Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Bantu Cegah Rabun Jauh Dari Fitur Rahasia iOS 17

Software iOS 17_1a
Software iOS 17. (Sumber: YTECHB)

Unbox.id – iOS 17 telah tersedia sejak September 2023. Dan sebagian besar pengguna yang melakukan upgrade hanya fokus pada fitur seperti pembaruan NameDrop, StandBy, dan FaceTime. Meskipun sistem iOS baru ini juga menghadirkan fitur-fitur yang sangat berguna yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Fitur rahasia ini tersembunyi di pengaturan iOS, Screen Distance. Apple mengembangkan fitur ini untuk mengurangi tekanan pada mata saat menggunakan smartphone, mengutip News18. Apple menawarkan fitur sederhana berupa peringatan kepada pengguna bahwa wajahnya mungkin terlalu dekat dengan ponselnya. Dengan mengaktifkan fitur ini, iPhone akan mendeteksi secara berkala ketika pengguna memegang ponselnya kurang dari satu lengan dan terlalu dekat dengan layar. Kemudian muncul peringatan di layar pengguna “iPhone mungkin terlalu dekat”.

Menggunakan Fitur Screen Distance

System iOS 17_2b

System iOS 17. (Sumber: ZDNET)

Peringatan itu juga menyatakan bahwa “Menjauhkan iPhone dapat melindungi penglihatan Anda.” Peringatan tersebut akan langsung hilang ketika pengguna menempatkan jarak minimal 1 lengan di antara layar iPhone dan mata. Dan iPhone akan memberi tahu bahwa perangkat kini berada pada jarak yang disarankan.

Untuk menggunakan fitur Screen Distance, pengguna harus memiliki iPhone yang dilengkapi sistem kamera depan TrueDepth. Melalui ini, jarak antara pengguna dan layar dapat dideteksi.

Fitur Jarak Layar telah dipicu berkali-kali, terutama saat menjelajahi web di malam hari ketika seseorang tidak menyadari bahwa mereka sedang menggunakan ponsel cukup dekat dengan wajahnya. Hal ini justru akan membantu mencegah rabun jauh dan rabun jauh pada penggunanya.

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Distance

Untuk mengaktifkan fitur Screen Distance ini, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Upgrade ke iOS 17 dan pastikan memiliki kamera depan dengan sistem TrueDepth. Untuk mengaktifkan fitur Jarak Layar, pengguna harus mengunduh iOS 17 ke iPhone terlebih dahulu. Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa mereka memiliki kamera depan dengan sistem kamera TrueDepth (model Notch atau Dynamic Island).
  • Jika sudah menginstal iOS 17/iPadOS 17, buka Screen Time. Dari layar beranda perangkat Anda atau di perpustakaan aplikasi, temukan aplikasi Pengaturan dan ketuk opsi Durasi Layar. Opsi ini terdapat di blok opsi kedua, di bawah Fokus dan di atas Umum.
  • Selanjutnya cari fitur Screen Distance, ketuk dan aktifkan. Setelah berada di menu Screen Distance, ketuk opsi Screen Distance yang terletak tepat di bawah App & Website Activity.
  • Aktifkan fitur Layar terakhir memiliki satu tombol, yang memungkinkan pengguna mengaktifkan dan menonaktifkan fitur sesuai keinginan. Pastikan tombolnya berwarna hijau.

Baca juga: Apple Rilis Update IOS 16.7.1 Ke IPhone Yang Tak Dapat IOS 17

Jumlah iPhone yang Pakai iOS 17 Dinilai Masih Rendah

System iOS 17_3c

System iOS 17. (Sumber: CNET)

Apple akan meluncurkan sistem operasi barunya untuk iPhone, iOS 17, sekitar tiga minggu lagi untuk seluruh pengguna smartphone, tepatnya pada 18 September 2023. Selain itu, Apple juga telah merilis tiga pembaruan untuk iOS 17 untuk mengatasi beberapa masalah pada perangkat lunak.Meski begitu, data menunjukkan bahwa tingkat adopsi sistem operasi iPhone baru ini masih rendah.

Data Mixpanel menunjukkan bahwa hanya hampir 23% model iPhone yang menjalankan salah satu dari empat pembaruan iOS 17. Sebanyak 12,13% iPhone menjalankan iOS 17.0.2, sedangkan 6,84% sudah mengunduh iOS 17.0.3, kemudian 1,76% menggunakan iPhone dengan iOS versi 17.0.1 dan 2% lainnya tetap menggunakan iOS 17.

Mengutip Phone Arena, angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan sekitar 45% pengguna iPhone yang menggunakan ponselnya dengan dua versi terbaru iOS 16, yakni 16.6.1 dan 16.7. Trennya sendiri dinilai lebih lambat dibandingkan pembaruan iOS tahun lalu.

Tentunya dengan adanya informasi sistem terbaru dari Apple ini bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang pas untuk dimiliki bagi para penggunanya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan memperkenalkan fitur AI di iOS 18 yang akan mengutamakan privasi pengguna. Perusahaan siap menantang Google dan Samsung dalam persaingan...

Software

Unbox.id – Sistem operasi iOS 18 akan segera hadir. Beberapa rumor menyebutkan bahwa Apple akan menghadirkan berbagai fitur AI ke iPhone. Apple berencana memperkenalkan...

Software

Unbox.id – Toko aplikasi milik Apple, App Store, dikabarkan sedang mengalami masalah akhir-akhir ini. Pasalnya, ada aplikasi bernama LastPass yang diduga meniru pengelola kata...