Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Perbedaan dan Kelebihan Google Meet, Zoom, WhatsApp, Pilih Mana?

Google Meet
Ilustrasi aplikasi meeting virtual | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id Menggunakan aplikasi untuk melakukan kegiatan pertemuan atau perkuliahan sudah sering terjadi di era sekarang ini. Penggunaan media virtual seperti Zoom dan Google Meet bukanlah hal yang asing bagi kebanyakan masyarakat terutama setelah adanya pandemi Covid-19. Namun, tahukah anda jika WhatsApp juga menyediakan fitur yang sama? Lalu, manakah yang lebih praktis antara Zoom, Google Meet, dan WhatsApp? Simak ulasan di bawah ini.

Google Meet Virtual Meeting

Aplikasi yang satu ini memang lebih terkenal praktis, tanpa iklan, dan penggunaannya yang tidak menguras banyak baterai. Di samping itu, anda tidak harus mengunduh aplikasinya secara khusus di Google Play, akan tetapi anda bisa mengaksesnya lewat browser. Bagi anda yang suka menggunakan laptop, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini.

baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Backup Chat Android ke iOS di Update Beta

Sekarang, dengan Google Meet anda bisa membuka pertemuan bahkan seminar untuk 500 orang sekaligus. Untuk melangsungkan pertemuan seperti seminar atau kegiatan rapat, anda membutuhkan 1 orang moderator untuk menerima permintaan masuk, menampilkan layar presentasi. Selain itu anda juga bisa peserta yang menyalakan mic atau kamera.

Ilustrasi aplikasi meeting virtual | foto: berbagai sumber

WhatsApp Video Group

Jika anda biasa melakukan panggilan dengan seseorang dengan video call, dengan cara yang sama anda juga bisa melaksanakan rapat dengan WhatsApp. Fitur tersebut memiliki fungsi dan kapasitas yang sama dengan Google Meet. Namun, jika anda merasa kesulitan untuk mengakses Google Meet, panggilan WhatsApp seperti ini lebih cocok.

Sayangnya, anda tidak bisa membagikan link kepada teman-teman di grup, melainkan anda harus memanggilnya satu persatu. Jika kebutuhan pertemuan tersebut hanya sekedar menyampaikan pengumuman, berbincang-bincang, atau bercengkrama, fitur ini lebih cocok ketimbang G Meet.

baca juga: Gabungkan Meet dan Duo, Google Akan Tambahkan Fitur Baru

Zoom Virtual Meeting

Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk kegiatan seminar dan kelas online adalah aplikasi Zoom. Jika anda menggunakan smartphone, anda harus mengunduh aplikasinya di toko aplikasi yang tersedia di ponsel anda. Kapasitas yang tersedia pada Zoom Meeting ini adalah 100 orang saja untuk versi gratis.

Jika anda ingin mengadakan pertemuan akbar dengan berbagai fitur menarik yang bisa anda akses, maka anda harus menggunakan layanan premium alias berbayar. Nah, demikian ulasan tentang aplikasi pertemuan yang bisa anda pilih. Di antara ketiganya, manakah yang paling cocok untuk anda?

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Tahukah anda, saat ini pihak pengembang aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp telah memperbarui fitur privasi ‘terakhir dilihat’. Dengan mengubah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Setelah sebelumnya WhatsApp telah menghadirkan fitur transfer chat history dari perangkat iOS ke Android, akhirnya WhatsApp kini merilis fitur baru yang...

Google

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Google hari ini mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah menutup layanan Google Talk secara permanen. Hari ini, tepatnya tanggal 16...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Aplikasi perpesanan berbasis online, WhatsApp kini sudah menjadi aplikasi wajib bagi para pengguna smartphone baik ponsel android maupun Apple. Banyak hal...