Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Mau Hadirkan Fitur Username di WhatsApp Channel

WhatsApp Channel_1a
WhatsApp Channel. (Sumber: WA Deck)

Unbox.id – WhatsApp dikabarkan sedang mengerjakan fitur untuk membuat nama pengguna atau username di saluran WhatsApp. Menurut laporan dari News18, fitur ini akan tersedia di pembaruan aplikasi mendatang. “Dengan pembaruan beta WhatsApp versi 2.23.24.17 untuk Android yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur untuk menghubungkan nama pengguna dan saluran,” tulis WABetaInfo.

Berupaya Untuk Menghadirkan Dukungan Handler Untuk Channel

WhatsApp Channel_2b

WhatsApp Channel. (Sumber: Mint)

Menurut laporan tersebut, aplikasi Meta berupaya memberikan dukungan manajemen untuk saluran tersebut. Artinya beberapa saluran bisa dibuka menggunakan nama pengguna pemiliknya. Pembaruan ini mencakup fitur tambahan untuk saluran, seperti tautan saluran yang disusun berdasarkan nama pengguna saat ini.

Hal ini akan memudahkan pemilik saluran dan pelanggan untuk berbagi dan menemukan saluran favorit mereka. Pengguna dapat berbagi informasi di lebih banyak saluran daripada sebelumnya tanpa berbagi tautan yang rumit.

Selain itu, saluran dapat dengan mudah diidentifikasi dengan nama pengguna yang unik. “Kami rasa ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin menciptakan identitas berbeda dan menjadikan salurannya lebih mudah diakses,” kata WABetaInfo.

Selain memperluas fitur ini, WhatsApp juga berencana mengganti ikon hijau dengan ikon biru untuk saluran dan bisnis yang diakuisisi. Tidak hanya itu, aplikasi obrolan ini juga dilengkapi dengan fitur lain seperti memungkinkan pengguna mengatur nama pengguna untuk profil WhatsApp mereka, fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal, dan lain-lain.

Tampilkan Iklan dan Sistem Berlangganan di Channel

Sebelumnya, WhatsApp juga dikabarkan akan menampilkan sistem periklanan dan berlangganan di saluran.

Sejak tahun 2018, WhatsApp telah menampilkan iklan di dalam aplikasi dan merupakan sistem mata uang Meta utama. Dan kini topik iklan WhatsApp kembali menjadi topik hangat ketika media Brazil mewawancarai CEO WhatsApp Will Cathcart.

Berbicara tentang Folha De S. Paulo dari Android Police, WhatsApp masih belum memiliki rencana untuk menampilkan iklan di kotak masuk dan membatasi pengalaman pengguna saat mengobrol. Namun, Cathcart mengatakan ada cara lain untuk menampilkan iklan di aplikasi perpesanan dengan Meta. Salah satunya ada di Channel atau Status.

Misalnya saluran, di mana administrator dapat membayar biaya berlangganan atau pemegang akun ingin mempromosikan saluran tersebut. Tapi tidak, kami tidak akan memasang iklan di kotak masuk,” kata Cathcart.

Semakin Aman Dengan Fitur Verifikasi Email

WhatsApp Channel_3c

WhatsApp Channel. (Sumber: Post Tech)

Selain itu, WhatsApp akan memberikan konfirmasi email kepada penggunanya. Proses verifikasi baru bertujuan untuk meningkatkan keamanan akun pengguna, mengutip GSM Arena. Saat ini pembaruan tersebut hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta.

WhatsApp beta baru untuk iOS (23.23.1.77) telah diperbarui dari program beta TestFlight dan versi serupa untuk Android (2.23.24.10). Diberitakan Beebom, halaman alamat email di WhatsApp sederhana, hanya ada opsi untuk memasukkan alamat email.

Setelah menambahkan alamat email, pengguna perlu melakukan verifikasi dengan melakukan verifikasi alamat email. Dengan cara ini, pengguna dapat mengakses dan memulihkan akun mereka.

Seperti yang diketahui, pengguna juga bisa memilih apakah akan menggunakan fitur ini atau tidak. Namun perlu diingat, konfirmasi email ini tidak menggantikan nomor telepon. Nomor telepon tetap diperlukan untuk mengakses akun WhatsApp di perangkat pengguna.

Baca juga: WhatsApp Rilis Update Di IOS

Cegah Malware dan Pembajakan Akun

Selain menyediakan verifikasi email, WhatsApp telah memperkenalkan fitur verifikasi perangkat. Merujuk pada Inferse, otentikasi perangkat dirancang untuk mencegah serangan pengambilalihan akun (ATO). Selain itu, dengan fitur baru WhatsApp ini, pengguna akan mendapat peringatan jika mencoba mentransfer akun WhatsApp ke perangkat lain.

Dengan kata lain, tujuannya adalah untuk mencegah penyerang menggunakan malware untuk mencuri kunci otentikasi WhatsApp dan menghapus akun yang terpengaruh. WhatsApp mengatakan verifikasi perangkat telah diluncurkan ke semua pengguna Android dan diluncurkan ke pengguna iOS.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikabarkan memiliki fitur yang akan memudahkan pengguna perangkat Android dalam mengirim gambar dan video dalam resolusi tinggi (HD). Fitur baru WhatsApp...