Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Pengguna Sebut Update iOS 16.4 Jadi Boros Baterai?

iOS 16.4_1apple
Software iOS 16.4 pada perangkat Apple dikabarkan membuat produk gadget Applenya jadi lebih boros baterai. (Sumber: Appsdevpro)

Last updated on 21 Juni, 2024

Unbox.id – Beberapa hari yang lalu, Apple meluncurkan pembaruan iOS terbaru untuk pengguna iPhone. Pembaruan iOS 16.4 membawa sejumlah fitur baru ke iPhone. Namun di sisi lain, beberapa pengguna mengeluh bahwa iPhone menguras baterai setelah memperbarui ke iOS 16.4.

Untuk itu, ada beberapa dugaan bahwa iOS 16.4 mengandung bug yang menyebabkan perangkat cepat habis baterai. Keluhan dari pengguna iPhone yang memperbarui iOS mereka ke iOS 16.4 muncul di Twitter, beberapa hari setelah pembaruan diluncurkan. Bahkan, karena hal tersebut, pengguna pun menduga pembaruan iOS 16.4 mengurangi kemampuan iPhone mempertahankan daya.

Mengutip Daily Mail, pada Jumat (31/3/2023), seorang pengguna mengatakan iPhone miliknya mengalami masalah panas. Pengguna lain menambahkan bahwa ponselnya tidak dapat terhubung ke Siri.

“Apakah ada orang lain yang mengalami masalah kepanasan dengan iPhone mereka setelah pembaruan (iOS) terbaru? Baterai tidak bertahan lama setelah diisi dan sekarang dikatakan untuk mengisi ulang saat perangkat agak dingin”, seorang pengguna Twitter mengeluh tentang masalah.

Pengguna lain menambahkan: “Setelah memperbarui ke iOS 16.4, iPhone menguras baterai dan mengalami masalah saat menyambung ke Siri. Semoga pembaruan berikutnya sesegera mungkin akan memperbaiki masalah ini.”

Selain itu, seorang pengguna menduga perangkat iPhone-nya juga menjadi lebih lambat setelah diperbarui. “Jelas update iOS terbaru memperlambat iPhone saya. Selain itu, biasanya membuat baterai di bawah 20%,” tulisnya di Twitter.

Sekadar informasi, iOS 16.4 diluncurkan oleh Apple dua hari lalu untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan pada iPhone 8 dan model yang lebih baru.

Baca juga: Update IOS 16.3.1 Di IPhone Untuk Atasi Bug Dan Crash Detection

iOS 16.4, Lebih Banyak Emoji, Baterai Jadi Boros

iOS 16.4

Berbagai update pada perangkat iOS terbaru ini dikabarkan yang membuat perangkat Applenya jadi lebih boros. (Sumber: Gizchina)

iOS 16.4 juga memperkenalkan 21 emoji baru, termasuk hati warna-warni baru, lebih banyak emoji hewan, dan alat musik. Meski begitu, salah satu pengguna Twitter mengklaim bahwa ada bug yang diketahui di pembaruan iOS 16.2 hingga iOS 16.4 yang menyebabkan iPhone mengalami masalah pengisian daya.

Pengguna ini menuduh bahwa seorang karyawan Apple memberi tahu dia ketika iPhone-nya tidak mau hidup saat sedang diisi. Meskipun iPhone 14 Pro Max akan segera berfungsi kembali, pengguna Twitter masih mengharapkan solusi untuk kesalahan ini.

Menyusul keluhan tentang masa pakai baterai, Dukungan Apple mengundang beberapa pengguna yang terpengaruh ke obrolan Twitter. Kepada satu pengguna, mereka berkata: “Kami ingin membantu Anda memperbaiki masalah yang Anda alami dengan baterai iPhone Anda. Temukan kami di DM untuk detail lebih lanjut tentang apa yang diubah secara khusus nanti. Pembaruan iOS 16.4.”

Baca juga: Penyebab BH Turun Drastis

Meskipun Apple belum mengomentari masalah tersebut, penurunan masa pakai baterai dapat sepenuhnya normal setelah pembaruan perangkat lunak seperti ini. ZDNet mengatakan perubahan ini dipicu oleh pembaruan yang haus daya yang dapat memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

“Menginstal sistem operasi baru pada iPhone memicu banyak pekerjaan di latar belakang, mulai dari pengindeksan hingga kalibrasi ulang baterai, dan kemungkinan hilangnya masa pakai baterai,” kata peneliti ZDNet, Adrian Kingsley-Hughes, berjam-jam atau bahkan berhari-hari.”

Proses pengindeksan ini tidak hanya menghabiskan energi, tetapi mengkalibrasi ulang baterai dapat membuatnya tampak lebih cepat terkuras padahal sebenarnya tidak.

“Tambahkan ke pengganda banyak pembaruan aplikasi yang terjadi setelah rilis baru, yang dikombinasikan dengan banyak fitur baru yang tersedia, dapat menghabiskan lebih banyak daya pada handset lama,” katanya.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Software

Last updated on 28 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru-baru ini memperkenalkan sistem iOS 18 di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Sistem operasi ini...

Tech Industry

Last updated on 14 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang...

Tech Industry

Last updated on 30 Juni, 2024 Unbox.id – Apple telah lama dianggap sebagai pemimpin pasar dalam hal kontrol orang tua atas apa yang dilihat...

Software

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) 2024 dijadwalkan berlangsung pada 10 Juni, dengan Apple berjanji akan mengungkap...