Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Data Center Ramah Lingkungan Berkapasitas 4.000 Rak Siap Beroperasi

Data Center Ramah Lingkungan_1a
Data Center Ramah Lingkungan. (Sumber: Liputan6)

Unbox.id – Pusat data Bitera yang berbasis di Indonesia mengumumkan siap beroperasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Tedy Harjanto, CEO Bitera, meyakini Indonesia, khususnya Jakarta, mempunyai peran penting dalam ekonomi digital di Asia-Pasifik. “Kehadiran kami sejalan dengan visi dan misi perusahaan untuk mendukung ekonomi digital Indonesia dan pertumbuhan berkelanjutan dengan mendukung digitalisasi dunia usaha,” kata Tedy dalam pengumuman tersebut. Menurut Tedy, persoalan lingkungan hidup menjadi perhatian khusus. , dimana Bitera berkomitmen menerapkan langkah-langkah penghematan energi untuk mengurangi emisi karbon (ramah lingkungan) guna mendukung agenda pemerintah untuk mencapai emisi net zero pada tahun 2060.

Integrated Systems Testing

Data Center Ramah Lingkungan_2b

Data Center Ramah Lingkungan. (Sumber: IT Electrics)

Pada bulan Januari 2024, Bitera menyelesaikan pengujian operasional level 5, yang dikenal sebagai Integrated System Testing (IST), yang dilakukan oleh Commissioning Agents Inc. (CAI), operator pusat data terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat.

Bitera melayani pelanggan pertamanya pada bulan yang sama dan akan diluncurkan dengan cepat pada akhir Februari 2024. Pusat data Bitera memiliki fasilitas 9 lantai, menyediakan 20 MW beban TI yang sangat penting di lebih dari 8.600 meter persegi area kolokasi dengan kapasitas hingga 4.000 rak.

Dengan status instalasi Tier-III+, Bitera Memastikan keandalan dan keamanan tinggi, disertai dengan fasilitas mewah dan berkelas tinggi . fasilitas seperti ruang pertemuan, kantor dan ruang tunggu pelanggan.

Sekadar informasi, Bitera telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001, TCCD oleh Uptime Institute dan akan mendapatkan sertifikasi TCCF pada akhir Februari 2024.

Keamanan 24 Jam dan Ramah Lingkungan

Bitera adalah pusat data yang dibangun khusus dengan ketersediaan SLA (Service Level Agreement) 59 detik, dilengkapi dengan 8 lapisan akses dan keamanan 24/7/365, menjadikannya pusat data paling aman di dunia. Daya disediakan dengan cadangan 2N dari 2 stasiun trafo yang berbeda. Bitera menggunakan peralatan terkini dan mengutamakan standar operasional yang kuat.

Berlokasi strategis hanya 500 meter dari pusat Internet utama, Bitera menawarkan kepada pelanggan berbagai pilihan pemasok Jaringan dan konektivitas latensi rendah untuk operasi digital yang lebih efisien.

Fasilitas ini tidak hanya mengutamakan kecepatan namun juga mengedepankan keberlanjutan.
Bitera menggunakan sistem pendingin yang ramah lingkungan dan mencapai netralitas karbon melalui penggunaan 100% listrik dengan Sertifikat Energi Terbarukan (REC) dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia.

Fokus pada Energi Berkelanjutan

Bitera adalah anak perusahaan dari MMS Group Indonesia, sebuah perusahaan manajemen aset berkelanjutan di sektor energi dan real estate yang telah hadir hampir 20 tahun di Indonesia. MMS Group Indonesia mendukung transisi energi yang adil, inklusif dan berkelanjutan serta pengembangan sektor digital di Indonesia.

MMSGI telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi terkait transisi energi yang berkelanjutan. Di sisi lain, nilai ekonomi digital Indonesia akan mencapai 77 miliar USD pada tahun 2022 dan diperkirakan mencapai 360 miliar USD, menurut laporan Structure Research.

Hal ini menunjukkan potensi besar sehingga data yang berpusat pada industri mendukung pembangunan perekonomian digital Indonesia. Laporan tersebut juga mencatat bahwa kapasitas kolokasi di Jakarta diperkirakan meningkat tiga kali lipat dari 152 MW menjadi 463 MW antara tahun 2023 dan 2028.

Baca juga: Inilah Deretan Modem Wifi Untuk Internet 4G Tercepat

Kemanan Internet

Cyber Security_3c

Cyber Security. (Sumber: Cloud4C)

Keamanan internet mengacu pada serangkaian tindakan dan teknologi yang dirancang untuk melindungi informasi dan data di dunia maya dari ancaman dan risiko keamanan. Proses konversi data ke format ini tidak dapat dibaca tanpa kunci enkripsi yang benar. Ini membantu melindungi informasi yang dikirim melalui jaringan.

Tentunya sebuah keamanan internet menjadi penting dan perlu diperhatikan lebih lanjut bagi para pengguna internetnya dalam setiap waktu.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – CrowdStrike baru saja merilis laporan mengenai tren keamanan siber pada tahun 2024, yang menunjukkan lonjakan signifikan. Dalam temuan Laporan Ancaman Global CrowdStrike...

Artikel

Unbox.id – Aplikasi smartphone sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ponsel cerdas melayani setiap kebutuhan, mulai dari perbankan dan belanja hingga penjelajahan...

Operator

Unbox.id – Layanan Internet satelit Elon Musk akan tersedia di IKN (ibu kota nusantara). Hal itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sony telah mengajukan paten yang dapat merevolusi cara bermain video game. Paten tersebut telah naik pada Agustus 2023 lalu, menjelaskan sebuah...