Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apa Saja Fitur Terbaru di Dalam Sistem Android 15?

Sistem Android 15_1a
Sistem Android 15. (Sumber: Gizmologi)

Unbox.id – Google dikabarkan akan meluncurkan Android 15 dalam waktu dekat. Android terbaru ini akan memperkenalkan banyak fitur dan keamanan baru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Meski belum diumumkan secara resmi, namun terdapat beberapa bocoran mengenai fitur baru yang akan hadir di Android 15 mendatang. Menurut laporan, Android 15 akan dirilis pertama kali bersamaan dengan Google Pixel 9 yang akan diluncurkan tahun depan. Oktober 2024. Nah, sebelum keluar, berikut beberapa bocoran terkait fitur baru yang akan diperkenalkan Google di Android 15. Tidak ada apa-apa? Tinjau informasi berikut. Google telah mengonfirmasi bahwa dukungan perpesanan satelit akan tersedia di Android 15. Kabarnya, T-Mobile dan mitranya Starlink akan menawarkan langganan berbayar yang memungkinkan pengguna mengirim pesan satelit secara real-time dalam aplikasi Pesan. Layanan ini dapat digunakan dimana saja selama pengguna berada di lingkungan terbuka. Hal ini dapat menjadi pukulan telak bagi iPhone. Alasannya, meski iPhone terbaru memiliki akses ke pesan satelit gratis, layanan itu hanya dapat digunakan dalam keadaan darurat untuk menghubungi bantuan. Sementara pengguna Android dapat menggunakannya secara bebas.

Tampilan Status Bar yang Diperbarui

Sistem Android 15_2b

Sistem Android 15. (Sumber: Android Headlines)

Google memperbarui ikon bilah status Android dengan tampilan baru, sekaligus menambahkan umpan balik haptik ke pengaturan cepat dan panel volume. Perubahan ini belum diterapkan tetapi diyakini akan hadir di Android 15 beta 2.

Beberapa ikon bilah status Android 15 akan memiliki desain yang lebih tersegmentasi. Ikon baterai juga mendukung tampilan level baterai di dalam ikon.

Android 15 juga akan menambahkan umpan balik haptik ke panel Setelan Cepat, seperti saat pengguna menekan dan menahan tombol seperti tombol Bluetooth. Ada juga umpan balik haptik saat Anda menggerakkan navigasi volume untuk menyesuaikan volume perangkat.

Battery Health di Android 15

Android 15 juga akan memberikan informasi kesehatan baterai yang dapat diakses pengguna. Fitur ini kemudian akan menampilkan perkiraan persentase daya baterai ponsel saat ini dibandingkan saat masih baru.

Fitur status baterai ini akan membantu pengguna mendapatkan gambaran lebih jelas tentang masa pakai baterai ponsel Android. Versi Android 15 terbaru memperkenalkan desain panel volume baru. Panel kontrol memiliki penggeser berbentuk pil yang jauh lebih tebal.

Ada titik yang ditempatkan di ujung tempat nilai maksimum penggeser volume berada, dan ada juga ikon yang dapat Anda tekan untuk mematikan volume volume dengan cepat.

Panel volume baru Android 15 juga dapat diperluas. Ketuk tombol di sebelah penggeser volume media untuk memperkecil atau memperluas panel. Setiap kali pemutaran media diaktifkan, bilah volume diminimalkan secara default. Jika tidak, panel akan terbuka dalam keadaan terbuka penuh.

Selain desain baru, panel volume juga akan memiliki kontrol tambahan untuk kontrol spasial suara dan kebisingan.

Baca juga: Cara Pulihkan Data Yang Hilang Usai Reset HP Android

Lacak Ponsel Android Meski dalam Keadaan Mati

Sistem Android 15_3c

Sistem Android 15. (Sumber: Tech Update)

Android 15 akan menambahkan Power Off Find API baru untuk melacak perangkat Android dalam keadaan mati. API ini akan tersedia dalam modul Project Mainline yang disebut “Tethering” dan hanya dapat digunakan pada perangkat yang menjalankan Android 15.

Selain itu, API ini akan digunakan oleh jaringan Advanced Device Finder, akan diterapkan melalui Layanan Google Play Marketplace. Cara kerja Power Off Search API adalah memungkinkan perangkat menonaktifkan suar Bluetooth yang telah dihitung sebelumnya, bahkan saat perangkat dimatikan, dengan asumsi ada daya cadangan yang tersedia di baterai.

Dengan suar Bluetooth ini, perangkat Android terdekat akan dapat membantu melacak perangkat yang dimatikan, serupa dengan cara iPhone dimatikan.

Fitur ini memerlukan dukungan perangkat keras untuk pengontrol Bluetooth. berfungsi saat perangkat lain dimatikan. Fitur ini juga mengharuskan ponsel mendukung Bluetooth Finder HAL agar Android dapat mengaktifkan mode pencarian saat dimatikan.

Fitur ini diperkirakan akan diluncurkan di Google Pixel 9, namun kemungkinan juga akan hadir di seri Pixel 8 sejak peluncurannya. smartphone sudah didukung oleh hardware yang diperlukan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Beberapa bulan sebelum rilis resmi Android 15, sebagian besar fitur dan perubahan baru telah terungkap. Melansir dari laman Gizmochina, Rabu 15...

Tech Industry

Unbox.id – Google dikenal sering mengadakan acara tahunan bertajuk Google I/O. Pada acara ini, perusahaan akan kerap memperkenalkan sederet produk barunya. Untuk itu, pada...

Software

Unbox.id – Sementara peluncuran sistem operasi HyperOS berbasis Android 14 milik Xiaomi masih berlangsung, perusahaan telah memberikan gambaran umum tentang ponsel Xiaomi yang memenuhi...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...