Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Ringtone WhatsApp Bisa Dikustom Tanpa Aplikasi dan Layanan! Simak Caranya

Ringtone
Ilustrasi notifikasi whatsapp | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Trend menggunakan ringtone dan ring back tone pernah populer pada era tahun 2000 sampai 2010 sebelum banyak yang menggunakan smartphone. Nada dering yang unik bermunculan di ponsel-ponsel pada saat itu. Meski sangat sederhana, orang-orang terutama kalangan remaja sangat menyukai trend tersebut.

Tak jarang, muncul ringtone lucu di iklan-iklan televisi dan di iklan operator yang ada di pesan customer service. Untuk bisa mendapatkan nada dering tersebut, seseorang harus menghabiskan uang pergi ke warnet kemudian membagi-bagikannya dengan teman atau tetangga. Namun, anda sadari atau tidak, kini tren tersebut sudah hilang tertelan kecanggihan aplikasi android dan iOS.

Bahkan, jika anda ingin menambahkan nada dering yang anda unduh dari internet atau hasil rekaman sendiri ke WhatsApp, rasanya tidak mungkin. Fitur pilihan nada dering notifikasi di aplikasi perpesanan paling populer tersebut nyatanya tidak dapat di custom atau anda sesuaikan. Namun, ada caranya, lho. Penasaran? Simak trik tanpa aplikasi dan layanan di bawah ini.

baca juga : WhatsApp Akan Hadirkan Layanan Premium Berbasis Langganan

Cara Menambahkan Ringtone Kustom Pada WhatsApp

Jika anda termasuk generasi yang pernah merasakan nikmatnya bermain dengan ponsel-ponsel jadul, tentunya mengerti betul bagaimana ringtone-nya. Dan jika anda tidak sengaja mendengarnya di sebuah video atau status teman, pastinya akan terasa bernostalgia, bukan? Sayangnya, anda tidak tahu bagaimana memasang nada dering nostalgia ponsel jadul di WhatsApp.

Ilustrasi notifikasi whatsapp | foto : berbagai sumber

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan sebelum anda bisa benar-benar memasang ringtone tersebut sebagai notifikasi chat atau panggilan. Langkah pertama untuk memasang nada dering kustom adalah, pastikan anda telah menentukan nada dering apa yang akan anda gunakan. Anda bisa mencari atau membelinya di internet sesuai selera anda.

baca juga : Pembaruan Aplikasi: Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Langkah kedua adalah membuat folder. Buka aplikasi ‘file manager’ yang ada di ponsel anda, jika tidak ada, anda bisa mendownload aplikasi Google Files. Setelah itu, buka penyimpanan internal (bukan kartu SD). Jika anda sudah berada dalam penyimpanan internal, buatlah folder dengan nama ‘Media’. Selanjutnya, masuk ke dalam folder tersebut dan buat lagi folder bernama ‘Ringtones’.

Nah, ini adalah langkah terakhir. Pindahkan file ringtone yang sudah anda miliki ke folder ‘Ringtones’ yang sudah anda buat tadi. Secara otomatis, file audio yang ada di sana akan ditambahkan ke daftar nada dering yang ada di notifikasi WhatsApp. Jadi, ketika anda menyetel nada dering WhatsApp, anda sudah bisa memilih nada kustom yang anda tentukan sendiri. Selamat mencoba.

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Tahukah anda, saat ini pihak pengembang aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp telah memperbarui fitur privasi ‘terakhir dilihat’. Dengan mengubah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menggunakan aplikasi untuk melakukan kegiatan pertemuan atau perkuliahan sudah sering terjadi di era sekarang ini. Penggunaan media virtual seperti Zoom dan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Setelah sebelumnya WhatsApp telah menghadirkan fitur transfer chat history dari perangkat iOS ke Android, akhirnya WhatsApp kini merilis fitur baru yang...

Google

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Google hari ini mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah menutup layanan Google Talk secara permanen. Hari ini, tepatnya tanggal 16...