Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Qualcomm Rilis Snapdragon 6 Gen 1 Dengan Kecanggihan Mutakhir

Snapdragon 6 Gen 1
Chipset Terbaru Qualcomm | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu yang lalu, pengembang chipset prosesor, Qualcomm telah mengeluarkan pengumuman terkait chipset terbaru mereka. Pengumuman rilis tersebut sekaligus mengubah penamaan chipset di kelas menengah, yakni dengan peluncuran Snapdragon 6 Gen 1. Selain itu, juga ada Snapdragon 4 Gen 1.

Snapdragon 6 Gen 1 ini adalah chipset level menengah yang mempunyai komponen dengan fabrikasi 4 nanometer. Sementara itu, untuk versi 4 gen 1, ia memiliki komponen dengan fabrikasi 6 nanometer. Di mana chipset tersebut tergolong ke dalam prosesor kelas bawah alias entry level.

Baca juga: Oppo A57e Hadir Dengan Chipset Termutakhir

Dari pengumuman Qualcomm beberapa waktu lalu, prosesor Snapdragon 6 Gen1 akan hadir membawa sejumlah pembaruan. Di antaranya adalah dukungan pengambil gambar yang semakin baik, kualitas game yang semakin efektif dan cepat. Ia mempunyai teknologi kecerdasan buatan untuk menunjang permainan yang semakin intuitif.

Kinerja Lebih Cepat Dari Snapdragon 6 Gen 1 dan 4 Gen1

Untuk Chipset Snapdragon 4 gen 1, Qualcomm merancang ini untuk mendukung kinerja yang lebih maksimal. Selain itu, ia juga mendukung fitur pemotretan yang canggih serta konektivitas yang semakin stabil.

Fokus utama pengembang dalam produksi chipset terbaru Snapdragon ini adalah peningkatan pada seri masing-masing. Yakni dalam kecanggihan pengambilan gambar atau fotografi, jaringan atau konektivitas, hiburan serta kecerdasan buatan alias AI. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Deepu John, Manajer produk Qualcomm melalui berbagai sumber.

Chipset Snapdragon 6 gen 1 menghadirkan CPU octa-core dan clock-speed mencapai 2,2 GHz. Kendati demikian, pengembang tidak memberikan detail spesifikasi secara rinci mengenai teknisnya. Belum ada informasi lebih lanjut tentang apa saja komponen di dalam chipset tersebut, termasuk GPU-nya.

Baca juga: Sah! Intel Resmi Dapat Kontrak Produksi Chipset Bagi Android

Qualcomm mengaku bahwa chip buatan mereka memiliki rendering grafis yang meningkat sampai 35 persen. Selain itu, kinerja komputasi di dalamnya juga meningkat 40 persen. Namun, tidak ada rincian referensi perbandingan di antara keduanya.

Dari sisi fotografis, Snapdragon terbaru 6 tersebut terintegrasi dengan tiga ISP. Dengan demikian, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan pengambilan gambar dengan 3 kamera secara bersamaan.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Qualcomm baru saja merilis chipset terbarunya, Snapdrgaon 8 Gen 2. Chipset ini kabarnya menjadi chipset terkuat dan tercanggih dari salah satu produsen...

Unboxing

Jakarta, Unbox.id – Dalam tiap peluncuran ponsel pintarnya, Samsung selalu memakai di antara dua chipset terbaik, yakni Qualcomm Snapdragon dan Samsung Exynos. Hal tersebut...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id – Samsung Galaxy S22+ 5G adalah smartphone flagship terbaru keluaran si perusahaan asal Korea Selatan. Ponsel terbaru ini hadir dengan berbagai fitur...

Software

Jakarta, Unbox.id – Pada kesempatan yang lalu, riset untuk mengukur perkembangan chipset smartphone di tahun 2021 melaporkan bahwa MediaTek menjadi urutan teratas. Di mana...