Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Instagram Pertimbangkan Fitur Flipside

Fitur Flipside Instagram_1a
Fitur Flipside Instagram. (Sumber: Insta Tech)

Unbox.id – Instagram dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru yang disebut “flipside”, yang memungkinkan pengguna membuat aspek pribadi baru pada profil mereka. Mengutip Tech Crunch, fitur baru Instagram ini pada dasarnya mirip dengan “finstas”, atau yang disebut anak muda masa kini sebagai akun kedua. Akun Finsta atau akun sekunder sering digunakan untuk memposting foto atau video secara acak. Dan biasanya hanya orang terdekat saja yang bisa melihatnya. Dengan adanya fitur “reverse”, orang tidak perlu lagi membuat akun Instagram lagi. Fitur ini ditemukan selama pengembangan oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi. Ia mengatakan, fitur tersebut awalnya bernama “Your Space”.

Pengguna Cukup Gesek Profil Instagram Mereka ke Bawah

Fitur Flipside Instagram_2b

Fitur Flipside Instagram. (Sumber: Involve Tech)

Berdasarkan tangkapan layar yang diambil dari aplikasi Instagram, perusahaan menjelaskan bahwa “belakang” mengacu pada “ruang baru yang disediakan untuk Anda dan teman Anda” di mana “hanya orang yang Anda pilih yang dapat melihat sisi ini dari profil Anda dan apa yang Anda bagikan. Di Sini.”
Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup menggesek profil Instagram mereka ke bawah. Konten yang diunggah dengan fitur flipside kemudian akan ditampilkan di sisi profil pengguna yang terpisah, alih-alih dimasukkan ke dalam feed utama.

Instagram tidak menjelaskan banyak tentang perkembangan perkembangan flipside. Namun, Paluzzi menemukan bahwa pengguna akan dapat membuat gambar profil, nama, dan bio untuk backhand mereka, terpisah dari profil publik mereka.

Fitur ini juga mencakup alat untuk mengontrol teman mana yang dapat melihat sisi lain pengguna dan opsi “hapus semua orang”. Alessandro Paluzzi mengatakan bahwa apa pun yang dibagikan pengguna di bagian belakang halaman akan tetap mengikuti pedoman komunitas Instagram.

Fitur Flipside Belum Diuji Coba Secara Publik

Perusahaan belum mengonfirmasi apakah dan kapan Flipside akan go public. Instagram mengonfirmasi kepada TechCrunch bahwa proyek tersebut saat ini merupakan prototipe internal dan belum diuji secara publik.

Namun, pengembangan terjadi setelah perluasan fitur untuk memungkinkan pengguna menargetkan hanya menghabiskan konten tertentu pada teman dekat mereka. Sebelumnya pada November 2023,

Instagram memperkenalkan fitur Close Friends untuk postingan Feed, sama seperti fitur Close Friends untuk Instagram Stories, fitur Feed juga memungkinkan pengguna memposting foto, video, atau reel untuk pelanggan tertentu dan hanya dapat melihat dan mengomentarinya.

Baca juga: Instagram Bisa Kustomisasi Template Add Yours

Meta Stop Obrolan Lintas Platform Instagram dan FB Messenger

Meta Platform_2b

Meta Platform. (Sumber: Tech Zone)

Sementara itu, Meta baru-baru ini dikabarkan tidak lagi mendukung obrolan lintas aplikasi antara Instagram dan Facebook Messenger. Mulai pertengahan Desember, “Anda tidak bisa lagi ngobrol dengan akun Facebook di Instagram,” kata Meta dalam pengumuman pusat bantuan, mengutip PC Magazine.

Sementara fitur obrolan antar aplikasi ini telah dihapus namun pesan-pesan lama masih ada akan tetap disimpan di aplikasi tetapi tidak akan dimigrasikan ke aplikasi lain. Jadi, jika pengguna Instagram mengirimkan pesan kepada seseorang di Facebook, maka percakapan tersebut akan tetap ada di Instagram dan tidak dialihkan ke Facebook.

Untuk diketahui, Meta telah menerapkan obrolan lintas platform antara Facebook dan Instagram ini pada tahun 2020 lalu. Kemampuan tersebut kemudian diperluas ke obrolan grup pada tahun 2021. Saat itu, perusahaan mengklaim hal ini akan memudahkan pengguna untuk tetap terhubung tanpa perlu bingung aplikasi mana yang akan digunakan untuk menghubungi teman dan keluarga.

Namun, Meta rupanya memutuskan untuk menghilangkan kemungkinan tersebut. Facebook dan Instagram juga akan memiliki beberapa alat kreatif baru yang didukung oleh AI (kecerdasan buatan). Mengutip The Verge, dengan mesin kecerdasan buatan atau AI baru, pengguna dapat mengedit foto dan membuat “video berkualitas tinggi” menggunakan deskripsi teks.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan dua fitur baru yang terintegrasi ke dalam AI alat yang disebut Emu. Dijelaskan bahwa Emu merupakan template dasar Meta untuk membuat gambar yang terintegrasi dengan Facebook dan Instagram.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menurut informasi dari laporan terbaru, platform media sosial Instagram kini tengah menguji fitur baru di iOS. Fitur yang memungkinkan orang yang...

Tech Industry

Unbox.id – Menurut bos Instagram Adam Mosseri, Meta tidak lagi merekomendasikan konten politik kepada pengguna Instagram atau Threads. Dia mengatakan pengguna masih akan melihat...

Tech Industry

Unbox.id – Meta dikatakan telah memberikan label khusus pada gambar yang dihasilkan AI. Hal ini dikarenakan gambar yang dihasilkan oleh AI dari OpenAI dan...

Social Media

Unbox.id – Meta telah mengumumkan pembatasan yang lebih ketat pada fitur pesan langsung (DM) di Instagram dan Facebook, yang ditujukan untuk pengguna remaja. Dalam...