Connect with us

Hi, what are you looking for?

cryptocurrency

2022 Tahun Terkelam Industri Kripto, Bagaimana di 2023?

Industri kripto_1
Terguncang di tahun 2022, bagaimana industri kripto di tahun 2023? (Sumber: Detik Finance)

Unbox.id – Tahun 2022 dianggap sebagai tahun tergelap bagi banyak investor crypto dan salah satu tahun paling menyakitkan dalam lebih dari 13 tahun sejarah industri mata uang digital. Banyak hal buruk terjadi sepanjang tahun 2022, di mana regulator di seluruh dunia berusaha untuk terus mengawasi hal-hal di industri kripto. Industri crypto memulai tahun 2022 dengan banyak optimisme, tetapi hal tak terduga mulai muncul yang mengguncang pasar global dan memengaruhi pasar keuangan. Ledakan pasar dan devaluasi TerraUSD (UST) pada awal tahun menyebabkan runtuhnya Three Arrows Capital (3AC), karena Celsius Network dan Voyager Digital juga mengajukan kebangkrutan Bab 11 di Amerika Serikat. Lalu, bagaimana dengan industri kripto di tahun 2023 ini?

Apa Yang Terjadi di Industri Kripto?

Industri Kripto_2

Pangsa pasar kripto pada saat ini sedang mengalami tantangan di dalam perjalanannya. (Sumber: VOI)

Bab 11 kebangkrutan itu sendiri adalah metode pengajuan kebangkrutan yang diatur oleh undang-undang kebangkrutan AS. Itu tidak berhenti di situ karena pertukaran crypto raksasa FTX Derivatives Exchange yang tampaknya sehat mengajukan kebangkrutan karena krisis likuiditas yang disebabkan oleh pengungkapan tentang praktik perdagangannya yang tidak etis.

Tantangan ini juga diambil oleh pertukaran cryptocurrency Binance. Karena pasar cryptocurrency menghadapi ketidakpastian, perusahaan mengharapkan lebih banyak pemain untuk berpartisipasi dan memberikan transparansi yang diperlukan melalui bukti sistem cadangan.

“Pada tahun 2023, kami berharap industri crypto secara penuh semangat berfokus pada pengembangan dan penyediaan layanan online yang meningkatkan transparansi dan kemampuan audit sambil melindungi hak istimewa.” pemegang mata uang. Salah satunya adalah bukti Zero-Knowledge, yang telah membuat kemajuan signifikan belakangan ini,” tulis Binance di blognya, dikutip Kamis (9 Februari 2023).

Binance percaya pada kerangka peraturan yang tepat dan ekosistem yang aman yang melindungi penggunanya dengan mendukung jalur adopsi massal cryptocurrency dan blockchain. Sebagai buktinya, Binance menerima lisensi, pendaftaran, dan persetujuan di 14 yurisdiksi pada akhir tahun 2022.

Baca juga: Crypto.Com Hentikan 20 Persen Karyawan-Nya

Bangun Kepercayaan Para Penggunanya

Setelah serangkaian kebangkrutan yang mengejutkan di industri kripto, Binance bekerja untuk membangun dan memulihkan kepercayaan pada industri kripto dan blockchain. “Untuk membuka jalan bagi transparansi, kami meluncurkan sistem Proof of Reserve (PoR) yang dapat digunakan siapa saja untuk memverifikasi bahwa dana pengguna dipegang 1:1.

1 di Binance, selain bukti agunan untuk semua token yang dipatok ke Binance Bridge,” kata Binance. Untuk melindungi 128 juta penggunanya jika terjadi keadaan darurat, perusahaan telah meningkatkan nilai dana Safe Assets for Users (SAFU) menjadi $1 miliar.

Pada November 2022, Binance mengatakan telah mengalokasikan jumlah awal $1 miliar, berjanji untuk meningkatkan kontribusi menjadi $2 miliar jika diperlukan, untuk inisiatif pemulihan industri baru dan lebih banyak investasi $500 juta untuk mendukung inovasi Web3 dan blockchain melalui Binance Labs.

Baca juga: Turbulensi Di Pasar Kripto, Coinbase PHK Hampir 1.000 Karyawan

Harapannya di 2023 Untuk Kripto

Kripto_1_1

Diharapkan panga pasar kripto di tahun 2023 ini dapat berkembang kembali. (Sumber: Opsi ID)

Terlepas dari volatilitas pasar crypto selama setahun terakhir, penting untuk dicatat bahwa industri ini terus berkembang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mata uang kripto yang diperdagangkan dengan kinerja baik di masa lalu.

Pakar industri yakin tren ini akan berlanjut selama beberapa tahun ke depan, yang menjadi pertanda baik bagi investor yang sudah memasuki pasar. Oleh karena itu, pada tahun 2023, pasar cryptocurrency akan terus berkembang. Meskipun pasar tidak akan mengalami volatilitas yang sama seperti tahun 2022 di tahun 2023, investor tetap harus mewaspadai faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pasar mata uang kripto.

Beberapa di antaranya adalah bertambahnya jumlah perusahaan yang terlibat, peraturan yang tidak bersahabat, dan rasa risiko di pasar saham. Regulator pasar global seperti US Securities and Exchange Commission (SEC) dan UK Financial Conduct Authority (FCA) memantau industri crypto tidak seperti sebelumnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...

Tech Industry

Unbox.id – CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan diperlukan perubahan dalam struktur tata kelola OpenAI, tiga hari setelah CEO Sam Altman dipecat. Nadella mengungkapkan perlunya...

Tech Industry

Unbox.id – Sam Altman, mantan CEO OpenAI bergabung dengan Microsoft. Hal ini terjadi setelah beredar kabar bahwa OpenAI akan menghapus pembuat ChatGPT. Sayangnya, kabar...