Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Instagram Segera Hapus Tab ‘Shop’ Pada Februari 2023

Instagram
tab 'shop' di panel navigasi akan segera hilang | ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Kabar terbaru bagi para pengguna Instagram, tab Shop/Belanja yang ada di bilah navigasi akan segera dihapus oleh pihak pengembang aplikasi. Menurut berbagai sumber, penghapusan tersebut akan berlangsung pada bulan depan, yakni Februari 2023. Kabar ini menguat dengan video Adam Mosseri, bos Instagram beberapa waktu lalu.

Pengembang aplikasi media sosial paling populer tersebut sedang melakukan perombakan untuk tampilan yang lebih baik. Dengan menghapus tab shop yang ada di navigasi, maka tombol + untuk membuat postingan akan muncul kembali. Pengguna bisa lebih mudah untuk membuat konten apa saja yang mereka inginkan.

Baca juga: Tik Tok Kedapatan Memulai Uji Coba Fitur Baru Watch History

Jika tab belanja dihapus, urutan panel navigasi adalah tab beranda dengan ikon rumah, tab search dengan ikon kaca pembesar. Kemudian ada tab + untuk membuat postingan, lalu reels, serta tab profil dengan ikon orang. Tab reels yang sebelumnya berada di tengah akan berada di tempat tab belanja yang sudah hilang, dan tengah untuk tab +.

Instagram Terlalu ‘Ikut-ikutan’ Tik-tok dari Segi Tampilannya

Namun, bagi pengguna yang ingin melakukan kegiatan shopping di media sosial ini, tidak perlu khawatir karena yang hilang hanyalah ikon-nya saja. Pengguna masih dapat berbelanja dengan bebas di laman feed, reels, di laman iklan, dan juga pada laman stories. Perubahan ini bertujuan untuk membuatnya lebih sederhana.

Menurut berbagai sumber, perubahan dari Instagram ini berdasarkan banyaknya kritik yang datang dari para pengguna. Di antaranya adalah keluarga Kardashian yang mengeluh karena media sosial andalan mereka tersebut terlalu ‘ikut-ikutan’ Tik-Tok. Bagi mereka, hal itu tentu saja mengganggu karena mengurangi produktivitas sebagai konten kreator.

Baca juga: Tik Tok, Aplikasi Video Unik Resmi Rilis di Indonesia

Selain itu, tab reels yang saat ini masih ada di tengah panel navigasi hanya digunakan untuk menyoroti kepentingan mereka. Namun, hal tersebut akan segera berubah mengingat tombol + akan muncul di tengah sebagaimana awal mula rilis.

Sebenarnya, bagi para pengguna lama khususnya pengguna yang juga mengandalkan Facebook, hal ini sudah tidak asing. Oktober 2022 lalu Meta juga telah menghapus fitur Facebook Live Shopping. Meski demikian, minat pengguna untuk berbelanja melalui media sosial tetap meningkat dalam dua tahun terakhir.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menurut informasi dari laporan terbaru, platform media sosial Instagram kini tengah menguji fitur baru di iOS. Fitur yang memungkinkan orang yang...

Tech Industry

Unbox.id – Menurut bos Instagram Adam Mosseri, Meta tidak lagi merekomendasikan konten politik kepada pengguna Instagram atau Threads. Dia mengatakan pengguna masih akan melihat...

Tech Industry

Unbox.id – Meta dikatakan telah memberikan label khusus pada gambar yang dihasilkan AI. Hal ini dikarenakan gambar yang dihasilkan oleh AI dari OpenAI dan...

Apps & Games

Unbox.id – Meta telah mengumumkan pembatasan yang lebih ketat pada fitur pesan langsung (DM) di Instagram dan Facebook, yang ditujukan untuk pengguna remaja. Dalam...