Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

3 Kelas MicroSD, Dari Standar Hingga Kecepatan Tinggi

3 Kelas MicroSD, Dari Standar Hingga Kecepatan Tinggi (sumber: dignited.com)
3 Kelas MicroSD, Dari Standar Hingga Kecepatan Tinggi (sumber: dignited.com)

Jakarta, Unbox.id – Saat ini terdapat berbagai jenis dan merek MicroSD di pasaran. Namun banyak dari kita yang seringkali hanya melihat dari kapasitasnya saja tanpa melihat faktor lain seperti kecepatannya dalam menulis maupun membaca datanya.

Kelas MicroSD sendiri justru berpengaruh penting pada kemampuannya dalam menangani data. Semakin besar data yang perlu dikelola, tentu memilih MicroSD dengan kecepatan tinggi dapat membantu Anda dalam mengelola data lebih cepat dan maksimal.

Namun, tolak ukur kecepatan tersebut juga tak serta merta dari MicroSD saja, namun juga akan bergantung kepada kemampuan dari perangkat yang kita gunakan. Organisasi SD Association telah membuat standar untuk kelas kecepatan MicroSD antara lain meliputi Speed Class, UHS Speed Class, dan Video Speed Class.

Tabel kelas MicroSD (sumber: innovv.cam)

Tabel kelas MicroSD (sumber: innovv.cam)

Baca juga: Fungsi AirDrop Pada iPhone dan Cara Menggunakannya

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda memilih MicroSD sesuai dengan aktivitas yang hendak kita gunakan, apakah untuk keperluan fotografi, merekam video, atau hanya sekedar menyimpan data. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa kecepatan menulis maupun membaca data sesuai dengan kebutuhan Anda, dan tentunya mendukung perangkat yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, berikut adalah informasi mengenai 3 kelas pada MicroSD yang perlu Anda ketahui.

Standard Speed Class

Contoh MicroSD Class 10 (sumber: shopee.co.id)

Contoh Standard MicroSD C10 (sumber: shopee.co.id)

  • Speed Class 2 (C2): memiliki kecepatan menulis data minimal 2MBps.
  • Speed Class 4 (C4): memiliki kecepatan menulis data minimal 4MBps.
  • Speed Class 6 (C6): memiliki kecepatan menulis data minimal 6MBps.
  • Speed Class 10 (C10): memiliki kecepatan menulis data minimal 10MBps.

Kelas MicroSD ini terbagi ke dalam empat klasifikasi yang terbagi sesuai kecepatan minimal dalam menulis data. Mulai dari yang paling rendah yakni Class 2 hingga Class 10 yang saat ini menjadi standar industri.

UHS Speed Class

Contoh UHS Speed Class U3 (sumber: jakartanotebook.com)

Contoh UHS Speed Class U3 (sumber: jakartanotebook.com)

  • UHS Speed Class 1 (U1): memiliki kecepatan menulis data minimal 10MBps.
  • UHS Speed Class 3 (U3): memiliki kecepatan menulis data minimal 30MBps.

Di atas Speed Class, terdapat UHS Speed Class yang menawarkan kemampuan performa yang lebih tinggi. Jika Speed Class merupakan kelas standar dengan logo huruf C, kita bisa menandai MicroSD yang termasuk standar kelas kecepatan ini menggunakan logo huruf U dengan angka di dalamnya.

Standar kelas kecepatan ini diberi nama sesuai dengan antarmuka yang digunakan yakni UHS atau Ultra High Speed. Adapun dalam hal ini umumnya menggunakan UHS-I yang mampu melakukan transfer data hingga 104MBps atau UHS-II hingga 312MBps.

MicroSD UHS Speed Class pun juga menjadi standar minimal untuk melakukan perekam video beresolusi 4K. Terdapat dua peringkat yang bisa dipilih dalam hal ini yakni meliputi UHS Speed Class 1 dan UHS Speed Class 3.

Video Speed Class

Contoh Video Speed Class V60 (sumber: amazon.com)

Contoh Video Speed Class V60 (sumber: amazon.com)

  • Video Speed Class 6 (V6): memiliki kecepatan menulis data minimal 6MBps.
  • Video Speed Class 10 (V10): memiliki kecepatan menulis data minimal 10MBps.
  • Video Speed Class 30 (V30): memiliki kecepatan menulis data minimal 30MBps.
  • Video Speed Class 60 (V60): memiliki kecepatan menulis data minimal 60MBps.
  • Video Speed Class 90 (V90): memiliki kecepatan menulis data minimal 90MBps.

Di atas UHS Speed Class, terdapat kelas yang lebih tinggi lagi yakni Video Speed Class. Standar kelas kecepatan ini secara khusus dirancang untuk menangani perekaman dan konten berkualitas tinggi seperti video 360 derajat, Virtual Reality (VR), hingga tayangan yang beresolusi 8K.

Baca juga: 5 Software Edit Video Terpopuler, Pilih Mana?

Video Speed Class sendiri biasanya ditandai dengan logo huruf V diikuti dengan angka berdasarkan peringkatnya dimana diantaranya meliputi Video Speed Class 6 untuk yang paling rendah, hingga Video Speed Class 90.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: dignited.com, amazon.com, jakartanotebook.com, shopee.co.id, innovv.cam

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Software

Unbox.id –  Perhelatan Mobile World Congress (MWC) yang saat ini sedang berlangsung di Barcelona menjadi momentum bagi para vendor untuk meluncurkan ponsel baru dengan...

Sony

Last updated on 7 September, 2018 Unbox.id – Tidak puas hanya memiliki kartu memori UHS-II yang notabene menjadi SD card tercepat di pasar, Sony juga...

Tech News

SanDisk menghadirkan sebuah terobosan baru. Mereka resmi menghadirkan microSD berkapasitas 400 GB. MicroSD dengan kapasitas tak biasa ini dijual dengan harga sekitar Rp 3,3...

How To

MicroSD atau sering kita kenal dengan sebutan memori eksternal adalah salah satu bagian tak terpisahkan dari sebuah gadget. Meskipun sudah banyak sekali smartphone yang...