Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Facebook Luncurkan Fitur Cek Keselamatan Pasca Tragedi Kanjuruhan

Facebook
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur telah memberikan kabar yang sangat mencengangkan bagi dunia saat ini. Banyak pihak yang mengucapkan simpati, terutama FIFA dan liga-liga yang ada di seluruh dunia. Salah satu pihak yang turut memberi reaksi ini adalah platform media sosial terbesar, Facebook.

Facebook telah mengaktifkan sebuah fitur, yakni Safety Check yang memiliki fungsi untuk memeriksa keselamatan seseorang yang ada di sekitar tragedi. Fitur tersebut rilis pada hari Sabtu (1/10) lalu. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat mengetahui keadaan pemilik akun yang ia cari baik ia maupun orang-orang yang berada di sekitarnya.

Baca juga: Jauhi Hal Ini Agar Akun Facebook Anda Tidak Terblokir

Fitur tersebut memberitahu pengguna yang berada di sekitar stadion untuk mengkonfirmasikan keselamatan dirinya serta akun orang lain yang ia kenal. Bagi anda yang mengkhawatirkan keluarga atau teman yang berada di sekitar lokasi, dapat mengecek melalui fitur ini. Tentunya, jika anda tidak bisa mengkonfirmasi melalui pesan pribadi ataupun melalui keluarga terdekatnya.

Cek Kondisi Teman di Sekitar Lokasi Kejadian Melalui Facebook

Lewat fitur ini juga, Facebook telah menulis kronologi peristiwa berdarah tersebut serta statistik jumlah korban baik yang luka hingga meninggal. Tercatat, saat ini korban yang meregang nyawa sudah mencapai 127 orang, dan 180 di antaranya mengalami luka. 

“Laporan dari media mengatakan bahwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, jalan Trunojoyo serta jalan Sapta Marga, Sabtu (1/10) menewaskan 127 orang. Selain itu, 187 orang yang lainnya mengalami luka akibat kerusuhan yang terjadi,” ungkap Facebook.

Untuk menggunakan fitur ini, orang yang berada di sekitar stadion bisa langsung melakukan konfirmasi melalui pemberitahuan. Pengguna dapat mengetahui di antara friend list, siapa saja yang selamat dari peristiwa tersebut. Temukan kolom friends in area, kemudian klik kolom all untuk melihat siapa saja yang ada di sekitar area.

Atau, anda bisa secara langsung mengetikkan nama orang yang ingin anda cari di kolom pencarian. Teman yang telah mengkonfirmasikan dirinya selamat akan berada di bagian kolom safe yang berwarna hijau. Apabila belum ada konfirmasi, maka akun akan memiliki tanda no marked safe yet.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini, ada beragam hal yang telah muncul dan sering digunakan oleh para penggunanya di dalam kesehariannya...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Bagi pengguna Instagram yang sering mengunggah konten melalui Instastory atau IG Stories, ada kabar baik untuk anda. Kabarnya, Instagram telah memperbarui...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Memiliki akun Facebook merupakan salah satu kebutuhan marketing yang tidak kalah pentingnya bagi dunia bisnis. Tidak hanya itu saja, banyak orang...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Sebagian besar pengguna Facebook mungkin akan memilih untuk membuat akun baru jika terjadi masalah pada akun lama mereka. Salah satu masalah...