.
  • Memanfaatkan Peta Offline: Mendownload peta offline sebelum menjelajahi area dengan akses internet yang tidak dapat diandalkan memastikan kemampuan navigasi yang berkelanjutan.
  • Menonaktifkan Penghemat Baterai: Jika kamu memerlukan keakuratan navigasi yang optimal, nonaktifkan sementara mode ini dan pertimbangkan untuk mengaktifkannya kembali setelah perjalanan selesai.

Baca juga: Google Perkenalkan Fitur Terbaru Untuk Android Saat Berkendara

Trik Lanjutan dalam Skenario Khusus saat Menggunakan Maps

Meskipun GPS sulit digunakan di dalam ruangan, Wi-Fi dan Bluetooth bisa menjadi solusinya. Pastikan keduanya diaktifkan di ponsel Anda untuk meningkatkan estimasi lokasi.

Mirip dengan kompas, giroskop yang dikalibrasi dengan buruk dapat mempengaruhi keakuratan arah. Banyak ponsel Android menawarkan kalibrasi giroskop di menu pengaturan. Baca panduan pengguna ponsel cerdas Anda untuk petunjuk lebih lanjut.

Pahami rute, bangunan terkenal, dan kemungkinan jalan memutar sebelum Anda berangkat. Hal ini memungkinkan Anda beradaptasi terhadap perubahan yang tidak terduga, meskipun terkadang Anda menemukan informasi yang salah saat menggunakan Google Maps.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Google baru saja mengumumkan akan meluncurkan fitur anti maling untuk ponsel Android. Fitur tersebut diketahui menggunakan...

Tech Industry

Unbox.id – Google berencana menghadirkan fitur anti-pencurian baru untuk sekelompok kecil pengguna. Pada acara Google I/O beberapa minggu lalu, perusahaan memperkenalkan fitur anti-pencurian baru,...

Tech Industry

Last updated on 14 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Google telah merilis NotebookLM versi terbaru. Sekadar informasi, NotebookLM merupakan asisten peneliti dan penulis yang didukung...