Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Prosesor Intel Core Gen 14 Buat Mobile dan Desktop Diluncurkan di CES 2024

Prosesor Intel Core Gen 14_1a
Prosesor Intel Core Gen 14. (Sumber: Smartprix)

Unbox.id – Di CES 2024, Intel mengumumkan rangkaian prosesor desktop dan seluler Intel Core Generasi ke-14, termasuk prosesor seluler seri HX baru dan prosesor desktop entry-level 65 dan 35 watt. Selain itu, Intel juga memperkenalkan jajaran prosesor Intel Core mobile Series 1 yang dipimpin oleh prosesor Intel Core 7 150U. Roger Chandler, Wakil Presiden dan General Manager Intel, PC Enthusiast and Workstation Group, mengatakan seri Intel Core Gen 14 dikembangkan untuk menghadirkan performa dan fitur platform terbaik bagi pengguna PC. “Penggemar mobilitas tinggi kini dapat menikmati pengalaman seluler terbaik yang tersedia saat ini dengan prosesor seri HX kami,” kata Chandler dalam siaran persnya. “Dan pengguna desktop arus utama kini dapat memperoleh manfaat dari kinerja efisien dan fitur platform bertenaga yang ditawarkan oleh prosesor desktop 65 dan 35 watt generasi berikutnya,” tambahnya.

Intel Core Gen 14 HX Series

Prosesor Intel Core Gen 14_2b

Prosesor Intel Core Gen 14. (Sumber: Gadget of Things)

Seri Intel Core Gen 14 HX dikembangkan untuk para gamer, kreator, dan profesional yang membutuhkan performa komputasi lebih tinggi dan portabilitas yang disediakan laptop.

Lini produk ini adalah yang terdepan dengan prosesor Intel Core i9-14900HX, termasuk 8 Performa CPU- inti (inti P) dan 16 inti efisiensi (inti E). Seri HX juga menghadirkan peningkatan produktivitas bagi para kreator berkat 50% lebih banyak E core pada prosesor Intel Core i7-14700HX. Jajaran prosesor baru ini meliputi:

  • Frekuensi turbo hingga 5,8 GHz untuk memberikan kinerja gaming yang 17 persen lebih lebih baik dan kinerja multitasking hingga 51 persen lebih cepat dibandingkan produk kompetitor.
  • Hingga 24 core (8 P-core, 16 E-core) dan 32 thread di prosesor i9-14900HX.
  • E-core 50 persen lebih banyak di dalam prosesor i7-14700HX, menjadikannya 20 core (8 P-core, 12 E-core) dan 28 thread.
  • Mendukung memori hingga 192 gigabytes (GB) dari total DDR5-5600 megatransfers/second (MT/S)
    Kemampuan overclocking pada prosesor HX series, termasuk dukungan Intel Extreme Utility (XTU) dan Intel Extreme Memory Profile (XMP).
  • Dukungan Intel Application Optimization (APO) baru untuk HX series, dengan 6 game baru (menjadikan total 8) sejak peluncuran perdana desktop Intel Core 14th Gen pada Oktober 2023.
  • Thunderbolt 5, memberikan kecepatan 80 gigabits per second (Gbps) bi-directional bandwidth dan peningkatan bandwidth hingga 120 Gbps, 3x dari kemampuan yang diberikan solusi tercepat saat ini, untuk display dan pengalaman data terbaik, selain kemampuan Thunderbolt 4 dalam menyediakan bandwidth 40 Gbps untuk konektivitas PC maupun beberapa monitor 4K dan aksesoris.
  • Fitur nirkabel terdepan, termasuk Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi dan ketersediaan diskrit terbaru Intel Wi-Fi 7 (5 Gig) untuk kecepatan multi gigabit di lebih banyak lokasi, dengan respons seperti kabel dan andal.
  • Mendukung konektivitas Bluetooth terbaru dengan dukungan untuk Bluetooth 5.4 maupun Bluetooth 5.3.

Baca juga: Laptop Asus Intel Gen 13 Terbaru Dengan RTX 40

Prosesor Desktop Intel Core Gen 14

Prosesor Intel Core Gen 14_3c

Prosesor Intel Core Gen 14. (Sumber: Review Techno)

Selain itu, Intel juga memperkenalkan prosesor desktop Intel Core Gen 14 yang ditujukan untuk pengguna PC mainstream serta bisnis di berbagai sektor. Prosesor desktop terbaru Intel meliputi:

  • Frekuensi turbo hingga 5,8 GHz yang menyediakan kinerja multi-thread hingga 37 persen lebih cepat dan kinerja Microsoft Office gen-over-gen hingga 7 persen lebih baik.
  • Hingga 24 core (8 P-core dan 16 E-core) dan 32 thread dalam prosesor i9-14900.
  • Untuk i7-14700, penambahan empat E-core menjadikan total 20 core (8 P-core, 12 E-core) dan 28 thread.
  • Mendukung memori hingga 192 GB dari total DDR5-5600/DDR4-3200 MT/S – menyediakan backward compatibility dengan motherboard berbasis Intel 600 series dan 700-series yang sudah ada.
  • Dukungan berkelanjutan untuk solusi in-box termal, termasuk cooler Intel Laminar RH1 dan RM1.
  • Konektivitas nirkabel generasi berikutnya dengan dukungan untuk Intel Killer Wi-Fi 7 (5 Gig) dan Intel Killer Wi-Fi 6E (Gig+).
  • Dukungan berkelanjutan untuk PCIe Gen 5.0, Gen 4.0 dan Thunderbolt 4 yang menyediakan bandwidth hingga 40 Gbps, selain dukungan konektivitas USB 3.2 terintegrasi yang memberikan transfer bandwidth hingga 20 Gbps.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Huawei telah meluncurkan seri Pura 70 sebagai penerus Kirin 9000s. Chip baru ini telah teruji dengan benchmark dan beban kerja di...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...

Software

Jakarta, Unbox.id — MediaTek kini berhasil menyaingi dominasi SoC Snapdragon dari Qualcomm dengan seri Dimensity 9000 miliknya. Hal ini terbukti dari skor milik Oppo...

Software

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu,...