Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Trafik Data XL Naik 15 Persen Selama Natal dan Tahun Baru 2024

Operator XL _1a
Operator XL . (Sumber: Techno Insider)

Unbox.id – Berdasarkan penelusuran pada 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan XL Axiata pada periode Natal dan Tahun Baru naik 15% dibandingkan hari biasa dan naik 19% dibandingkan hari biasa dibandingkan hari sebelumnya. Periode Natal dan Tahun Baru. Peningkatan lalin tertinggi terjadi pada malam tahun baru hingga 90% dibandingkan kondisi normal sehari-hari. Layanan streaming terlihat mendominasi pertumbuhan trafik dan tidak lagi didominasi oleh layanan pesan instan seperti WhatsApp. Di sisi lain, trafik layanan tradisional seperti voice hanya meningkat 1% dan SMS meningkat 8% dibandingkan hari biasa. Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, perseroan telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Peningkatan Kapasitas Hingga 2x Lipat

Operator XL_2b

Operator XL. (Sumber: XL Axiata)

“Hal ini merupakan komitmen XL Axiata untuk menjaga kualitas layanan sepanjang masa libur panjang di penghujung tahun 2023, termasuk Natal dan Tahun Baru,” kata Gede dalam keterangannya meningkatkan mobilitas masyarakat di berbagai wilayah dalam rangka merayakan dan menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2024.

“Selama masa liburan, jaringan kami tetap dalam kondisi prima, kami tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata telah melakukan sejumlah progres langkah,” tambah Gede.

Langkah lanjutan yang dilakukan XL Axiata antara lain peningkatan kapasitas sebanyak 2 kali lipat, penggelaran mobile BTS station (MBTS), penyiapan genset BBM lengkap di kawasan rawan bencana, serta persiapan pembangunan jaringan pengalihan teknis dari kawasan yang terganggu. ke jaringan sekitarnya.

Daftar Kota dengan Trafik Tinggi

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital pelanggan selama periode libur Natal. Trafik data di kawasan perumahan Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya terus meningkat sekitar 15% dibandingkan hari normal.

Kota/kabupaten dengan peningkatan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon (naik 30%), disusul kota dari Surabaya. (naik 22%) dan Kabupaten Bogor (naik 18%).

Menurut provinsi, peningkatan lalu lintas terbesar terjadi di provinsi Jawa Tengah hingga 21%, dan Sumatera Utara dengan peningkatan hingga 16%, disusul Jawa Barat Provinsi dengan 14%, diikuti oleh Provinsi Jawa Timur dengan 11%.

Wilayah tujuan wisata populer juga mengalami peningkatan lalu lintas data yang signifikan. Di kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data meningkat 198% dibandingkan hari biasa.

Di Pantai Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, trafik data meningkat 143% dan di Pantai Sawarna, Provinsi Banten sebesar 128 %. Jumlah pelanggan XL Axiata yang berangkat ke luar negeri untuk menikmati program XL Axiata saat Natal mencapai kurang lebih 310.000 pelanggan, meningkat sekitar 5% dibandingkan tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Singapura, Malaysia dan Kamboja.

Baca juga: XL Axiata Perluas Layanan Penggantian

Aktivitas Streaming Mendominasi

XL Axiata_1a

XL Axiata. (Sumber: XL)

Dari total trafik layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru didominasi trafik layanan atau aktivitas streaming, disusul akses file dan game. Trafik layanan streaming meningkat 10% dibandingkan hari biasa, sedangkan trafik game meningkat 68%.

Khusus untuk beberapa platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat 10-15% dibandingkan hari biasa, Instagram meningkat 23%. Pada layanan berbagi video, lalu lintas di YouTube meningkat sebesar 8% dan di Tiktok sebesar 4%.

Di seluruh layanan perpesanan, lalu lintas di WhatsApp meningkat sebesar 30%. Selain itu, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox tetap sama seperti pada hari-hari biasa.

Untuk game, trafik tertinggi ada di Roblox dengan persentase 106% pada hari-hari biasa. Lalu ada Mobile Legends yang naik 73%. Di seluruh layanan streaming film, lalu lintas Netflix naik 35% dibandingkan hari kerja, WeTV naik 39%, Amazon Prime Video naik 29%, dan Disney+ naik 13%.

Dan seperti biasa selama musim liburan Seiring waktu, lalu lintas terhadap layanan kartu juga meningkat. GPS Waze meningkat sebesar 40%, Google Maps meningkat sebesar 23% dan lalu lintas di Apple Map tetap sama seperti biasanya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM merupakan layanan yang...

Operator

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison mengajak generasi muda untuk menjaga lingkungan melalui film bertajuk “Jaga Raya”. Film pendek ini bercerita tentang seorang peneliti biologi...

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM sendiri merupakan layanan...

Tech Industry

Unbox.id – Operator seluler menunggu keputusan pemerintah mengenai besaran tarif penggunaan frekuensi radio (BHP), alias tarif regulasi, untuk memperkenalkan spektrum frekuensi baru yang akan...