Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Fitur Baru: Timeline Instagram Akan Bisa Diatur Pengguna

timeline instagram

Jakarta, Unbox.id – Timeline Instagram berisi posting-posting dari akun yang diikuti. Misalnya akun keluarga, teman, selebriti, brand, dan lain-lain.

Bila akun yang Anda ikuti sangat bervariasi, isi timeline Anda juga akan mengikuti. Hal ini terkadang membuat pengguna terganggu dan mendistraksi.

Mengenai hal tersebut, berdasarkan bocoran dari akun twiter @Alex193a dengan nama Alessandro Paluzzi, Instagram sedang mencobakan untuk mensortir timeline berdasarkan pilihan pengguna.

Berdasarkan keterangannya, nantinya akan ada 3 pilihan tersedia, yaitu Home, Following, dan Favorites. Bahkan juga ditautkan gambar tampilan UI fitur Instagram baru ini.

Berdasarkan tebakan Ubergizmo, ketiga pilihan akan berfungsi sebagai semacam filter timeline Instagram.

Pilihan Home akan menampilkan timeline dengan arlgoritma biasa yang kita lihat dan gunakan saat ini.

Sedangkan Favorites akan menampilkan akun-akun pilihan Anda sendiri. Akun Following meninggalkan tanda tanya. Namun tebakannya, filter satu ini akan menayangkan timeline dari orang Anda follow dan mereka juga mengikuti Anda.

Saat ini algoritma timeline Instagram sudah lebih cerdas dalam menayangkan apa yang menurutnya akan ANda sukai.

Baru-baru ini, pemerintah Amerika Serikat mengajukan aturan baru agar para pengguna bisa mematikan algoritma tersebut.

Sedangkan di China, pemerintahnya juga mencoba aturan-aturan baru mengenai algoritma tersebut akan lebih bisa dipertanggungjawabkan secara sosial.

Baca juga: Tips Mendapatkan Centang Biru Instagram

Fitur Baru Take A Break

Ini bukanlah satu-satunya fitur baru dari Instagram. Baru-baru ini, media sosial tersebut juga disebut dengan mengetes fitur baru Take A Break.

Fitur ini disebut akan menngingatkan pengguna dengan notifikasi untuk memberitahu bahwa mereka sudah bermain Instagram selama 10, 20, atau 30 menit. Tentunya Anda juga bisa menonaktifkan fitur satu ini.

Menurut Newsmedia, CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan uji coba ini lewat cuitan pada 10 November lalu. Ia menyebut fitur ini dikembangkan untuk mencoba memberikan lebih banyak kontrol bagi pengguna atas pengalamannya di Instagram.

Instagram take a break

Ia juga memastikan akan ada lebih banyak ide serupa yang muncul di masa depan bila Take A Break disambut baik oleh pengguna.

Fitur ini dikembangkan Instagram bersama dengan pihak ketiga dan saat ini sudah mulai bisa dinikmati sebagian kecil pengguna. Menurut Mosseri, uji coba in aka berlangsung selama 1 minggu.

Cara kerjanya ada beberapa bentuk. Notifikasinya bisa muncul di sela-sela timeline saat sedang scrolling.

Tulisan “Want a Break?” itu akan muncul bila Anda sudah bermain Instagram selama berjam-jam. Di bawah juga ada pilihan yang menawarkan untuk menyalakan fitur atau tidak?

Bila Anda memilih untuk menyalakan, Anda akan dialihkan ke menu selanjutnya.

Take A Break sendiri akan mulai digunakan pada Bulan Desember mendatang.

Fitur Baru lain

Fitur terbaru lain dari Instagram adalah bisa menautkan alamat web di stories. Dengan stiker link, sekarang Anda sudah tidak perlu menunggu hingga followers banyak untuk bisa menautkannya.

Instagram juga menyebutkan segera meluncurkan opsi untuk memposting lewat web. Dan pada awal tahun ini, Instagram Lite sudah menjadi aplikasi resmi dari media sosial tersebut.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Trend menggunakan ringtone dan ring back tone pernah populer pada era tahun 2000 sampai 2010 sebelum banyak yang menggunakan smartphone. Nada...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer saat ini dengan memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Instagram stories sendiri...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Pada bulan Februari 2022 lalu, Meta selaku pemilik Facebook dan Instagram sempat memperkenalkan fitur Avatar 3D untuk Instagram. Namun, pada saat...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Menggunakan media sosial Instagram untuk membagikan kegiatan sehari-hari memang menyenangkan. Di samping banyak konten yang kreatif yang bisa anda nikmati, Instagram...