Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Bank Sentral Brasil Restui Pembayaran Transaksi UMKM

Bank Sentral Brasil_1_1aa
Bank Sentral Brasil kini bisa permudahkan UMKM di negaranya. (Sumber: Blockchain Media)

Unbox.id – Pendiri Meta Mark Zuckerberg telah mengumumkan bahwa bank sentral Brasil telah menyetujui peluncuran fitur baru pada layanan pembayaran milik Meta Platform di negara tersebut. Sementara itu, fitur pembayaran baru melalui WhatsApp telah disetujui, memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dengan UMKM atau usaha kecil melalui aplikasi perpesanan. “Bank Sentral Brasil baru saja mengizinkan peluncuran fitur pembayaran baru kami, sehingga pengguna dapat membayar bisnis kecil melalui WhatsApp. Fitur ini akan segera dirilis,” kata Mark Zuckerberg melalui Meta Channel yang diterima melalui DM Instagram.

Persetujuan Karena Meta

Secara khusus, pembayaran melalui WhatsApp nantinya akan diterapkan untuk mendukung usaha kecil dan menengah di negara-negara Amerika Latin tersebut. Mengutip Reuters, layanan pembayaran aplikasi WhatsApp dibangun di atas sistem pembayaran peer-to-peer lokal yang sudah ada.

Dia mengatakan persetujuan itu datang karena Meta mencoba menggunakan pasar Brasil sebagai ruang uji utama untuk transaksi dan perpesanan komersial skala kecil. Area ini dianggap lebih mendesak, karena bisnis periklanan utama Meta terhenti.

Sekadar informasi, pengguna WhatsApp di Brasil dapat melakukan pembayaran pengguna-ke-pengguna, alias WhatsApp Pay, melalui aplikasi mulai tahun 2021. Namun, perkembangan baru ini membuka jalan bagi UKM untuk menerima pembayaran langsung melalui aplikasi.

“Pengguna WhatsApp akan segera dapat membayar produk dan layanan langsung di dalam aplikasi perpesanan, dengan kartu debit Mastercard dan Visa, serta kartu kredit,” kata Guilherme Horn, kepala WhatsApp Amerika Latin, dalam sebuah posting LinkedIn.

Mark Zuckerberg juga mengatakan dia berharap untuk meluncurkan pembayaran untuk UMKM melalui aplikasi WhatsApp sesegera mungkin.

Baca juga: Meta Luncurkan NFT Untuk Facebook Dan Instagram

WhatsApp Pay Sempat Ditangguhkan di Brasil

Whatsaapp Pay_1_1abc

Meski sempat ditangguhkan, WhatsApp Pay kini telah hadir di negeri Brasil. (Sumber: Kuyou.id)

Sekitar dua tahun lalu, layanan pembayaran WhatsApp Pay ditangguhkan oleh Bank Sentral Brasil pada Juni 2020, hanya beberapa hari setelah diluncurkan. CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan kembalinya layanan pembayaran dalam sebuah video yang dirilis di Brasil.

Dalam video tersebut, Mark Zuckerberg menjelaskan bagaimana informasi pembayaran yang ditambahkan ke WhatsApp akan berfungsi di Facebook dan Instagram. Mengutip The Verge, menurut David Marcus, kepala keuangan Facebook, “layanan pembayaran WhatsApp Pay yang diluncurkan di Brasil akan menjadi bagian dari upaya peluncuran bertahap.”

Sepertinya Facebook serius mempertimbangkan untuk mengembalikan layanan WhatsApp Pay ke Brasil, salah satunya terlihat dari video yang diunggah untuk mempromosikan layanan pembayaran tersebut.

Selain itu, Facebook juga memposting halaman yang mengatakan bahwa sistem pembayaran Facebook Pay yang mendukung WhatsApp Pay telah disahkan oleh Bank Sentral.

Baca juga: WhatsApp Di Android Akan Hadirkan Fitur Editor Teks

WhatsApp Pay Yang Pertama Kali Rilis di Brasil

Sekadar informasi, saat layanan WhatsApp Pay pertama kali diluncurkan di Brasil, bank sentral negara tersebut menangguhkan layanan tersebut. Alasannya adalah persaingan antar sistem pembayaran.

Bank sentral Brasil mengatakan pihaknya berencana untuk menilai apakah layanan milik Facebook itu mematuhi peraturan. Facebook kemudian mengatakan telah menghubungi pihak berwenang sebelum layanan WhatsApp Pay diluncurkan.

Pada akhir Maret 2021, Reuters melaporkan, Bank Sentral Brasil menyetujui layanan tersebut, setelah Facebook secara resmi disetujui untuk menjalankan layanan pembayaran tersebut. Dalam siaran pers Facebook, pengguna WhatsApp akan dapat menghubungkan kartu debit, prabayar, atau kombinasi dari beberapa bank yang bekerja sama untuk memproses pembayaran mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...