Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android 14 Bisa Deteksi Tangkapan Layar Yang Diambil

Android 14_3c
Android 14. (Sumber: Standard Tech)

Unbox.id – Pembaruan Android 14 menghadirkan fitur tambahan yang dapat memberikan perbedaan pada pengalaman pengguna saat mengambil screenshot. Sistem operasi sekarang dapat mendeteksi tangkapan layar dari aplikasi, memberikan informasi kepada pengguna ketika aplikasi mengetahui tangkapan layar telah diambil dimana hal ini dikutip oleh 9to5Google.

Memungkinkan Aplikasi Bekerja Secara Langsung

Android 14_1a

Android 14. (Sumber: Tech World)

Fitur pendeteksi tangkapan layar ini memungkinkan aplikasi bekerja langsung dengan sistem operasi untuk mendeteksi tindakan pengguna, sehingga pengguna tidak perlu mengkonfigurasi root seperti sebelumnya.

Di sisi lain, pengembang aplikasi juga mendapatkan beberapa manfaat dari fitur ini, termasuk kemampuannya untuk lebih mudah mendeteksi bahkan memblokir tangkapan layar demi alasan keamanan, kerahasiaan atau privasi.

Untuk informasi, Android 14 menggunakan API Detektor Tangkapan Layar baru untuk memberi tahu pengguna saat aplikasi mendeteksitangkapan layar. Misalnya, aplikasi belanja Jerman “OTTO” telah menerapkan dukungan untuk deteksi tangkapan layar, memberikan pemberitahuan kepada pengguna bahwa “OTTO memiliki mendeteksi tangkapan layar ini.

Meskipun hanya sedikit aplikasi yang mengadopsi fitur ini, perkembangan ini membuka kemungkinan peningkatan privasi dan keamanan. Aplikasi seperti Snapchat, yang sebelumnya memiliki metode pendeteksiannya sendiri, bisa mendapatkan keuntungan dari API ini.

Meskipun Google Wallet dan GPay saat ini tidak mengimplementasikan API ini, kemungkinan penggunaannya akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Android 14 Akan Punya Fitur Private Space

Sebelumnya, Google meluncurkan Android 14 QPR2 Beta 1 dengan fitur baru bernama “Private Space”. Namun fitur ini masih dalam pengembangan dan belum dapat dioperasikan sepenuhnya. Penemuan ini dilaporkan oleh pengguna X (sebelumnya Twitter) @MishaalRahman.

Android 14 QPR2 Beta 1 tampaknya menunjukkan bahwa Google sedang bersiap untuk memberikan “ruang pribadi” kepada pengguna Pixel pada pembaruan fitur bulan Desember mendatang. Meski kini tersedia di ponsel Google Pixel, fitur tersebut baru akan tersedia untuk penggunaan reguler bulan depan.

Dilaporkan GizChina, fitur Personal Space di Android 14 QPR2 Beta 1 memungkinkan pengguna membuat profil pengguna baru dengan subkategori pribadi Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dan data opsional di profil baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan.

Kemudian, dengan mengklik tombol “Buat ruang pribadi”, pengguna dapat membuat profil pengguna terpisah di Android. Mereka dapat menyembunyikan aplikasi dan data tertentu di ruang pribadi ini.

PrivateSpace dapat dibuka kuncinya dengan kunci layar, memberikan lapisan keamanan tambahan untuk konten tersembunyi. Meski masih dalam tahap pengembangan, GizChina berharap dapat menambahkan lebih banyak fungsi di masa mendatang untuk meningkatkan kemampuannya.

Pengenalan PrivateSpace menunjukkan upaya Google untuk memberikan pengalaman yang lebih aman dan pribadi bagi pengguna Android. Dengan cara ini, PrivateSpace di Android 14 QPR2 Beta 1 merupakan tambahan penting yang bertujuan untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna Android, menyediakan cara baru untuk mengelola aplikasi dan data dengan cara yang lebih aman.

Baca juga: Samsung Rilis One UI 6.0 Basis Android 14

Perbedaan Dengan Pendahulunya

Android 14_1a

Android 14. (Sumber: Gizbot)

Meskipun fitur PrivateSpace Android 14 QPR2 Beta 1 merupakan tambahan baru, banyak produsen lain seperti Oppo, OnePlus, Huawei, dan Samsung juga menawarkan fitur yang sama. Namun, yang unik dari PrivateSpace terletak pada kemampuannya membuat profil pengguna terpisah untuk menyembunyikan aplikasi dan data.

Beberapa OEM, seperti Samsung dengan “Folder Aman” di sistem OneUI, menawarkan solusi serupa, meskipun dengan prinsip yang sedikit berbeda. Pengenalan Private Space bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang lebih aman daripada luar angkasa. dan pengalaman pribadi untuk pengguna Android.

Dengan mengizinkan aplikasi dan data disembunyikan di profil pengguna terpisah, pengguna dapat mengontrol privasi dan keamanan informasi pribadi mereka dengan lebih baik. Ruang Pribadi Investasi yang ditambahkan pada Android 14 QPR2 Beta 1 mencerminkan pertumbuhan yang signifikan. Ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan privasi dan keamanan pengguna Android.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna membuat ruang pribadi di perangkat mereka, memungkinkan mereka menyembunyikan aplikasi dan data di profil pengguna terpisah. Seiring dengan berkembangnya fitur ini, pengguna akan memiliki kontrol yang lebih baik atas privasi mereka.

Secara keseluruhan, fitur PrivateSpace Android 14 merupakan tambahan yang positif. Fitur ini memberi pengguna cara baru untuk mengelola privasi dan keamanan di perangkat mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Pratinjau Android 15 baru saja diluncurkan ke pengembang aplikasi, bersama dengan versi terbaru Google Privacy Sandbox. Versi Developer Preview (DP) sistem operasi...

Oppo

Unbox.id – Banyak produsen ponsel Android membuat software berbasis Android sendiri untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan produknya. Perangkat lunak dan antarmuka disesuaikan dengan...

Redmi

Jakarta, Unbox.id – Mengikuti pembaruan Akses Awal UI 5.0 Android 14, perusahaan menghadirkan pembaruan khusus di bebreapa tipe. Realme menghadirkan program Open Beta UI...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Oppo saat ini sedang dalam proses merilis pembaruan ColorOS 14 berbasis Android 14 untuk jajaran smartphone yang kompatibel.  Meskipun banyak perangkat...