Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp: Penyebab Dan Cara Mengatasi Notif Tidak Bunyi

WhatsApp
ilsutrasi: pixabay

Last updated on 9 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Belakangan ini, banyak pengguna aplikasi perpesanan WhatsApp yang mengeluh karena notifikasi pesan baru sering tidak berbunyi. Pesan penting jadi tidak dapat terbaca, begitu juga dengan pemberitahuan dari grup yang tidak kalah pentingnya.

Memang, dalam beberapa pembaruan terakhir, WhatsApp telah mendukung fitur arsip yang dapat membisukan pesan yang tidak penting. Berbeda dengan versi WhatsApp lama, jika anda mengarsipkan grup atau chat seseorang, notifikasi akan tetap muncul dan otomatis keluar dari arsip. Sekarang, hal itu tidak terjadi lagi. Ponsel akan tetap diam dan pesan tidak akan keluar dari arsip.

Baca juga: 3 Cara Gunakan Hotspot iPhone Untuk PC

Pesan yang masuk ke dalam chat arsip hanya akan muncul dalam bentuk angka kecil yang ada di panel arsip sesuai jumlahnya. Jika ada pesan yang masuk di 3 chat, maka akan muncul angka 3 kecil di panel arsip. Lalu, bagaimana dengan notifikasi yang tidak berbunyi padahal bukan pesan arsip atau pesan bisukan?

baca artikel menarik lainnya tentang : kenapa whatsapp ada iklannya

Nah, kali ini redaksi akan memberikan ulasan tentang penyebab pesan di aplikasi tersebut tidak bunyi dan bagaimana mengatasinya.

ilsutrasi: pixabay

Memori Penuh Dengan Berkas WhatsApp

Hal ini sering terjadi jika aplikasi anda terlalu banyak menggunakan memori. Penggunaan memori yang terlalu banyak akan mengakibatkan respon sistem menjadi lambat. Bahkan, meski ponsel anda berada dalam jaringan, nyatanya pesan baru bisa masuk ketika anda membuka aplikasi. Pernah mengalaminya?

baca artikel menarik lainnya tentang : whatsapp ada iklan

Solusi sederhana untuk menangani masalah ini adalah dengan menghapus ribuan chat yang ada di aplikasi WhatsApp anda. Jika anda memiliki pesan grup yang penting dan tidak boleh terhapus, anda bisa mengekspornya lalu simpan hasil ekspor ke Drive. Caranya mudah, cukup buka chat, buka menu titik tiga, pilih lainnya, lalu pilih ekspor chat. Anda bisa memilih untuk menyertakan media atau tidak.

baca artikel menarik lainnya tentang : kenapa buka wa ada iklan

Nah, ketika proses ekspor selesai, anda bisa menghapus ribuan chat yang memenuhi memori internal dengan tenang. Jika memori anda masih penuh, langkah selanjutnya adalah membersihkan berkas aplikasi yang ada di file manager. Yakni buka file manager di ponsel anda, lalu buka folder WhatsApp.

Baca juga: Cara Tambahkan Anggota Grup WhatsApp Tanpa Simpan Nomor

Di sana anda bisa menghapus segala jenis berkas yang tidak penting yang hanya memenuhi memori anda. Seperti file yang terkirim, video spam, iklan-iklan di grup, dokumen, dan lain sebagainya. Dengan begitu, notifikasi pesan akan berbunyi dengan mudah.

Jika masih gagal, lakukan langkah melalui menu pengaturan. Pastikan aplikasi tersebut memiliki izin notifikasi dari ponsel anda. Atau, bisa jadi ponsel anda sedang terhubung dengan perangkat lain seperti laptop atau komputer. Jika aplikasi terhubung dengan desktop, biasanya notifikasi hanya akan muncul di desktop saja.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...

Apps & Games

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Aplikasi perpesanan WhatsApp Meta dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan semua pengguna melihat media yang...